cara mengurangi minyak di wajah

Pingin tahu cara mengurangi minyak di wajah? Cek 20 caranya di sini sekarang juga! 

1. Rutin Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Membersihkan wajah adalah salah satu cara mengurangi minyak di wajah. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan produksi minyak berlebih yang membuat wajah makin berminyak. Cukup bersihkan wajah di pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas. 

2. Pilih Pembersih Wajah untuk Kulit Normal

Coba cek pembersih wajahmu, apakah masih menggunakan pembersih wajah untuk kulit berminyak? Pembersih wajah untuk kulit berminyak biasanya mengandung bahan-bahan yang menyerap minyak seperti clay, charcoal, salicylic acid, bahkan scrub. Pilihlah pembersih wajah yang diciptakan untuk semua jenis kulit atau kulit normal, alias cukup membersihkan tanpa mengurangi minyak ataupun terlalu melembapkan. Cara mengurangi minyak di wajah ini cukup ampuh lho jika dilakukan secara rutin.

3. Mulai Membersihkan Wajah dengan Cleansing Oil 

Selama ini banyak orang percaya pada mitos bahwa pemilik kulit berminyak harus menghindari skincare dengan kandungan minyak sebagai salah satu cara mengurangi minyak di wajah. Padahal cara mengurangi kilap di wajah gak harus selalu dengan “mengeringkan” wajah kok! Justri membersihkan wajah dengan cleansing oil akan membantu membersihkan wajah dari kotoran yang larut di dalam minyak dan terutama di pori-pori lho! Pastikan kamu memilih cleansing oil yang cukup ringan dan tidak meninggalkan film atau lapisan minyak setelah dibilas ya.

4. Menggunakan Exfoliating Toner di Malam Hari

Nah, setelah membersihkan wajah, coba deh rutin menggunakan exfoliating toner. Exfoliating toner dengan kandungan BHA atau salicylic acid akan membantu menyeimbangkan pH alami kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari dalam pori-pori dan kulit. Penggunaan secara rutin akan membiasakan kulit untuk memproduksi lebih sedikit minyak dan tentunya cara mengurangi minyak di wajah ini juga ampuh mengurangi kemungkinan muncul jerawat baru! 

5. Lanjutkan dengan Hydrating Toner 

Tidak hanya menyeimbangkan pH kulit dan mengangkat sel kulit mati, penggunaan hydrating toner juga dapat membantu melembapkan kulit wajah yang dehidrasi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang salah kaprah dengan kulit berminyak. Kulit dehidrasi pun bisa menyebabkan produksi minyak yang berlebih sehingga mencegah kulit dehidrasi adalah cara mengurangi minyak di wajah yang juga sangat bermanfaat untuk kulitmu lho! 

6. Gunakan Serum Niacinamide 

Niacinamida atau Vitamin B6 adalah bahan aktif yang sering digunakan sebagai cara mengurangi minyak di wajah. Terutama jika mengandung Zinc PCA, niacinamida dapat mengatasi produksi minyak berlebih di wajah lho!

7. Pilih Pelembap Bertekstur Gel dengan Kandungan Gliserin

Kulit berminyak gak boleh pakai pelembap? MITOS! Justru pemilik kulit berminyak mendapatkan lebih banyak manfaat saat menggunakan pelembap, salah satunya sebagai cara mengurangi minyak di wajah karena wajah tidak dehidrasi. Nah, pilihlah pelembap bertekstur gel dengan kandungan gliserin yang akan melembapkan kulitmu tanpa kandungan minyak ataupun terasa lengket.

8. Pakai Pelembap Lebih Thick Di Malam Hari 

Kalau di siang hari pakai gel moisturizer yang ringan, di malam hari gunakanlah pelembap yang lebih thick untuk mencegah dehidrasi saat tidur terutama jika kamu tidur dengan pendingin ruangan. Mungkin cara mengurangi minyak di wajah yang satu ini terdengar aneh, tapi cobalah gunakan pelembap di malam hari dan lihat hasilnya esok pagi!

9. Jangan Skip Sunscreen dan Pilih Sunscreen yang Tepat

Sunscreen juga bisa menjadi momok bagi pemilih kulit berminyak karena kebanyakan sunscreen memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga membuat wajah tampak kusam. Well, coba deh pilih sunscreen dengan hasil akhir matte yang bisa menjadi cara mengurangi minyak di wajah juga! Biasanya sunscreen ini mengandung clay atau Titanium dioxide  lho! 

10. Rutin Gunakan Clay Mask Setiap Minggu 

Menggunakan clay mask sekali setiap minggu juga bisa menjadi cara mengurangi minyak di wajah lho. Clay mask akan menyerap kelebihan minyak sehingga wajah tampak halus dan lembut. Namun, pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan ya karena bisa merusak skin barrier!

11. Pakai Primer Sebelum Menggunakan Makeup 

Beralih ke makeup, pemilik kulit berminyak sebaiknya tetap menggunakan primer sebelum menggunakan makeup. Hal ini akan membuat wajah tampak lebih halus, makeup lebih tahan lama, sekaligus seagai cara mengurangi minyak di wajah. Pilihlah primer yang mudah meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Primer dengan kandungan silicone dapat menyamarkan tampilan pori-pori lho!

12. Pilih Foundation yang Oil-Free 

Apakah kamu salah satu orang yang merasa kusam setelah beberapa jam menggunakan foundation? Tidak hanya kusam karena oksidasi, foundation juga rentan tampak oranye lho! Pilihlah foundation yang oil-free atau bebas minyak untuk makeup yang tahan lama dan juga sebagai cara mengurangi minyak di wajah. Jangan lupa untuk menguji kandungan minyak di foundation kamu dengan cara menuangkan sedikit foundation di kertas dan diamkan selama 2 jam.

13. Gunakan Loose Powder 

Belum lengkap jika belum menggunakan loose powder. Cara yang satu ini memang ampuh mengurangi minyak di wajah sekaligus menahan minyak di wajah. Meskipun kamu tidak menggunakan foundation, sempatkanlah untuk menggunakan loose powder sebagai cara mengurangi minyak di wajah.

14. Skip Cream Makeup, Gunakan Powder Makeup 

Siapa yang suka menggunakan cream makeup? Memang sih, cream makeup itu memberikan kesan makeup yang lebih natural dan blended. Sayangnya cream makeup biasanya mengandung banyak minyak dan lilin yang tidak dapat menempel sempurna di wajah berminyak. Jika kamu suka sekali cream makeup, pilih cream makeup dengan base silicone ya. Cara ini bisa juga lho untuk mengurangi minyak di wajah saat menggunakan cream makeup.

15. Selalu Bawa Sebum Powder 

Berbeda dengan loose powder, sebum powder biasanya dikemas dalam kemasan kecil dan bubuk bedaknya putih. Saat diaplikasikan justru tidak memberikan warna apapun. Cara mengurangi minyak di wajah dengan sebum powder adalah dengan menepuk lembut wajah dengan sebum powder. Kamu juga bisa lho pakai di sekitar rambut agar tidak mudah lepek! 

16. Atau Bawa Blotting Paper

Selain sebum powder, cara mengurangi minyak di wajah paling instan adalah dengan menggunakan blotting paper atau kertas minyak! Pastikan selalu bawa ke mana pun kamu pergi ya!

17. Gunakan Face Mist 

Sudah tahu dong kalau kulit dehidrasi bisa menghasilkan minyak? Oleh karena itu salah satu cara mengurangi minyak di wajah pada kulit dehidrasi adalah dengan rutin menyemprotkan face mist agar wajah tetap lembap! 

18. Hindari Rambut terutama Poni dari Wajah 

Salah satu penyebab wajah tampak berminyak adalah karena rambut yang berantakan. Tahukah kamu bahwa bisa banget lho minyak dari kulit kepala pindah ke wajah gara-gara poni? Yuk, lakukan cara mengurangi minyak di wajah yang satu ini! Gunakan jepit atau segera ganti gaya rambut ya!

19. Hindari Makanan Pedas, Lemak, Coklat, dan Kacang-kacangan

Nah, yang satu ini bisa membantu tubuhmu menghasilkan lebih sedikit minyak di wajah. Makanan yang pedas, tinggi lemak, coklat yang tinggi gula, dan kacang-kacangan dipercaya dapat meningkatkan produksi minyak di wajah sehingga sebaiknya kamu menghindarinya sebagai cara mengurangi minyak di wajah. 

20. Gunakan Sleeping Mask yang Melembapkan

Cara mengurangi minyak di wajah yang satu ini cukup unik, yaitu dengan menggunakan sleeping mask di malam hari yang sangat melembapkan! Tidak perlu skincare lain, cukup pakai sleeping mask dan lihat hasilnya setelah beberapa lama menggunakan sleeping mask. Kulit menjadi lebih kenyal, terhidrasi, dan produksi minyak berkurang! 

Artikel Terkait Lainnya: