5 Persiapan Ibu Menuju ASI Berlimpah

02 April 2020
tips agar asi berlimpah

ASI merupakan sumber gizi untuk bayi yang baru lahir. Masalahnya, ketersediaan ASI pada setiap ibu tergolong berbeda-beda. Ada yang dari awal sudah berlimpah, ada yang terbatas, dan ada yang sedikit.

Kurangnya ASI tentu berdampak buruk untuk si bayi. Kondisi ini menjadi salah satu momok terbesar yang dihadapi perempuan selama masa kehamilan hingga pasca lahiran.

Menghadapi hal tersebut, calon ibu diharapkan rajin mempelajari cara-cara memaksimalkan produksi asinya. Berbekal 5 persiapan penting ini, Realfoodfam bisa menghapus kekhawatiran dari sekarang.

Menghindari stres

Bisa dibilang, semua ibu mengeluh stres apabila ASI-nya kurang pada fase merawat bayi. Hal yang mungkin belum terlalu kita sadari adalah stres merupakan salah satu pemicu produksi ASI kurang, bahkan berhenti sama sekali.

Oleh karena itu, seorang ibu perlu menjaga kesehatan mental dengan menghindari stres selama merawat bayi. Jangan remehkan kekuatan yoga dan senam hamil, meditasi, hingga menjalani hobi. Biasakan meluangkan waktu memanjakan diri agar tidak stres berkepanjangan.

Tidur Cukup

Semua ibu hamil memang sudah pasti kurang tidur, terutama di masa-masa selepas lahiran. Meski demikian, ibu harus pandai-pandai mencuri waktu agar durasi tidurnya tetap cukup sehingga tidak stres dan keletihan.
Realfoodfam bisa mengambil waktu tidur berbarengan dengan waktu si kecil tidur. Jangan ragu meminta bantuan orang terdekat untuk merawat Realfoodfam dan bayi sehingga bisa punya waktu istirahat.

Rajin Pijat Payudara

Stimulasi payudara dengan melakukan pemijatan bisa dimulai dari masa kehamilan. Cara pijat payudara bisa dipelajari dari dokter laktasi. Pemijatan ini sebaiknya dilakukan setiap sebelum mandi dan selepas menyusui.

Gunakan minyak zaitun atau baby oil yang sekaligus bisa menjaga elastisitas kulit payudara, selagi tetap aman untuk bayi. Jika tidak risih, Realfoodfam juga bisa memanggil tukang urut khusus payudara. Tukang urut ini biasanya berasal dari kalangan perawat ibu hamil.

Merangsang Produksi

Selain memijat payudara, Realfoodfam dapat merangsang produksi ASI dengan memompa payudara. Gunakan pompa elektrik atau manual untuk mengosongkan ASI dari payudara. Ketika payudara kosong, tubuh akan memberi sinyal untuk kembali memproduksi ASI. Pompa ASI biasanya dilakukan setiap kali payudara terasa kencang.

Kebiasaan menyusui bayi juga bisa membantu produksi ASI. Seorang ibu hendaknya tidak melewatkan waktu menyusui bayi. Selama menyusui, rangsangan kontraksi pada otot payudara bisa memperlancar aliran ASI itu sendiri. Waktu menyusui bayi pada masa awal lahir sebaiknya setiap 2 – 3 jam sekali. Bahkan, Realfoodfam perlu membangunkan bayi apabila waktu menyusu sudah tiba, meskipun ia tengah tidur nyenyak. Pastikanlah selalu menyusui bayi secara seimbang antara payudara kiri dan kanan.

Hal-hal sederhana lain yang juga perlu lakukan untuk merangsang produksi ASI adalah mengompres payudara dengan handuk hangat serta menjaga kecukupan cairan tubuh.

Konsumsi Makanan Sehat

Sejumlah makanan bisa dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa di antaranya bahkan tergolong makanan yang sudah sering kita temui sehari-hari, yaitu:

  • Daun Katuk
  • Pepaya
  • Bayam
  • Oatmeal
  • Kacang
  • Wortel
  • Pare
  • Sayuran hijau
  • Ikan
  • Telur
  • Sarang walet

Sarang Walet Realfood, Asi Booster Terbaik?

minuman sarang burung walet dapat memperlancar asi
Dewasa ini, banyak sekali suplemen hadir mengakui sebagai ASI booster terbaik. Realfoodfam bisa dengan mudah menemukannya di toko offline maupun online.

Realfood sebagai sebuah perusahaan dengan standar ISO 22000, memahami pentingnya kesehatan dan kebutuhan nutrisi kaum ibu. Menggunakan bahan dasar sarang walet alami tanpa bahan pengawet, Realfood hadirkan program sehat Wonder Mom khusus untuk ibu.

Melalui program sehat ini, para ibu bisa memulai menjalankan programnya minimal 3 bulan, dalam 1 bulan minimal 1 program (berisi 12 botol). Realfood siapkan nutrisi bagi ibu yang dikemas begitu enak dan segar untuk dikonsumsi setiap hari. Rasanya manis, namun tanpa pemanis dan pewarna buatan. Cukup minum satu botol Realfood Wonder Mom saat perut kosong (1 jam sebelum sarapan atau 3 jam setelah makan malam), para ibu pun sudah mencukupi kebutuhan gizinya.

Dalam satu botol Realfood Wonder Mom, Realfoodfam akan mendapatkan kebaikan sarang walet dengan tekstur padat (fully concentrated). Ada asam folat yang berperan membantu produksi ASI dan membentuk sel darah merah, asam amino triptofan untuk membantu mengurangi kecemasan dan kelelahan maupun stretchmark, asam amino glisin yang membantu mencegah pre-eklampsia, hingga asam sialat untuk membantu perkembangan otak janin.

Jadikan diri seorang ibu yang hebat dan sehat dengan ikut serta dalam program Realfood Wonder Mom. Realfoodfam bisa memulai program ini saat memasuki trimester kedua kehamilan. Saatnya sayangi diri sendiri dan bayi dengan cara yang mudah!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars