Ini 5 Ciri-Ciri Kulit Sehat Secara Alami

16 Januari 2021
ciri ciri kulit sehat

Setiap orang pastinya ingin memiliki kulit yang sehat. Kulit sehat menjadikan penampilan semakin menarik. Kulit sehat tidak harus putih, bersih, dan bersinar. Definisi kulit yang sehat bisa juga berarti terbebas dari berbagai permasalahan kulit.

Kulit berfungsi sebagai pengatur dari suhu badan, membentuk pigmen, hingga mengeluarkan zat sisa metabolisme. Dengan demikian menjaga kulit tetap sehat merupakan hal yang tidak boleh diabaikan.

Berikut ini merupakan ciri-ciri kulit sehat secara alami.

1. Kulit Lebih Segar, Lembab, dan Glowing

Kulit yang lembab sepanjang hari merupakan salah satu tanda bahwa kondisi kulit masih sehat dan tidak mengalami penuaan dini. Dengan begitu, Realfoodfam akan terlihat lebih segar dan memiliki glowing skin. Pastikan untuk menggunakan pelembab agar kulit tidak kering dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

2. Elastisitas Kulit Tetap Terjaga

Kekenyalan dan elastisitas merupakan tanda penting yang dimiliki oleh kulit sehat. Realfoodfam bisa memeriksanya secara langsung dengan mencubit kulit, lalu lihat apakah kulit kembali seperti semula atau tidak. Untuk menjaga elastisitas kulit, Realfoodfam harus banyak minum air putih, karena ada begitu banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan dan ini merupakan hal yang penting.

3. Tidak Ada Indikasi Masalah pada Kulit 

Salah satu ciri kulit yang sehat adalah tidak memiliki masalah, seperti ruam, gatal, ataupun alergi. Biasanya, masalah yang terjadi pada kulit disebabkan karena kurangnya perawatan kulit.

Kulit sama seperti tubuh yang memerlukan asupan nutrisi lengkap. Jika nutrisi yang diterima kulit berkurang, maka akan timbul masalah pada kulit. Realfoodfam bisa mencoba mengonsumsi makanan tinggi kolagen untuk membantu tubuh memproduksi kolagen lebih banyak sehingga mampu meregenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

4. Permukaan Kulit Terasa Halus 

Kulit halus dan juga lembut merupakan tanda dari kulit sehat. Kulit yang bersisik atau kasar biasanya disebabkan adanya paparan sinar matahari yang berlebihan. Kulit yang halus dipengaruhi oleh tingkat kelembapan. Selain itu, pori-pori juga berpengaruh besar. Pori-pori yang kecil akan membuat kulit terasa lebih halus saat disentuh.

Memiliki pori-pori yang besar tidak hanya membuat permukaan kulit terasa kasar, melainkan juga dapat menstimulasi permasalahan kulit seperti jerawat. Hal tersebut dikarenakan pori yang besar sehingga mempermudah kotoran tersumbat di dalamnya. Namun, pori-pori besar juga bisa didapatkan secara genetik sehingga Realfoodfam perlu memperhatikan kandungan skincare dan makeup non comedogenic agar terhindar dari masalah kulit.

5. Persebaran Warna Kulit yang Merata

Ciri yang paling mudah diidentifikasi sebagai kulit yang sehat adalah dengan melihat apakah ada perubahan warna di satu area kulit. Persebaran warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan oleh faktor genetik, paparan sinar matahari, ataupun kurangnya produksi melanin dalam tubuh sehingga membuat adanya kontras warna kulit pada bagian tertentu.

Baca juga: 6 Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh

Makanan yang Membantu Menyehatkan Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Realfoodfam juga disarankan untuk mengonsumsi rekomendasi makanan yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit di bawah ini:

a. Daging Ikan

Ikan salmon dan ikan herring mengandung lemak Omega-3 yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit tetap lembab dan kenyal.

b. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak yang sehat dan mampu merawat sel-sel kulit.

c. Kacang Kenari

Mengandung asam lemak omega-3 dan omega 6 mampu mengurangi peradangan sehingga masalah psoriasis.

d. Biji Bunga Matahari

Kacang-kacangan dan juga biji-bijian merupakan nutrisi yang baik untuk kulit. Dalam 28 gram Biji bunga matahari mengandung 49% vitamin E, 41% selenium, 14% seng dan 5,5 gram protein.

e. Ubi Jalar

Mengandung vitamin A dan beta karoten membuat ubi jalar sangat tepat dikonsumsi untuk mempertahankan kesehatan kulit.

f. Paprika Merah

Sama dengan ubi jalar, paprika merah memiliki sumber beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi untuk bisa menghasilkan kolagen dalam tubuh.

g. Brokoli

Mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti seng, lutein, dan karotenoid yang dapat melindungi kulit agar tidak mudah kering dan keriput.

h. Tomat

Mengandung vitamin C dan likopen yang mampu melindungi kulit dari sinar UV serta menghasilkan zat antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

i. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengatasi kerusakan kulit.

j. Anggur Merah

Mengandung senyawa resveratrol membuat anggur merah mampu mengatasi efek penuaan dini dan menjaga sel kulit agar tidak rusak. Dengan begitu, kecantikan kulit akan terjaga dengan baik.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Apabila dirasa kulit mengalami masalah seperti gatal dan ruam, maka segera lakukan pemeriksaan pada kulit. Untuk merawat kulit secara alami, Realfoodfam bisa mengikuti tips berikut.

  • Melindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Gunakan tabir surya yang memiliki SPF 15 dan gunakan jaket agar kulit tidak terpapar matahari secara langsung.

  • Berhenti Merokok

Merokok dapat mempersempit pembuluh darah di lapisan terluar kulit, menurunkan aliran darah, merusak kolagen, serta meningkatkan resiko kanker terkena kanker. Oleh karena itu, berhenti merokok adalah salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kulit secara alami.

Baca juga: Cara Alami Mencerahkan Kulit Tubuh yang Kusam Hanya Dalam 30 Hari

  • Jangan Terlalu Sering Mandi dengan Air Panas

Air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga bagi Realfoodfam yang memiliki jenis kulit cenderung kering, disarankan untuk menghindarinya. Apabila jenis kulit Realfoodfam normal, usahakan untuk mengatur intensitas mandi dengan air panas.

  • Atur Pola Makan yang Sehat

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran dapat membantu kulit tampak lebih muda dan sehat. Realfoodfam bisa memilih buah jeruk, alpukat, semangka dan pepaya yang kaya akan vitamin C dan vitamin E yang memiliki khasiat untuk meremajakan kulit.

Untuk jenis sayuran, coba konsumsi sayuran hijau yang kaya akan kandungan antioksidan seperti mentimun, bayam, dan brokoli. Jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas sehari sebagai upaya menjalankan pola makan sehat setiap hari.

  • Kelola Stres dengan Benar

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit lebih sensitif dan memicu permasalahan jerawat. Tidur yang cukup dan mencoba untuk berbahagia ialah cara menjaga kulit tampak segar yang cukup ampuh.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars