10 Rekomendasi Makanan untuk Kulit Berjerawat

29 Mei 2020

Munculnya jerawat di wajah tentu akan menjadi masalah, terutama bagi orang-orang yang selalu ingin tampil menarik. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit.

Jika salah dalam menangani jerawat, maka akan muncul semacam bekas luka atau noda hitam di wajah. Oleh karena itu, perlu mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi jerawat.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit berjerawat. Makanan yang baik untuk kulit berjerawat maksudnya adalah jenis–jenis makanan yang dapat membantu dalam mencegah dan mengurangi timbulnya jerawat itu sendiri.

Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar tentang berbagai makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, tapi masih banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi jerawat. Beberapa jenis makanan yang dapat mencegah dan mengurangi jerawat antara lain:

1. Kacang-Kacangan

Mungkin banyak terkejut saat mengetahui bahwa kacang masuk dalam daftar ini. Kebanyakan orang selalu berpikir bahwa kacang tidak baik untuk kulit, padahal kenyataannya tidak begitu. Faktanya, kacang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti selenium, vitamin E, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, kalium dan kalsium.

2. Wortel

Wortel adalah sayuran berwarna oranye yang sering dijadikan bahan dalam pembuatan sup sayuran. Jenis sayuran ini terkenal kaya akan vitamin A, sehingga sangat baik untuk menutrisi mata dan kulit. Karena memiliki nutrisi untuk kulit, wortel menjadi salah satu jenis bahan makanan yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit, mencegah timbulnya jerawat, serta membantu menghilangkan jerawat.

3. Bawang Putih

Terlepas dari aromanya yang cukup menyengat, tidak bisa dipungkiri bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari bawang putih adalah mampu mencegah dan menghilangkan jerawat. Kandungan zat kimia alami pada bawang putih terbukti mampu membunuh bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

4. Alpukat

Buah alpukat memang sering menjadi bahan dalam pembuatan produk perawatan kulit, buah ini dipilih karena mengandung zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit seperti vitamin E dan vitamin C. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit, serta mengurangi peradangan kulit. Dengan berkurang peradangan kulit, maka jerawat pun akan hilang lebih cepat.

5. Mentimun

Selain alpukat, ada buah lain yang juga mengandung vitamin c tinggi dan mengurangi peradangan pada kulit. Buah yang dimaksud di sini adalah buah mentimun, salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

Kandungan vitamin C dan serat yang ada pada buah mentimun terbukti mampu menghilangkan jerawat, bahkan menghilangkan bekas jerawat.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah mentimun juga dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

6. Brokoli

Kandungan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam sayur brokoli sangat mampu memberikan nutrisi bagi kulit, serta mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Buah Pepaya

Buah pepaya mempunyai kandungan enzim papain dan chymopapain yang dikenal mampu menangkal radikal bebas. Di samping itu, buah pepaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membuat kulit menjadi lebih cantik. Mengkonsumsi buah pepaya secara teratur dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit dan dapat membantu mengurangi jerawat.

8. Buah Pisang

Buah yang satu ini terkenal kaya akan vitamin, mineral dan serat. Namun, tidak semua orang tahu bahwa buah pisang juga kaya akan antioksidan.

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pisang, antara lain: vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, mangan, tembaga, magnesium, dan potasium. Dengan kandungan gizi yang sangat banyak, tidak mengherankan jika pisang dalam daftar ini.

9. Jeruk

Jika ditanya buah apa yang paling banyak mengandung vitamin C, tentu banyak dari kita yang menjawab jeruk. Sudah sejak lama jeruk dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi.

Selain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas. Karena mampu menangkal radikal bebas, buah jeruk tentu sangat berperan dalam mencegah kerusakan kulit dan timbulnya jerawat.

10. Semangka

Di antara semua jenis buah–buahan yang telah disebutkan di atas, semangka adalah buah yang paling tinggi kandungan airnya. Namun, kandungan vitamin dan mineral dalam buah semangka tidak kalah dengan buah – buahan lain seperti pisang dan alpukat.

Buah ini mengandung banyak zat, vitamin, dan mineral yang berguna untuk mencegah jerawat. Nutrisi kandungan dalam semangka antara lain: vitamin A, B1, B6, C, lycopene, flavonoid, dan carotenoid.

Itulah sepuluh makanan makan yang baik untuk kulit berjerawat yang mungkin belum Realfoodfam ketahui. Jika tidak suka mengkonsumsi makanan–makan di atas, alternatifnya adalah dengan memakan buah–buahan atau konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars