Pengertian Kalori dan Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Dalam Tubuh

02 Oktober 2020

Realfoodfam pasti sudah tidak asing dengan istilah kalori. Pengetahuan tentang kalori sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Salah satu caranya adalah dengan membatasi asupan kalori ke dalam tubuh. Ada beberapa rekomendasi makanan rendah kalori untuk diet yang bisa dikonsumsi.

Apa Itu Kalori?

Kalori adalah jumlah energi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berdasarkan penelitian dari National Health Service, rata-rata pria dewasa membutuhkan minimal 2.500 kcal per hari. Sementara, untuk wanita dewasa membutuhkan minimal 2.000 kkal per hari. Nilai ini bisa berubah tergantung pada usia dan aktivitas fisik yang dilakukan setiap orang.

Dilansir dari nutrition.gov, kalori dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kalori kecil (kal) dan kalori besar (kkal). Kalori yang dimaksud dalam makanan sebenarnya adalah kilokalori. Satu kilokalori (1 kkal) sama dengan 1000 kalori kecil (1.000 kal).

Baca juga: 9 Langkah Pola Diet Sehat Menuju Hidup Selama Mungkin

Manfaat Kalori

Dengan tercukupinya jumlah kalori, tubuh dapat  melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya energi, seseorang akan merasa lemas dan tidak bertenaga untuk melakukan rutinitas hariannya.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa fakta tentang kalori.

  • Kalori sangat penting untuk kesehatan manusia. Kuncinya adalah mengkonsumsi dalam jumlah yang tepat.
  • Setiap orang membutuhkan jumlah energi yang berbeda setiap hari, tergantung pada usia, jenis kelamin, ukuran tubuh, dan tingkat aktivitas.
  • Orang-orang di Amerika Serikat mengonsumsi lebih dari 11 persen kalori per hari dari junk food.
  • Makanan tinggi energi tetapi rendah nilai gizinya memberikan kalori kosong.

Sementara itu, pria dan wanita dewasa disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan berikut ini:

  • Buah: apel, pisang, anggur, jeruk.
  • Sayur: bayam, brokoli, wortel, tomat, kentang.
  • Biji-bijian: oatmeal, crackers, pancakes, muffins.
  • Sumber protein: Telur, kacang, ikan salmon.
  • Lainnya: susu, keju, yogurt.

Baca juga: Penyakit Jantung dan Paru-Paru Semakin Mengancam, Ini Cara Mudah Jaga Kesehatannya

Pengertian Kalori Kosong

Kalori memang bermanfaat bagi tubuh. Namun, ada kalori yang justru membahayakan tubuh. Bahkan kalori ini adalah musuh bagi kesehatan. Kalori yang satu ini disebut kalori kosong.

Definisi kalori kosong adalah makanan dan minuman yang memiliki sedikit nilai gizi bahkan cenderung tidak mengandung serat, mineral, vitamin, dan antioksidan. Hal inilah yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit diabetes dan kegemukan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki kalori kosong:

  • Es krim
  • Donat
  • Kue kering
  • Tulang iga
  • Hot dog
  • Sosis
  • keju
  • Pizza

Baca juga: Tujuh Cara Ciptakan Metabolisme Tubuh Ideal

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Untuk itu, mari kita menghitung kebutuhan kalori yang diperlukan dengan konsep perhitungan kalori sebagai berikut:

  • BBI Berat Badan Ideal = (TB – 100) – (10% dari hasil TB – 100)
  • TB  = Tinggi badan (dalam cm)
  • BB  = Berat badan (dalam kg)
  • Pria = 30 kkal (standar perhitungan) x BBI
  • Wanita = 25 kkal (standar perhitungan) x BBI

Misalnya, seorang pria memiliki tinggi badan 160 cm dan berat badan 80 kg, maka perhitungannya sebagai berikut.

BBI = (160 – 100) – (10% x (160 – 100))

= 60 - (10% x 60)

= 54

KKB = 30 kkal x 54

= 1.620 kkal

Jadi, kebutuhan kalori untuk pria dewasa dengan tinggi 160 cm dan berat 80 kg adalah 1.890 kkal. Kalori yang cukup dan stabil akan membuat badan menjadi lebih sehat. Maka dari itu, Realfoodfam harus menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan.

 

Artikel lain terkait “menurunkan berat badan”

 

Sumber data:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kalori
  • https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/understanding-calories/
  • https://www.nal.usda.gov/fnic/what-difference-between-calories-and-kilocalories
  • https://www.fda.gov/media/112972/download
  • https://www.choosemyplate.gov/resources/MyPlatePlan
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/263028
  • https://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/adult_bmi/english_bmi_calculator/bmi_calculator.html

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars