Begini Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering dan Kusam Secara Alami

27 Mei 2020

Memiliki kulit yang sehat, kenyal, dan kencang adalah dambaan setiap wanita. Namun, perlu adanya usaha perawatan kulit agar kulit menjadi lebih sehat dan kencang. Salah satu syarat agar kulit menjadi lebih sehat dan kencang adalah terjaganya kelembaban kulit.

Keuntungan memiliki kulit wajah yang terawat akan membuat seseorang tampak lebih muda dan juga memiliki pori-pori kulit yang lebih sehat dan kencang. Untuk mereka yang memiliki permasalahan dengan kulit kering dan sensitif, dapat memicu munculnya ruam, garis–garis halus, kerutan, kulit mengelupas, serta tanda–tanda penuaan lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan dibagikan tips mengenai cara penanganan yang disebabkan oleh kulit yang kering.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah kita ketahui, tubuh kita membutuhkan banyak cairan agar kondisi tubuh tetap terjaga. Selain organ–organ dalam tubuh, kulit kita juga memerlukan banyak cairan agar tetap terjaga kelembabannya.

Oleh karena itu, kita perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam sehari, para ahli menyarankan agar kita mengkonsumsi delapan gelas air putih setiap hari.

2. Melembabkan Kulit dengan Susu

Susu mengandung zat anti-inflamasi yang membuat kulit menjadi lebih rileks dan mencegah terjadinya iritasi kulit. Selain itu, susu juga mengandung asam laktat yang mampu meningkatkan dan menjaga kelembaban kulit. Caranya adalah dengan menyiapkan susu bubuk yang dicampur sedikit air hingga berbentuk pasta, kemudian pasta tersebut dioleskan pada wajah secara merata.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang dapat digunakan dalam perawatan kulit. Minyak kelapa mengandung zat yang terbukti mampu menjaga kelembaban kulit, bahkan mampu membuat kulit tampak lebih muda.

4. Minyak zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun menjadi salah satu minyak yang paling direkomendasikan dalam perawatan kulit. Selain dapat menjaga kelembaban  kulit, minyak zaitun juga dikenal mampu menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Oleh karena itu, tidak sedikit produk kecantikan yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan utamanya.

5. Madu

Sudah menjadi rahasia umum jika madu mempunyai manfaat untuk kulit. Madu memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba, kandungan–kandungan ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga kelembaban kulit.

Selain itu, madu juga memiliki kandungan vitamin untuk menutrisi kulit. Cara untuk mendapatkan manfaat dari madu adalah dengan mengaplikasikannya langsung pada kulit, menjadikannya masker atau lulur.

6. Bubuk Kopi

Bubuk kopi yang biasa kita seduh sebagai minuman, ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kulit. Bisa dibilang ini adalah masker kulit yang terbuat dari bubuk kopi. Memang sedikit aneh, karena mungkin jarang ada yang mendengar bahwa bubuk kopi bisa dijadikan sebagai masker kulit wajah.

Untuk Realfoodfam yang ingin mencobanya bisa dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air, susu bubuk, dan madu hingga berbentuk pasta. Setelah itu, kita tinggal mengaplikasikannya langsung pada wajah.

7. Mentega

Cara berikutnya adalah dengan mengoleskan mentega pada kulit. Mentega mengandung vitamin A dan asam lemak, vitamin A dan asam lemak ini berperan dalam menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Baca juga: Alami dan Berkhasiat, Beginilah Cara Mudah Basmi Jerawat

8. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung asam folat, antioksidan, zinc, potassium, magnesium, vitamin B, C, dan vitamin E. Kandungan–kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari radikal bebas, menutrisi kulit, serta menjadi kulit lebih lembab. Cara mengaplikasikannya sendiri adalah dengan mengambil bagian dalam (daging) dari tanaman lidah buaya dan mengaplikasikannya langsung pada wajah.

9. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, dan potasium. Dengan adanya kandungan vitamin yang beragam, tentu nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit akan terpenuhi. Karena nutrisi kulit terpenuhi, kelembaban kulit juga akan lebih terjaga. Selain itu, vitamin E akan membantu proses regenerasi sel kulit.

10. Yogurt

Kandungan vitamin B6 dan B12 dalam yogurt sangat berguna untuk menutrisi dan menjaga kelembaban kulit, mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, serta melindungi kulit dari sengatan matahari. Cara untuk mendapatkan manfaat yogurt ini adalah dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikannya masker.

Setelah mengetahui cara melembabkan kulit, saatnya kita membahas sedikit tentang apa saja penyebab kulit kering. Beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit menjadi lebih cepat kering antara lain: terlalu sering mandi dengan air panas, mandi terlalu lama, menggunakan sabun mandi secara berlebihan.

Selain itu, ada juga faktor yang tidak berkaitan dengan kebiasaan, seperti faktor suhu dan cuaca. Oleh karena itu, Realfoodfam perlu menghentikan kebiasaan–kebiasaan yang kurang baik dan melakukan antisipasi sejak dini.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars