cara menghitung berat badan ideal

Berat badan ideal pasti jadi idaman semua insan, terutama di tengah gempuran standar kecantikan bak K-Pop idols yang langsing dan tampak “lean”. Tak hanya indah dipandang, berat badan ideal juga berhubungan erat dengan kesehatan pastinya. Pasalnya, memiliki berat badan berlebih atau overweight bahkan obesitas memiliki dampak yang sangat tidak baik untuk tubuh. Nah, penting untuk kamu mengetahui cara menghitung berat badan ideal supaya targetmu dalam diet itu lebih jelas!

Jika berlebihan itu tidak baik, kekurangan juga tidak baik. Terlalu kurus bahkan tidak memiliki otot memberikan dampak yang kurang baik juga untuk tubuh dan aktivitas sehari-hari. Tidak perlu berlebihan sehingga cara menghitung berat badan ideal bisa menjadi tahap pertama dalam mencapai kesehatan yang paripurna. 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk hitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus broca. Ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara penghitungan berat badan untuk pria dan wanita karena perbedaan komposisi tubuh, di mana pria memiliki massa otot lebih banyak daripada wanita. Dan wanita cenderung lebih memiliki lemak lebih tinggi. Berikut ini adalah rumusnya:

  • Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) - 100] - [(tinggi badan (sentimeter) - 100) x 10%] 
  • Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) - 100] - [(tinggi badan (sentimeter) - 100) x 15%] 

Misalnya untuk pria dengan tinggi badan 180cm, maka cara menghitung berat badan ideal adalah 

(180-100)-[(180-100)x10%] → 80 - 8 = 72. 

Maka berat badan ideal adalah 72 kilogram. Sedangkan untuk wanita dengan tinggi badan 165cm, maka cara hitungnya adalah

(165-100)-[(165-100)x15%] → 65 - 9,75 = 55,25. 

Sehingga perempuan dengan tinggi 165 cm akan dianggap ideal dengan berat badan 55 kilogram.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Body Mass Index (BMI) 

Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Berbeda dengan rumus Broca, BMI menggunakan usia untuk hitung berat badan ideal sehingga hanya bisa digunakan oleh seseorang yang sudah menginjak usia 20 tahun. Sayangnya, BMI ini banyak menimbulkan kontroversi bagi orang-orang yang bertujuan untuk membentuk massa otot karena BMI tidak mempertimbangkan massa otot. Semisalnya seorang atlet angkat beban dengan tinggi 170kg memiliki berat badan 80kg akan terlihat lebih ideal dibandingkan orang biasa dengan berat badan 80kg dan tinggi yang sama. Hal ini dikarenakan atlet memiliki lebih banyak massa otot daripada orang biasa.

Sebelum menghitung berat badan dengan kalkulator BMI, ada baiknya mengetahui fakta mengenai BMI terlebih dahulu: 

  • Angka BMI normal berada di kisaran 18.5 - 25
  • Jika BMI lebih dari 25 artinya berat badan berlebih 
  • Jika BMI di bawah 18 artinya berat badanmu kurang
  • Jika BMI melebihi 40 artinya kamu memasuki morbid obese dan butuh penanganan profesional

Cara menghitung: 

Berat badan ideal = berat badan (kilogram) : Tinggi badan (meter) 

Jika berat badanmu adalah 60kg dan tinggi badan 170 cm dan usiamu adalah 25 tahun, maka BMI kamu adalah: 

60 : (1,7)2 = 20,76 → 21

Berarti nilai BMI kamu adalah 21 dan termasuk di batasan berat tubuh ideal. Terlepas dari berapa persentase lemak, otot, tulang, air, dan glikogen di tubuhmu.

Well, paham kan kalau cara menghitung berat ideal seperti ini bisa jadi buah simalakama? Apa lagi buat kamu yang si gym junkie! Sejatinya berat badan bukan cuma lemak, tapi juga terdiri dari air, otot, tulang, dan glikogen. Maklum banget kalau kamu mau weight gain demi bikin otot, tapi bertabrakan dengan cara-cara menghitung berat ideal. Toh sebenarnya, tubuh yang berotot memiliki keseimbangan cairan yang lebih baik daripada yang berat badan ideal tapi tidak memiliki otot. 

Yuk, bantu bangun ototmu dengan Realfood Sporte! Produk tinggi protein untuk bangun otot ini terdiri dari 2 jenis: Realfood Sporte Realpro dan Realmeal. Realpro adalah supplement whey tinggi protein dengan sarang burung walet untuk membantu pertumbuhan massa otot saat dan setelah latihan. Sedangkan Realmeal adalah meal replacement dengan gizi komplit, cocok banget buat kamu yang pengen mendapatkan berat badan ideal tapi tetap menjaga massa otot. Realmeal ini gizinya diserap perlahan sehingga kenyang lebih lama lho dengan rasa coklat yang enak.

Kaya akan protein, vitamin, mineral, dan asam amino (BCAA, EAA) untuk bantu jaga massa otot–Realfood Sporte Real Pro terdiri dari tiga rasa: Vanilla, Strawberry, dan Chocolate yang BEBAS GULA! Jadi udah deh yuk, daripada mikirin cara menghitung berat badan ideal, mending kita bangun massa otot dengan Realfood Sporte!

Artikel Lainnya: