Asam amino berperan penting dalam kesehatan tubuh, apalagi bagi Realfoodfam yang tengah menjalani program peningkatan massa otot. Pasalnya, asam amino bermanfaat untuk membantu program peningkatan massa otot menjadi lebih cepat dan efektif.

Namun, asam amino tidak hanya bermanfaat bagi otot saja, namun juga baik untuk hormon pertumbuhan, fungsi otak, serta pertumbuhan sel serta jaringan tubuh. Jika Realfoodfam penasaran apa itu asam amino, ragam jenis, dan juga fungsinya, berikut ini adalah ulasannya:

Apa Itu Asam Amino?

Di dalam tubuh, protein diperoleh dari berbagai macam makanan yang dikonsumsi, seperti ikan, telur, daging, dan juga ayam yang kemudian diolah melalui proses pencernaan dan metabolism. Kemudian, protein tersebut dipecah menjadi asam amino yang dibantu oleh berbagai macam enzim pencernaan dalam tubuh.

Setelah protein tersebut dipecah menjadi asam amino, zat ini akan diserap oleh jaringan usus dan dibawa ke organ hati melalui aliran darah vena porta. Lalu, disalurkan ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan asam amino tersebut.

Itulah mengapa asam amino disebut sebagai bagian terkecil dari struktur protein karena sudah dipecah melalui proses metabolisme. Dengan begitu, tubuh dapat menyerap dan menjalankan fungsi masing-masing organ pada tubuh.

Jenis-Jenis Asam Amino

Ada dua jenis asam amino, yaitu asam amino esensial dan asam amino non-esensial. Masing-masing asam amino ini terdiri dari beragam jenis lainnya dan pembentukannya dapat dilihat melalui tabel asam amino. Jika ingin tahu seperti apa penjelasan ragam jenis asam amino, simak ulasannya berikut ini:

1. Asam Amino Esensial

Ini adalah jenis asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi asam amino jenis ini, Realfoodfam perlu mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung asam amino esensial.

Pasalnya, jenis asam amino ini sangat penting untuk metabolisme tubuh. Adapun beberapa jenis makanan yang kaya akan asam amino esensial adalah ikan, susu, daging sapi, telur, daging kalkun, dan kacang-kacangan.

Ada 9 jenis asam amino esensial yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Phenylalanine
  • Histidine
  • Valine
  • Lysine
  • Threonine
  • Isoleucine
  • Tryptophan
  • Leucine
  • Methionine

2. Asam Amino Non-Esensial

Kebalikan dari asam amino esensial, jenis asam amino ini dapat diproduksi oleh tubuh manusia dengan menggunakan asam organik biasa. Meskipun begitu, jenis asam amino ini tidak dapat memenuhi kebutuhan asupan tubuh. Adapun jenis-jenis asam amino non-esensial adalah sebagai berikut:

  • Alanine
  • Tyrosine
  • Arginine
  • Serine
  • Asparagine
  • Proline
  • Aspartic acid atau asam aspartate
  • Glycine
  • Glutamine
  • Cysteine
  • Glutamic acid atau asam glutamate

Manfaat dan Fungsi Asam Amino

Pada dasarnya, asam amino memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan protein terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini adalah manfaat serta fungsi asam amino untuk kesehatan tubuh:

1. Perkembangan Otot

Salah satu fungsi asam amino yaitu dapat membantu perkembangan otot, terutama setelah menjalani olahraga ketahanan. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dimuat dalam Frontiers in Physiology.

Penelitian ini membuktikan bahwa suplemen BCAA (branched chains amino acids) dapat membantu meningkatkan fungsi otot. Meskipun begitu, Realfoodfam tidak dapat mengandalkan suplemen saja untuk membuat otot berkembang, melainkan perlu menjalankan pola makan sehat dan aktivitas fisik yang memadai.

2. Membantu Memulihkan Otot

Asam amino juga bermanfaat untuk membantu mempercepat pemulihan otot setelah olahraga. Hal ini sangat berguna bagi Realfoodfam yang kerap kali menjalani latihan berat.

Oleh karena itu, Realfoodfam bisa mencoba untuk mengkonsumsi suplemen BCAA setelah menjalani latihan yang intensitasnya tinggi kemudian beristirahat. Namun, efeknya akan bergantung pada seberapa parah kondisi yang dialami serta dosis yang digunakan.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Asam amino baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, beberapa jenis asam amino dipercaya dapat menjadi nutrisi penting dalam menjaga fungsi kardiovaskular. Jadi, jangan heran jika kekurangan beberapa jenis asam amino dapat berakibat pada disfungsi jantung.

4. Meningkatkan Stamina

Realfoodfam dapat mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asam amino agar terhindar dari rasa kelelahan. Selain itu, asam amino juga berfungsi untuk meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga kesehatan tubuh menjadi meningkat.

5. Mengatur Keseimbangan Enzim dan Hormon

Jika tidak ingin hormon dan enzim di tubuh menjadi kacau, jangan sepelekan asupan yang mengandung asam amino. Pasalnya, asam amino berguna untuk melepaskan insulin sehingga gula darah dapat terjaga.

Kemudian, dengan adanya hormone pertumbuhan, maka dapat membantu proses peningkatan massa otot, membantu proses pembakaran lemak dan energi, serta memperkuat tulang dan kolagen.

6. Membentuk Neurotransmitter

Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang dapat membantu mengirimkan sinyal diantara sel-sel otak. Pengiriman pesan yang dilakukan oleh neurotransmitter akan menjadikan otak dapat berfungsi dengan baik, membantu mengelola otomatis tubuh, serta meningkatkan dan menyeimbangkan sinyal di otak.

Selain mengkonsumsi makanan yang dapat memproduksi asam amino, bagi Realfoodfam yang sedang menjalani program pembentukan otot ataupun gym junkie, bisa mengkonsumsi Realfood Sporte. Ini adalah minuman suplemen dari Realfood yang kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino esensial (BCAA, EAA).

Realfood Sporte hadir dengan dua varian, yaitu Realpro Protein Boost dan RealMeals. Realpro Protein Boost tinggi akan protein yang bisa dijadikan sebagai asupan nutrisi tambahan dan untuk memenuhi protein harian.

Kandungan 25 gram proteinnya dapat membantu meningkatkan massa otot. Sporte Realpro Protein Boost juga dapat dijadikan sebagai sumber protein lengkap yang membantu meningkatkan tenaga untuk latihan yang tahan lama.

Bagi Realfoodfam yang sedang diet namun tetap ingin memenuhi protein dan nutrisi harian dengan alami dan praktis, bisa mencoba Realmeals. Sporte Realmeals dapat dijadikan sebagai pengganti makanan bergizi seimbang dan komplit yang tinggi akan serat pangan.

Dengan mengkonsumsi Realmelas, energi dan nutrisi akan diserap secara perlahan sehingga kenyang menjadi lebih lama. Realmelas juga tanpa gula tambahan sehingga cocok bagi Realfoodfam yang ingin mendapatkan berat badan ideal.

Artikel terkait Lainnya: