cara menghilangkan lemak diperut

Memiliki perut rata dan langsing merupakan dambaan banyak orang. Namun mendapatkannya memang bukan hal mudah dan tidak semua orang mau berkomitmen untuk memiliki perut langsing. Lemak diperut kerap membuat rasa percaya diri menurun. Karena hal ini juga mudah terlihat, terlebih bagi kamu yang sering menggunakan pakaian ketat. Nah, cara menghilangkan lemak di perut salah satunya adalah dengan melakukan latihan atau olahraga yang berfokus di otot perut. Tak hanya itu saja, kamu juga harus mengimbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat untuk membasmi lemak di perut. 

Tumpukan lemak di perut tak hanya soal diet dan menambah percaya diri lho, Realfoodfam. Menurut penelitian dari Healthline, lemak perut berhubungan dengan penyakit diabetes tipe II dan jantung. Kamu bisa loh memantau lemak di perut dengan mengukur lingkar pinggangmu sendiri. Jika kamu laki-laki dengan ukuran pinggang di atas 102 cm atau  perempuan dengan lingkar di atas 88 cm, kamu sudah bisa dinyatakan obesitas perut. Untuk itu, penting sekali mengetahui cara menghilangkan lemak perut. Berikut tips yang bisa kamu mulai lakukan sekarang: 

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Cara menghilangkan lemak di bagian perut yang bisa dicoba salah satunya dengan meingkatkan konsumsi makanan berserat. Misalnya sayuran, buah, dan biji-bijian. Dengan mengonsumsi makanan kaya lemak akan membuat perut kenyang lebih lama dan juga kebutuhan gizi harianmu terpenuhi. Tak hanya itu, energimu pun akan tahan beraktivitas seharian

Meningkatkan konsumsi serat juga bisa dengan makan Realfood Cleanse Appletox yang mengandung ekstrak apel, sarang burung walet, dan asam gelugur. Realfood Cleanse Appletox sangat baik dikonsumsi pagi atau malam hari setelah makan. Tak hanya itu, Realfood Cleanse Appletox bisa  membantu menutrisi pencernaanmu dan membantu pembentukan lemak berlebih. Cocok untuk membantu meningkatkan metabolisme dan mempertahankan berat badan

2. Lakukan Olahraga Rutin

Lakukan olahraga rutin selama 60 menit sebanyak minimal 3 kali dalam seminggu sebagai salah satu cara menghilangkan lemak perut. Bagi Realfoodfam yang sibuk, kamu bisa membaginya ke dalam sesi yang lebih singkat selama 15 menit setiap harinya. Kamu bisa power walk sambil menonton Youtube atau Netflix, atau berenang dan bersepeda. Pastikan untuk tetap selalu aktif agar tumpukan lemak diperut menghilang.

3. Lakukan Push Up dan Sit Up

Salah satu olahraga lain yang cukup efektif untuk menghilangkan lemak di perut adalah melakukan push up dan sit up. Selain bisa menghilangkan lemak, push up dan sit up juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menyeimbangkan ukuran tubuhmu lho. Tak heran banyak sekali orang yang ingin memiliki perut six pack rutin melakukan olahraga ini kan. 

4. Kurangi Kalori

Lemak di perut juga bisa hilang dengan kamu mengurangi asupan kalori sebanyak 500-1000 kalori per hari lho. Caranya batasi asupan makanan dan pilah menu yang mengandung banyak kalori seperti makanan manis. 

5. Tidur Cukup

Terdengar sepele dan sederhana, namun ternyata tidur cukup setiap harinya menjadi aspek dan tolak ukur kesehatan seperti berat badan. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur rentan mengalami penambahan berat badan dan memiliki timbunan lemak di perut ketimbang orang yang memiliki waktu tidur ccukup setiap harinya. 

6. Konsumsi Air Lemon

Buah lemon dikenal banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kulit dan juga pencernaan. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu fungsi hati dan membantu membakar lemak. Tak heran banyak orang yang menjalani program diet mengonsumsi air lemon untuk membantu menurunkan berat badan. Caranya kamu cukup minum perasan air lemon dengan air hangat di pagi hari sebagai salah satu cara menghilangkan lemak diperut. 

7. Konsumsi Lemak Sehat

Lemak memang kandungan yang diperlukan untuk tubuhm namun tidak semua lemak lho baik untuk tubuh. Misalnya lemak jenuh dan lemak trans yang dapat membahayakan jantung, dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk itu mulai sekarang pastikan lemak yang kamu konsumsi sehari-hari adalah lemak sehat. Kamu bisa mendapatkannya dari telur, kacang-kacangan, dan buah alpukat

8. Lakukan Olahraga Interval Intensitas Tinggi

Selain olahraga renang, jogging, dan push up, ada jenis olahraga lain yang sangat efektif sebagai cara menghilangkan lemak perut, yaitu HIIT (High Intensity Interval Training). Belakangan olahraga ini mulai naik daun karena dirasa efektif dan cepat untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di perut. Pada dasarnya olahraga HIIT ini memasangkan olahraga intens dengan periode aktivitas kurang intens untuk membakar kalori. Misalnya kamu dapat berjalan kaki selama 3 menit kemudian lari selama 30 detik. 

9. Cobalah Puasa Intermitten (Intermitten Fasting)

Cara terakhir yang bisa membantu menghilangkan lemak adalah dengan melakukan intermitten fasting sebagai salah satu metode penurunan berat badan. Pada dasarnya puasa intermitten adalah metode pola makan yang berputar antara periode makan dan periode puasa.  Pada beberapa orang metode ini cukup efektif dalam menurunkan berat

Itulah 9 cara menghilangkan lemak di perut yang bisa kamu coba mulai sekarang. Tidak ada alasan lagi untuk tidak percaya diri dan tidak mungkin melakukannya, karena beberapa cara bahkan tidak memerlukan banyak biaya dan waktu. Hanya dibutuhkan kemauan dan komitmen. Terus semangat ya, Realfoodfam!

Artikel Terkait Lainnya: