13 Langkah Mudah Melakukan Makeup Flawles yang Natural

29 Agustus 2020
Cara Melakukan Makeup Flawless

Tren makeup selalu mengalami perkembangan yang salah satunya kini mengarah pada makeup flawless. Makeup flawless merupakan salah satu teknik merias wajah yang bertujuan agar bisa tampil cantik secara natural.

Untuk kulit wajah yang kering dan berminyak, memiliki flek hitam, ataupun berpori-pori besar bisa menggunakan teknik ini. Namun, bagi mereka yang memiliki permasalahan jerawat ataupun adanya bekas luka, teknik makeup flawless sedikit kurang efektif. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menangani permasalahan tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakan makeup flawless agar wajah terlihat cantik alami? Yuk, cobain tips dari realfood.co.id.

1. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh Sebelum Menerapkan Makeup Flawless

Sebelum menggunakan makeup, Realfoodfam dianjurkan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun wajah, lalu keringkan dengan handuk. Mengapa harus membersihkan wajah terlebih dahulu? Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati sebelum penggunaan makeup.

2. Gunakan Pelembab atau Moisturizer 

Pelembab dapat berguna untuk melindungi kulit dan membuatnya tetap lembab. Namun, pemakaian pelembab juga tidak boleh sembarangan. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Kandungan SPF berkisar 15 - 30 SPF merupakan jumlah SPF yang ideal dalam pelembab agar terlindungi dari panas sinar matahari di iklim tropis.

Berdasarkan informasi dari Hellosehat, kulit berminyak sebaiknya menggunakan pelembab yang terbuat dari air. Untuk kulit kering disarankan menggunakan pelembab yang berbahan minyak. Untuk kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan pelembab yang terbuat dari bahan aloe vera.

3. Tambahkan Primer untuk Menutupi Pori-Pori

Oleskan primer pada permukaan kulit wajah secara merata. Cara ini dapat menutupi pori-pori dan kerutan halus pada wajah. Primer ini juga dapat membantu membuat riasan tampak lebih smooth karena struktur kulit yang telah terlapisi, serta membuat riasan jadi lebih awet.

4. Pilih Foundation yang Tepat

Oleskan alas bedak atau foundation dengan jari merata pada wajah untuk meratakan warna kulit dan menutupi ketidaksempurnaan kulit. Gunakan foundation yang sesuai dengan shade dan jenis kulit. Menurut penelitian dari Unnes.ac.id, foundation krim dibuat khusus untuk kulit kering. Sedangkan, foundation bubuk dikhususkan bagi mereka yang memiliki masalah kulit berminyak dan untuk kulit normal bisa menggunakan liquid foundation

5. Penggunaan Concealer untuk Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

Fungsi concealer ialah dapat menyamarkan noda hitam, bekas jerawat pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata. Warna concealer biasanya lebih cerah dari warna asli kulit karena berfungsi sebagai korektor yang mencerahkan bagian-bagian yang menggelap.

6. Gunakan Bedak Tabur yang Tahan Lama

Poles bedak pada seluruh area wajah dengan menggunakan kuas besar yang lembut. Fungsi bedak tabur adalah untuk meratakan warna kulit wajah sehingga shade bedak perlu disesuaikan dengan warna kulit supaya tampak natural.

7. Sesuaikan Blush On untuk Wajah Cerah Merona

Pilih warna-warna yang dapat meningkatkan kecerahan wajah sehingga terlihat lebih cerah dan merona seperti soft pink, ungu muda, orange ataupun warna pastel. Aplikasikan blush on di area apple of the cheek. Realfoodfam juga bisa mengikuti tren makeup ala Korea dan Jepang dengan mengaplikasikan blush on tepat di sekitar area bawah mata.

8. Rapikan Alis dengan Pensil Alis

Gunakan eyebrow kit untuk merapikan alis secara perlahan pangkal hidung hingga ke pelipis mata.  Gunakan pensil alis yang warnanya disesuaikan dengan warna rambut agar tampak natural dan tidak berlebihan.

9. Pilih Eyeshadow dengan Warna yang Netral

Eyeshadow ini dapat membuat mata lebih cerah dan indah dengan memadukan warna-warna pastel yang bersifat soft. Apabila menginginkan eyeshadow yang tahan lama bisa menggunakan eyeshadow primer terlebih dahulu.

10. Gunakan Eyeliner untuk Mata yang Lebih Tajam

Buat garis mata dengan eyeliner untuk tampilan mata yang lebih besar. Poleskan eyeliner tipis di area lipatan mata agar tidak terlalu mencolok. Untuk bagian ujungnya, kebanyakan orang-orang menggunakan bentuk puppy eyeliner atau cat eyeliner. Pilih eyeliner jenis waterproof agar tidak mudah luntur.

11. Gunakan Maskara untuk Melentikkan Bulu Mata

Pakai maskara untuk membuat bulu mata lebih lentik dan terlihat menonjol. Aplikasikan dengan menggunakan kuas maskara pada akar bulu mata sampai melewati bulu mata. Untuk hasil yang alami, pilih maskara yang memiliki fokus melentikkan bulu mata, bukan untuk menebalkan. Selain maskara berwarna hitam, Realfoodfam dapat memilih maskara bening yang berfungsi melentikkan, sehingga membuat efek bulu mata lentik dan lebih panjang, tanpa membuatnya tampak berat.

12. Gunakan Highlighter untuk Mendapatkan Kesan Glowing

Aplikasikan highlighter pada wajah, mulai dari bagian hidung, tulang pipi, dan dahi agar terlihat lebih glowing dan segar dengan menggunakan brush ataupun secara langsung dengan jari.

13. Sempurnakan Makeup Flawless dengan Warna Lipstik Cerah

Langkah terakhir, Realfoodfam bisa memilih warna lipstik bernuansa segar, seperti melalui pemilihan warna peach, pink, merah, coral, orange pop, mango, fruit punch, ataupun fuschia. Sebelum menggunakan lipstik, oleskan sedikit lip balm agar tekstur bibir tidak kering.

Bagaimana, jadi semakin ingin tampil dengan polesan makeup flawless? Yuk, share konten ini agar makin banyak yang tahu tentang cara menghasilkan makeup flawless, Realfoodfam!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars