minuman kolagen

Pada kulit, kolagen memegang sejumlah peran penting seperti regenerasi kulit, menjaga elastisitas, hingga memastikan kulit tetap terhidrasi. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan mengalami penurunan. Kemudian tanpa perawatan memadai, kulit bakal rentan mengalami masalah, termasuk penuaan dini.

Realfoodfam tak mau kena keluhan kulit gara-gara turunnya produksi kolagen, bukan? Mari kita kenali dulu faktor penyebab dan cara untuk mengatasinya!

Faktor penyebab turunnya produksi kolagen

Secara alami, produksi kolagen dilakukan tubuh untuk mempertahankan kondisi kulit. Jenis protein ini kerap dijumpai di beberapa bagian tubuh seperti tulang, kulit, tendon, otot, dan ligamen. Namun karena faktor-faktor berikut ini, kolagen terancam turun dan menimbulkan keluhan pada kulit Realfoodfam.

  • Paparan sinar matahari. Radiasi sinar ultraviolet (UV) dari paparan sinar matahari dalam jangka waktu panjang adalah faktor umum yang berpotensi mempercepat proses penuaan. Hal tersebut disebabkan kerusakan serat elastin di lapisan kulit paling dalam (dermis). Akibatnya, kulit terlihat keriput dan kendur;
  • Merokok. Siapa di antara Realfoodfam yang masih gemar merokok? Walau sudah rajin mengonsumsi sumber kolagen terbesar, kebiasaan merokok yang belum dihentikan tetap beresiko menurunkan produksi kolagen. Bahan kimia berbahaya dalam produk tersebut dapat merusak protein dan elastin kulit yang menjadi faktor penuaan dini;
  • Waktu tidur yang kurang. Sebuah studi menyebutkan bahwa kualitas tidur yang buruk bisa menurunkan kolagen dalam tubuh. Hal ini disebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh yang merambat pada rusaknya kandungan protein pada kulit. Makanya Realfoodfam terlihat lebih kusam saat kurang tidur;
  • Makanan tinggi gula. Konsumsi makanan tinggi gula berlebih adalah faktor selanjutnya yang mengganggu kolagen untuk wajah. Selain itu, jenis makanan ini berpotensi memicu inflamasi dan kerusakan kolagen. Kalau kasusnya sudah serius, jenis protein tersebut akan kehilangan kemampuan memperbaiki dirinya sendiri;
  • Ekspresi dan gerakan wajah. Ekspresi dan gerakan wajah seperti tersenyum atau menyipitkan mata ternyata bisa menyebabkan kerutan dan garis halus, Realfoodfam. Bahkan saat usia sudah memasuki masa tua, kelenturan kulit tak akan mengembalikan kemulusan wajah. Apalagi kalau masalah pada kolagen sudah terjadi sejak usia muda.

Langkah-langkah meningkatkan produksi kolagen

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab turunnya produksi kolagen, Realfoodfam akan lebih mudah menemukan solusi buat mengatasinya. Di bawah ini ada beberapa langkah mudah menggenjot produksi protein untuk kulit wajah maupun tubuh.

  • Lindungi kulit dengan tabir surya

Masih malas pakai tabir surya saat keluar ruangan? Jangan salah, menggunakan produk tersebut bisa menyelamatkan kulit Realfoodfam dari berkurangnya produksi kolagen. Tabir surya yang beredar di pasaran dibuat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV jangka panjang. Dengan begitu, tubuh bisa memproduksi kolagen dari macam-macam asam amino. Pastikan juga tingkat SPF pada tabir suryanya sesuai dengan jenis kulit Realfoodfam.

  • Konsumsi makanan sumber kolagen

Seperti yang disebutkan, asam amino adalah pembentuk utama dalam produksi kolagen. Untuk itu, Realfoodfam harus memenuhi asupannya dengan mengonsumsi makanan tinggi kolagen. Beberapa makanan yang bisa Realfoodfam santap adalah telur, daging, susu, dan seafood. Buah-buahan kaya vitamin C seperti mangga, jeruk, dan mangga pun dapat membantu produksinya agar kian optimal dan menjauhkan masalah kulit.

  • Bantu dengan suplemen atau minuman kolagen

Kolagen bisa Realfoodfam peroleh juga dari produk-produk seperti minuman dan suplemen. Namun, Realfoodfam sebaiknya mengonsultasikan konsumsi sumber kolagen tersebut dengan dokter atau ahli gizi profesional. Pasalnya, ada beberapa orang yang menunjukkan reaksi seperti alergi, mual, atau muntah akibat kurang cocok. Jika diizinkan, Realfoodfam langsung saja cari minuman atau suplemen kolagen yang sesuai dengan kondisi kesehatan.

Salah satu minuman kolagen yang aman Realfoodfam konsumsi adalah Realfood Up Peach. Bahan utama buah peach yang dipadukan dengan khasiat sarang burung walet di dalamnya bukan hanya mampu meningkatkan produksi kolagen, melainkan juga kesehatan. Ada juga dua rasa lain, yakni asli atau original dan jus kurma merah yang tak kalah bagus buat tubuh.

Semoga setelah membaca artikel ini, Realfoodfam bisa mengembalikan kolagen untuk mempercantik sekaligus menyehatkan kulit!