7 Gerakan Yoga yang Berguna untuk Mengecilkan Perut

02 Oktober 2020

Selain bermanfaat untuk mengolah pikiran, Yoga juga dapat menjadi sarana olahraga yang menyehatkan. Salah satunya adalah memanfaatkan gerakan Yoga untuk mengecilkan perut. Bagi Realfoodfam yang memiliki permasalahan dengan berat badan atau adanya penumpukan lemak pada bagian perut, sangat disarankan untuk rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Namun, berat badan yang turun belum tentu akan menghilangkan lemak di perut. Dilansir dari Health Information and Medical Information, lemak yang ada di perut dapat mengganggu metabolisme tubuh dan beresiko meningkatkan penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Jadi, melakukan Yoga khusus untuk mengecilkan perut adalah keputusan yang tepat. Mungkin ada yang berpendapat bahwa Yoga bukan dianggap sebagai olahraga, melainkan lebih condong ke latihan untuk aerobik. Akan tetapi, ada beberapa gerakan Yoga yang dapat membakar lemak dan kalori secara efektif. Berikut ini beberapa gerakan Yoga yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut.

1. Gerakan Yoga Paschimottanasana

Gerakan ini berfungsi untuk meningkatkan kelenturan tubuh. Itu sebabnya sebelumnya harus melakukan Yoga Dhanurasana. Menstimulasi pusat ulu hati dan mengencangkan perut, paha belakang, paha, serta pinggul. Gerakan ini juga ideal bagi mereka yang rentan terhadap gangguan pencernaan sehingga sangat tepat dilakukan untuk membakar lemak perut. Berikut gerakan Yoga Paschimottanasana:

  • Duduk tegak di lantai.
  • Regangkan kedua kaki ke depan.
  • Tarik nafas yang dalam, lalu rentangkan kedua tangan di atas kepala tanpa menekuk siku.
  • Hadapkan kepala ke atas.
  • Buang nafas sambil membungkuk ke depan.
  • Turunkan kedua tangan dan sentuh jari-jari kaki.
  • Pertahankan posisi ini selama 30 detik atau selama mungkin.

Baca juga: Cara meningkatkan kekebalan tubuh

2. Gerakan Yoga Dhanurasana

Pose ini sangat bagus untuk mengencangkan perut. Selain itu, gerakan ini juga mampu memperkuat otot perut, punggung, paha, lengan, dan dada, serta  memperbaiki postur tubuh. Dhanurasana merupakan Yoga yang memiliki gerakan berbentuk seperti busur. Dengan tujuan, agar lemak dalam perut menjadi cepat hilang. Berikut gerakan Yoga Dhanurasana:

  • Berbaring dalam posisi tengkurap di atas matras, dengan kedua kaki berdempetan.
  • Kedua tangan bertumpu di kedua sisi tubuh dan telapak tangan menghadap lantai.
  • Hembuskan nafas dalam-dalam sambil menekuk lutut ke atas.
  • Angkat kepala dan tekuk ke belakang.
  • Lalu, coba sentuh pergelangan kaki dengan kedua tangan.
  • Sambil menarik nafas dalam-dalam, coba angkat lutut lebih tinggi.
  • Tahan selama 30 detik, lakukan secara bertahap hingga 60 hingga 90 detik. Bernafaslah dengan normal sambil menahan postur.
  • Buang napas dan perlahan-lahan rileks tubuh.
  • Ulangi selama 10 kali.

Baca juga: 6 Langkah Awal Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Zaman Modern

3. Gerakan Yoga Pawanmuktasana

Gerakan ini dapat membantu meringankan berbagai masalah lambung, termasuk gangguan pencernaan dan sembelit. Karena lutut Realfoodfam menekan perut Realfoodfam, menahan posisi selama lebih dari satu menit membantu memicu pembakaran lemak di wilayah tersebut.

Kondisi perut yang gemuk dapat diakibatkan oleh masalah gas yang berada pada lambung maupun gangguan pencernaan yang lainnya. Itu sebabnya, jika Realfoodfam mengalami perut yang buncit, cobalah untuk melakukan gerakan Yoga ini.

Berbaring dalam posisi terlentang (menghadap ke atas) dengan lengan di samping tubuh dan kaki terentang, tumit saling bersentuhan. Berikut gerakan Yoga Pawanmuktasana:

  • Tekuk lutut sambil tarik nafas dalam-dalam.
  • Saat menghembuskan nafas, perlahan-lahan tekuk lutut ke arah dada.
  • Posisikan paha menekan perut.
  • Pegang lutut dengan menggenggam tangan di bawah paha.
  • Tarik nafas lagi, dan saat Realfoodfam menghembuskan napas, cobalah untuk membuat dagu dapat menyentuh lutut.
  • Tahan posisi 30 hingga 60 detik, sambil menarik napas dalam-dalam.
  • Ulangi gerakan ini 7 hingga 10 kali.

 

4. Gerakan Yoga Marjariasana

Kontraksi kuat yang dialami otot perut sambil menahan postur membantu membakar lemak dan membuat ukuran perut kembali normal. Gerakan Yoga ini juga dapat meningkatkan kelenturan tulang belakang. Berikut langkah Yoga Marjariasana:

  • Duduk dengan rileks.
  • Bernafas normal dan posisikan tubuh untuk duduk bertumpu pada lutut dan telapak tangan.
  • Posisi telapak tangan harus ada di bawah bahu.
  • Pandangan tetap lurus ke ke depan.
  • Tarik napas dalam-dalam, angkat kepala sambil mendorong punggung ke bawah.
  • Buang napas dalam-dalam dan turunkan kepala, sambil melengkungkan punggung ke atas. Jaga bokong dan perut tetap kencang sampai mengalami kontraksi.
  • Kepala harus berada diantara kedua tangan.
  • Tahan napas dan postur ini selama 15 detik. Lalu tingkatkan hingga durasi 1 menit bila memungkinkan.
  • Ulangi selama 10 kali.

5. Gerakan Yoga Naukasana

Ketika Realfoodfam melakukan gerakan Yoga naukasana, banyak yang meyakini mampu membuat otot pada perut menjadi rata dan kencang. Naukasana memiliki pose seperti membentuk huruf V atau disebut juga perahu kecil. Ikuti gerakan Yoga Naukasana berikut ini:

  • Berbaring di matras Yoga posisi terlentang, kaki terentang, jari kaki menghadap ke langit-langit, dan telapak tangan bertumpu pada kedua sisi tubuh menghadap ke lantai.
  • Tarik napas dalam-dalam. Saat Realfoodfam mengeluarkan napas, angkat tubuh Realfoodfam (kepala, dada, dan kaki) dari lantai.
  • Rentangkan lengan Realfoodfam sehingga membentuk garis sejajar dengan kaki Realfoodfam.
  • Bernafaslah dengan normal, tahan postur selama 30 hingga 60 detik.
  • Ulangi sebanyak 5 kali.

6. Gerakan Yoga Padahastasana

Gerakan Yoga yang satu ini fokus untuk meredakan masalah seperti kecemasan dan bagus untuk memperlambat detak jantung. Sangat direkomendasikan untuk mengecilkan perut buncit.

Berikut langkah melakukan gerakan Yoga Padahastasana:

  • Berdirilah dengan kedua tangan di kedua sisi tubuh sementara kedua kaki dirapatkan.
  • Jaga agar tulang punggung tetap tegak.
  • Tarik napas dalam-dalam, angkat kedua tangan ke atas.
  • Saat mengeluarkan napas, bungkukkan badan ke depan sehingga tubuh sejajar dengan lantai.
  • Tarik nafas, lalu buang napas, dan tekuk tubuh ke depan sepenuhnya, dengan tubuh menjauh dari pinggul.
  • Cobalah menyentuh lantai dengan telapak tangan lurus di lantai dan tanpa menekuk lutut.

Baca juga: Tujuh Cara Ciptakan Metabolisme Tubuh Ideal

7. Gerakan Yoga Tadasana  

Tadasana merupakan Yoga yang dapat dilakukan dengan memulainya dari posisi berdiri. Gerakan Yoga ini mampu membuat sirkulasi darah meningkat.

Berikut langkah melakukan gerakan Yoga Tadasana.

  • Ambil posisi berdiri dan kedua tangan menghadap tubuh.
  • Regangkan tangan ke depan.
  • Lalu, dekatkan kedua telapak tangan.
  • Tarik napas yang dalam.
  • Angkat kedua tangan ke atas kepala.
  • Lalu berdiri dengan tumpuan jari-jari kaki.
  • Lalu posisikan kepala menghadap ke atas.
  • Tahan selama 30 detik sambil bernafas seperti biasa.
  • Tarik napas yang dalam dan hembuskan perlahan.
  • Ulangi selama 10 kali.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan aktivitas yoga pada pagi hari, sebab di waktu itu sangat baik untuk melatih otot-otot. Biasanya perut dalam kondisi kosong, belum terisi makanan pada pagi hari.

Jika Realfoodfam masih belum terbiasa dengan gerakan-gerakan yoga, cobalah untuk mendaftarkan diri ke tempat pelatihan terdekat agar mendapatkan arahan dari instruktur dengan benar. Selain itu di masa pandemi, banyak juga instruktur yoga yang mengadakan kelas virtual untuk menghindari penyebaran virus. Upaya menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga di rumah saja dibarengi dengan rutinitas Program 12 Hari Realfood ya, Realfoodfam!

 

Sumber data:

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars