cara mengurangi mata minus secara alami

Myopia yang juga dikenal dengan rabun jauh adalah kondisi di mana seseorang kesulitan melihat suatu objek. Hal ini disebabkan karena adanya kelainan refraksi mata yang akhirnya membuat objek dalam jarak jauh tidak terlihat begitu jelas.

Lalu, adakah cara untuk mengatasi mata minus? Tentu ada. Namun, tindakan yang dilakukan hanya bersifat sebagai pencegahan saja. Bila ditinjau dari segi medis, cara mengobati mata minus atau rabun jauh adalah dengan melakukan operasi lasik. Karena itu, penting untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan mata.

Berikut cara mengurangi mata minus secara alami agar mata minus tidak semakin bertambah.

1. Konsumsi Makanan Bervitamin dan Berserat Tinggi

Mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang tinggi vitamin A merupakan salah satu cara menyembuhkan mata minus atau rabun jauh dengan alami. Realfoodfam bisa mendapatkannya dari wortel, minyak hati ikan kod, ubi jalar, ikan salmon, tomat, dan hati sapi.

Namun, ternyata masih ada beberapa vitamin dan mineral lainnya yang dapat menjaga kesehatan mata. Dilansir dari Harvard Health Publishing, terdapat 6 jenis nutrisi yang baik untuk mata. Nutrisi tersebut adalah Lutein, omega 3, vitamin A, vitamin C, Vitamin E, dan juga Zinc.

Realfoodfam bisa mengonsumsi sarden, kaviar, bayam, mangga, pepaya, jagung, minyak biji gandum, melon, dan kacang almond sebagai upaya untuk menghilangkan mata minus secara alami.

2. Cara mengurangi mata minus dengan Relaksasi Mata

Melakukan relaksasi mata bisa menjadi satu dari banyak cara mengurangi mata minus secara alami. Realfoodfam bisa mencoba menggosokan kedua telapak tangan, lalu meletakkannya langsung pada mata agar mata menjadi lebih rileks.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda Secara Alami

3. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar

Terlalu lama ada di depan layar monitor dapat meningkatkan miopi, sehingga salah satu cara paling mudah untuk mengurangi mata minus adalah dengan mengistirahatkan mata.

Gunakan aturan 20-20-20, yakni alihkan pandangan pada suatu objek dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter dari posisi mata) selama 20 detik dan dilakukan setiap 20 menit sekali.

4. Lakukan Senam Mata untuk Mengurangi Mata Minus

Untuk menstimulasi otot mata, Realfoodfam bisa mencoba melakukan senam mata. Cara paling sederhana melakukan senam mata adalah dengan mengedipkan secara cepat.

  • Cari tempat duduk yang nyaman.
  • Kedipkan mata 10 kali dengan cepat.
  • Setelah itu, tutup mata selama 20 detik.
  • Ulangi hingga 5 sampai 10 kali setiap kali merasa mata sudah lelah.

5. Mengecek Kondisi Kesehatan Mata Secara Berkala

Menurut National Eye Institute, memeriksa mata dapat mengurangi atau membantu seseorang tahu bagaimana kondisi ataupun kelainan mata yang diderita. Bila mata mulai sensitif terhadap cahaya dan pandangan tidak fokus, segera konsultasi ke dokter. Dengan begitu, tindakan medis bisa dilakukan dengan akurat.

Baca juga: 5 Bahaya Memakai Gadget Secara Berlebihan, Sebabkan Masalah Mata Hingga Rambut!