Bukan Hanya Mempercantik Kulit, Berikut 7 Manfaat Vitamin E untuk Tubuh

Selama ini, manfaat vitamin E kerap dihubungkan dengan kesehatan dan kecantikan kulit. Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, Realfoodfam, tetapi kenyataannya ada benefit-benefit lain yang diperoleh dari zat gizi satu ini.

Termasuk ke dalam vitamin larut lemak, vitamin E rupanya berperan juga sebagai antioksidan alami. Tubuh pun memerlukan zat gizi mikro ini dalam jumlah kecil. Oleh karena itu, manfaat vitamin E bukan cuma berdampak pada kulit saja. Kira-kira, apa saja benefit yang bakal Realfoodfam dapatkan?

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin E masuk ke dalam jajaran vitamin yang membantu sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan melindungi membran atau lapisan terluar sel kekebalan yang mengandung asam lemak. Dengan manfaat vitamin E, asam lemak tadi tak akan rentan rusak akibat radikal bebas. Kemudian bersama antioksidan, vitamin E bakal memberikan proteksi maksimal pada sel imun. 

Menurut sejumlah studi yang dilakukan terhadap hewan, kekurangan vitamin E berpotensi mengurangi produksi antibodi. Termasuk di antaranya sel darah putih yang berperan penting melawan penyakit.

Menekan resiko penuaan dini

Penuaan sebenarnya tahap alami yang dialami semua makhluk hidup, Realfoodfam. Akan tetapi, proses yang terjadi lebih cepat membuat banyak orang, terutama perempuan, panik. Resiko penuaan dini pun semakin besar kalau Realfoodfam sering merokok, mengonsumsi makanan kurang sehat, dan faktor lain dari serangan radikal bebas.

Di sinilah manfaat vitamin E berperan besar dalam menekan risiko penuaan dini. Bersifat alfa-tokoferol, vitamin yang satu ini dapat menghambat keluhan tersebut dan membuat Realfoodfam awet muda.

Mengoptimalkan kesehatan paru-paru

Manfaat vitamin E untuk tubuh berikutnya adalah mengoptimalkan kesehatan paru-paru. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal mengungkapkan bahwa vitamin E memiliki kemampuan mencegah inflamasi atau peradangan pada pasien penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Kalau dibiarkan, PPOK berpeluang merusak jaringan paru.

Syukurnya, sifat anti-inflamasi yang dibawa vitamin E bakal membantu meredakan keluhan akibat penyakit tersebut sekaligus meningkatkan fungsi paru-paru, Realfoodfam.

Menyehatkan kulit kepala dan rambut

Realfoodfam pengin punya kulit kepala dan rambut yang sehat? Salah satu manfaat vitamin E ternyata bisa membantu Realfoodfam buat mewujudkannya. Hal ini masih berhubungan erat dengan fungsi vitamin E sebagai antioksidan. Konsumsi zat gizi yang cukup bakal memberikan proteksi maksimal pada sel kulit kepala, sehingga tak mudah terpengaruh radikal bebas.

Bukan hanya itu, asupan vitamin E yang cukup dapat menguatkan akar rambut. Cocok buat Realfoodfam yang punya masalah dengan rambut rontok.

Mengatasi munculnya hiperpigmentasi

Masih berkaitan dengan manfaat vitamin E untuk kulit, Realfoodfam yang rutin mengonsumsi sumber vitamin E bakal punya risiko hiperpigmentasi lebih kecil. Hiperpigmentasi merupakan kondisi saat tubuh Realfoodfam memproduksi terlalu banyak melanin. Akibatnya, akan muncul bercak hitam di beberapa bagian kulit yang kadang bisa menurunkan rasa percaya diri.

Supaya manfaat vitamin E bisa lebih optimal dalam menangani hiperpigmentasi, Realfoodfam bisa mengombinasikannya dengan sumber vitamin C.

Memperbesar peluang kehamilan

Realfoodfam yang sedang merencanakan program kehamilan bisa menambahkan sumber vitamin E ke dalam menu. Hal tersebut didukung studi yang dilakukan pada 2017 terhadap 40 perempuan yang sebelumnya mengalami gagal implantasi. Selama 12 minggu, responden meminum suplemen vitamin E untuk menambah ketebalan dinding rahim yang berfungsi menekan risiko keguguran.

Selain memperbesar peluang kehamilan, studi tersebut memperlihatkan manfaat vitamin E lain seperti menuunkan kadar plasma malondialdehyde, tanda stres oksidatif yang berisiko merusak sel.

Menunjang kesehatan indra penglihatan

Vitamin A bukan satu-satunya zat gizi yang dapat menunjang kesehatan mata, Realfoodfam. Vitamin E rupanya dapat memberikan benefit yang sama terhadap kornea, uvea, dan retina. Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa vitamin A dapat menangani kelainan mata pada bayi hingga mencegah katarak yang umum dialami manula.

Meski begitu, Realfoodfam perlu membarengi asupan vitamin A dengan sumber gizi lain, karena kesehatan mata tergantung juga pada kandungan-kandungan menyehatkan lainnya.

Sumber makanan untuk mengoptimalkan manfaat vitamin E

Sebenarnya masih ada banyak manfaat vitamin E yang bisa Realfoodfam. Namun, tanpa mengetahui sumber makanan yang sesuai, Realfoodfam tak bakal merasakan dampak positif yang diharapkan. Nah, sebagai rekomendasi, berikut sejumlah sumber vitamin E yang dapat memenuhi asupan tubuh!

  • Kacang tanah

Dalam 100 gram kacang tanah terkandung 8,3 miligram vitamin E yang setara 56% kebutuhan harian tubuh. Kacang tanah juga bisa berperan sebagai antioksidan buat melindungi tubuh dari radikal bebas. Bahkan Realfoodfam dapat menjadikannya sebagai camilan sehat untuk menjaga fungsi empedu, jantung, dan menstabilkan gula darah.

  • Brokoli 

Bukan rahasia lagi kalau sayuran hijau bagus buat kesehatan, termasuk manfaat vitamin E. Dengan mengonsumsi setengah gelas brokoli rebus, Realfoodfam secara tak langsung sudah memenuhi sekitar 4% kebutuhan vitamin E harian. Memang tak sebesar sumbangan kacang tanah, tetapi brokoli kaya akan kandungan bergizi yang tak kalah bermanfaat buat tubuh.

  • Kuaci

Siapa sangka ngemil kuaci bisa memberikan manfaat vitamin E untuk wajah? Terbuat dari buah pada kebala bunga matahari, kuaci ternyata menyumbang vitamin E yang lumayan besar. Pada seperempat gelas kuaci kering yang belum dikupas bisa memenuhi 37% kebutuhan vitamin E harian. Hati-hati juga saat mengupasnya supaya kuaci bisa Realfoodfam nikmati.

  • Alpukat

Kaya akan lemak sehat, alpukat adalah sumber vitamin E selanjutnya yang dapat Realfoodfam pertimbangkan. Pasalnya, buah berdaging lembut ini mampu memberikan dua miligam atau 14% kebutuhan vitamin E. Kalau Realfoodfam kurang suka alpukat, gunakan minyak alpukat untuk membantu penyerapan antioksidan sebagai salah satu manfaat vitamin E.

  • Almond 

Realfoodfam yang ingin mendapatkan sumber vitamin E terbaik dapat mengandalkan almond. Mengapa? Karena mengonsumsi 20 butir almond dapat memenuhi kurang lebih 37% kebutuhan vitamin E harian. Produk dari kacang-kacangan ini juga variatif, termasuk kulitnya yang kaya akan polifoenol, salah satu jenis antioksidan yang menyehatkan.

  • Minyak nabati

Manfaat vitamin E untuk tubuh bisa Realfoodfam dapatkan juga dari minyak nabati. Meski bukan buat dikonsumsi, sumber vitamin E ini dapat digunakan untuk mengolah makanan. Beberapa jenis minyak nabati yang mampu memberikan manfaat vitamin E terbaik mencakup minyak biji gandum, minyak biji kapas, minyak bunga matahari, minyak dedak padi, dan minyak hazelnut.

Masih butuh sumber vitamin E yang mudah dikonsumsi? Kabar baiknya, sekarang sudah ada banyak suplemen hingga minuman sehat yang dapat menunjang performa vitamin E dalam tubuh. Sebut saja Realfood Up Bird Nest’s Daily Drink. 

Terdapat tiga varian minuman yang dapat Realfoodfam pilih dari produk tersebut, yakni rasa asli, jus kurma merah, hingga peach. Jangan lupa imbangi dengan kebiasaan baik seperti olahraga, mengelola stres, dan istirahat cukup untuk memperoleh manfaat vitamin E yang maksimal.