Menu MPASI Bayi 6 Bulan - Jadwal dan Jumlah Takaran Makanannya

18 November 2020
menu mpasi 6 bulan

Bagi Realfoodfam yang baru saja menjadi orang tua, pasti merasa bahagia dengan kehadiran buah hati. Namun, karena minimnya pengalaman, hal ini justru membuat resah dan bingung apa yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Dilansir dari situs World Health Organization, selama selama 6 bulan pertama, bayi wajib mendapatkan ASI eksklusif dan 6 bulan setelahnya baru boleh diberikan makanan pengganti ASI (MPASI).

Setiap anak memiliki proses tumbuh kembang yang berbeda, sehingga porsi nutrisi yang diperlukan pun tentunya berbeda. Lalu, jenis makanan apa saja yang dapat diberikan pada anak berusia 6 bulan? Berikut rekomendasi makanan pendamping asi (MPASI) serta jumlah takarannya untuk bayi 6 bulan.

1. Bubur Pisang

Pisang yang telah dihancurkan kaya akan potasium dan serat, juga sangat mudah dicerna oleh bayi. Untuk membuat MPASI, coba lakukan hal berikut ini.

  • Ambil 1 atau 2 buah pisang.
  • Potong kecil-kecil dan haluskan hingga memiliki tekstur yang lembut.
  • Suapi anak sedikit-sedikit.

2. Bubur Ubi

Ubi memiliki banyak zat gizi yang baik untuk membuat bayi tumbuh sehat, seperti vitamin, antioksidan, dan serat. Untuk membuatnya, lakukan langkah berikut.

  • Siapkan 1 batang ubi.
  • Rendam ubi 30 menit dan bersihkan dari kotoran.
  • Kupas ubi dari kulitnya.
  • Potong ubi kecil-kecil.
  • Lalu haluskan dan tambahkan air 200 ml.
  • Aduk hingga merata dan tekstur ubi menjadi lembut.
  • Tambahkan susu formula ke dalam bubur ubi.
  • MPASI bubur ubi sudah siap dihidangkan.

Baca juga: Ini 4 Rahasia Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

3. Wortel

Dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut, Realfoodfam dapat memperkenalkan wortel kepada anak setelah anak mencapai usia 6 bulan. Tak hanya itu, wortel juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu perkembangan penglihatan si buah hati. Berikut cara membuatnya.

  • Cuci wortel dengan air bersih.
  • Bersihkan sisi-sisi wortel yang masih kotor dengan pisau.
  • Masukkan ke dalam blender dan dibuat jus.
  • Setelah selesai, haluskan kembali agar anak bisa menelannya.

4. Alpukat

Buah ini mengandung mengandung lemak Omega-3, serat, protein, dan juga vitamin E yang bermanfaat bagi tubuh.Alpukat bisa dijadikan sebagai menu makanan pendamping ASI yang sehat untuk bayi. Untuk membuatnya, Realfoodfam bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Kupas buah alpukat dan ambil isinya.
  • Haluskan dengan sendok hingga dimakan oleh bayi.
  • Tambahkan susu formula dan suapi secara perlahan.

Baca juga: Pedoman Makanan dengan Gizi Seimbang

Tahapan Memberikan MPASI

Sebagai panduan dasar dalam memberikan makanan tambahan anak usia dini, Realfoodfam bisa memperhatikan berapa banyak takaran dan cara memberi makan bayi berusia 6 bulan ke atas. Berikut ini hal-hal yang disarankan dalam MPASI untuk bayi 6 bulan.

1. Utamakan ASI

ASI masih menjadi sumber utama nutrisi dan energi bagi bayi. Karena itu, jangan sampai pemberian makanan tambahan mengganggu pemberian ASI. Realfoodfam bisa melakukan tips berikut ini untuk mendapatkan ASI yang berlimpah.

2. Jadwal MPASI Secara Rutin

Berikan makanan tambahan saat mereka memiliki ketertarikan terhadap makanan sebelum ia dapat diberi makanan tambahan. Untuk jadwalkan MPASI, Realfoodfam bisa memberikan mereka sedikit  setelah anak selesai menyusu asupan nutrisinya tetap terpenuhi.

3. Perhatikan Kondisi Fisik Anak

Anak berusia 6 bulan memiliki kapasitas perut yang terbatas. Karenanya, Realfoodfam harus menyesuaikan porsi makanan anak sesuai kemampuan perutnya dalam mencerna. Porsi kecil makanan lembut (2-3 sendok makan) yang diberikan secara sering adalah porsi yang paling disarankan.

Baca juga: 8 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak dan Cara Mendeteksinya

4. Variasikan Menu MPASI

Kenalkan anak pada biji-bijian (seperti bubur beras), makanan hewani (susu, telur, daging, ikan, atau unggas), juga buah-buahan setiap harinya. Gantilah menu setiap hari sehingga anak tidak merasa bosan saat waktu makan tiba.

5. Perhatikan Gejala yang Muncul

Saat mulai memberikan MPASI pada anak, tidak semua sistem pencernaan anak bisa langsung menerimanya. Bila anak mengalami gejala mual, muntah, gelisah, ataupun anak mungkin menampakkan gejala alergi seperti muntah ataupun diare, Realfoodfam bisa langsung berkonsultasi dengan dokter anak.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu menyusui, Realfood menghadirkan varian Wonder Mom yang diformulasikan khusus dengan kandungan asam folat, Epidermal Growth Factor (EGF), dan asam sialat yang dapat berguna untuk menyembuhkan luka pasca operasi, menghilangkan letih, dan kecemasan.

 

Artikel lainnya terkait “ibu hamil”

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars