Tujuh Cara Ciptakan Metabolisme Tubuh Ideal

30 Maret 2020
Cara Ciptakan Metabolisme Tubuh yang Ideal

Metabolisme merupakan proses konversi nutrisi pada makanan menjadi energi. Metabolisme yang ideal menciptakan kinerja dan fungsi sistem tubuh yang lancar. Metabolisme yang terganggu bisa mendatangkan masalah. Dari sesederhana tubuh yang melemah, gangguan berat badan, hingga terserang sakit penyakit.

Dengan 7 cara sederhana, kita dapat mengendalikan metabolisme. Mengendalikan di sini artinya membiasakan gaya hidup sehat sehingga metabolisme tubuh menjadi ideal.

1. Tidur Teratur

Tidur kurang dan tidak teratur menjadikan metabolisme tubuh berantakan. Jika sudah begitu obesitas, diabetes, dan sakit jantung jelas menanti. Karenanya, pastikan Realfoodfam mengatur waktu tidur, sebisa mungkin sama setiap harinya. Berikan waktu tidur selama 7 – 9 jam setiap malam. Jika kesulitan tidur, cobalah berolahraga dua atau tiga jam sebelum tidur, berendam atau minum air hangat.

2. Jangan Lupa Sarapan Pagi

Menurut Barbara Rolls, Ph.D. (Profesor Nutrisi dari Penn State University), sebagaimana dilansir dari Redbookmag.com, metabolisme kita berjalan lambat ketika tidur dan tidak akan meningkat sampai dengan makan lagi. Jadi, jika kita melewatkan sarapan, maka tubuh tidak membakar kalori sebanyak seharusnya sampai dengan waktu makan siang tiba.

Sebaiknya, sarapan dibiasakan dengan mengonsumsi 300 – 400 kalori per hari, dengan jenis makanan berserat tinggi dan karbohidrat secukupnya. Misalnya, roti gandum panggang dengan omelet putih telur dan sayuran segar.

3. Banyak Minum Air Putih

Hasil studi dalam Healthline.com menunjukkan adanya peningkatan metabolisme hingga 10 – 30% selama satu jam setelah minum 1/2 liter air. Untuk merasakaan manfaat minum air putih bagi tubuh, biasakan minum air putih sekurang-kurangnya 8 gelas per hari. Sebelum makan dan ngemil, minuman segelas air terlebih dahulu agar pencernaan tetap nyaman dan bisa lebih cepat kenyang.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

4. Rajin Olahraga

Menggerakkan tubuh dan mengeluarkan keringat melalui olahraga membantu membangkitkan sel-sel tubuh serta merangsang organ untuk bekerja. Dengan demikian, metabolisme pun berjalan lancar.

Khususnya untuk olahraga mengangkat beban, studi menyebutkan bahwa kita dapat membentuk otot dan mencegah penurunan metabolisme saat kehilangan berat badan.

Adapun beberapa kebiasaan olah tubuh ringan yang dapat Realfoodfam lakukan adalah lebih banyak berdiri dan berjalan kaki daripada duduk dan naik kendaraan, angkat beban (bisa dengan botol minum diisi air hingga penuh sebagai pengganti barbel), perenggangan otot, ataupun mencoba melakukan jumping jack.

5. Hindari Stres

Medicalnewstoday.com menyebutkan bahwa kondisi stres dapat mendorong tubuh memproduksi kortisol lebih tinggi dari biasanya. Kortisol yang terlalu tinggi menyebabkan gangguan kebiasaan makan.

Hal tersebut berujung pada keinginan untuk terus makan, tidak ingin makan, atau mungkin kebiasaan makanan yang tidak teratur.

Guna menghindari stres, sempatkan untuk meluangkan waktu menikmati hobi. Lakukan juga yoga atau meditasi. Dengarkan musik bernuansa alam atau pergilah traveling sejenak.

6. Diet Sehat

Apa saja yang kita makan akan meningkatkan metabolisme tubuh selama beberapa jam ke depan. Masalahnya, apakah semua makanan bisa membuat metabolisme menjadi baik?

Jawabannya tentu saja tidak. Ada beberapa makanan yang malah merusak sistem metabolisme tubuh. Untuk itu, Realfoodfam sebaiknya diet dengan lebih mengutamakan menu sehat pada makanan harian.

Diet sehat untuk metabolisme, paling utama adalah dengan mengonsumsi banyak protein, vitamin B, dan kalori secukupnya setiap kali makan. Dilansir dari Healthline.com, protein ini membantu meningkatkan metabolisme hingga 15 – 30%, jauh lebih tinggi daripada karbohidrat dan lemak. Protein juga membantu cepat kenyang sehingga tidak makan kebanyakan. Realfoodfam bisa mencoba makanan rendah kalori agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

7. Konsumsi Sarang Walet

konsumsi sarang walet
Menerapkan cara hidup sehat di mana metabolisme berjalan ideal, juga bisa dilengkapi dengan mengonsumsi sarang walet pada saat perut kosong (pagi atau malam) setiap hari. Manfaat sarang walet sangat banyak karena mengandung asam sialat yang mampu membantu menjaga daya tahan dan sistem metabolisme tubuh.

Realfoodfam bisa dapatkan manfaat ini dengan sangat praktis melalui program sehat 12 hari dari Realfood. Realfood hadirkan program sehat dalam 6 varian berbahan dasar sarang walet alami, tanpa pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Secara khusus, program bertajuk Royal Wellness ditujukan bagi siapa saja yang ingin metabolisme tubuhnya ideal sehingga tetap sehat dan kuat.

Berstandar ISO 22000 serta sudah tersertifikasi Halal dan BPOM, Realfood diawasi langsung oleh para ahli gizi dan nutrisi berpengalaman. Program Royal Wellness merupakan fully concentrated dengan kandungan sarang walet lebih banyak. Program ini pun sangat bagus untuk mereka yang tengah pemulihan pasca operasi maupun yang sakit maag.

Mari sehat bersama Realfood sejak hari ini!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars