jam makan malam untuk diet

Tidak hanya menjaga porsi makan dan jenis makanan untuk dikonsumsi, kamu juga harus memperhatikan jam makan untuk diet terutama jam makan malam untuk diet. Pasalnya, waktu makan juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Tidak perlu menghindari makan malam, cukup pemilihan waktu makan malam yang tepat agar jam biologis tubuh bekerja dengan sempurna dan kamu bisa menurunkan berat badan dengan lebih optimal. Yuk, ketahui penjelasannya di sini! 

Waktu Makan Malam untuk Diet yang Benar 

Banyak ahli gizi yang berpendapat bahwa waktu makan malam terbaik selama diet adalah memberikan jeda dua hingga tiga jam sebelum tidur. Idealnya makan malam terakhir dilakukan pukul 6 - 7 malam. Hal ini bertujuan untuk mencegah makan malam berlebih saat malam dan menghindari tubuh memproduksi terlalu banyak hormon insulin. Jam makan malam untuk diet yang konsisten akan membantu memperbaiki jam biologis tubuh sehingga tubuh beristirahat setidaknya 12 - 14 jam sebelum kembali memproduksi hormon insulin. 

Hasilnya, tidur di malam hari akan terasa lebih nyenyak dan berkualitas. Ditambah tubuh mulai masuk ke mode “fat burning”. Tidur dengan kondisi perut kenyal karena jam makan malam untuk diet yang tidak diatur justru akan menurunkan kualitas dan durasi tidur secara signifikan sehingga tubuh terus menerus menghasilkan hormon kortisol. Jika dibiarkan terus menerus, justru berat badan bisa makin naik lho! 

Bahkan ada sebuah studi yang dipublikasikan di U.S National Library of Medicine menyebutkan bahwa makan di malam hari ketika otak sudah bersiap untuk tidur sangat tinggi kaitannya dengan peningkatkan lemak pada tubuh–semua karena hormon insulin dan kortisol! Tubuh yang harusnya beristirahat dan beregenerasi justru masih mengolah makanan. Itulah pentingnya mengatur jam makan malam untuk diet yang benar

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Di Makan Malam

Meskipun sudah mengatur jam makan malam untuk diet dengan benar, kamu juga harus memperhatikan makanan yang akan kamu santap di makan malam ya! Ini dia beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu jadikan menu makan malammu saat diet: 

1. Ikan Salmon

Tinggi akan protein dan lemak sehat seperti omega 3 yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Cocok sekali dimasak pan-seared atau dipanggang tanpa arang untuk menghindari kerusakan omega 3. 

2. Sayur Hijau 

Sayuran hijau seperti selada, bayam, kale, brokoli, tomat, sangat baik untuk dikonsumsi di waktu makan kalam karena kandungan serat dan air yang tinggi. Bahkan sayuran hijau mengandung antioksidan alami seperti vitamin A, vitamin C, dan astaxanthin. 

3. Telur 

Kaya akan gizi seperti protein, kolin, lemak, dan vitamin D, mengonsumsi telur di malam hari akan membuatmu kenyang lebih cepat tanpa mengonsumsi banyak protein lho!

4. Kacang-kacangan

Beragam jenis kacang seperti kacang merah mengandung protein yang tinggi sehingga membantu memberikan rasa kenyang. Namun, jangan dikonsumsi terlalu banyak karena bisa menyebabkan flatulensi alias kentut-kentut hahahaha! 

5. Buah Beri 

Mungkin kamu pernah dengar kalau mengonsumsi buah di malam hari itu tidak baik, nah, kecuali buah beri yang rendah gula–kamu bisa banget lho mengonsumsi buah beri karena kaya akan antioksidan! 

6. Tempe & Tahu 

Kalau yang satu ini jelas protein nabati yang lebih rendah kalori tapi tetap kaya akan protein. Bisa banget nih kamu jadikan lauk alternatif.

Nah, setelah mengatur jam makan malam untuk diet dan makanan apa yang bisa kamu konsumsi, kamu juga bisa menambahkan Realfood Cleanse Passion Power sebelum kamu makan. Minuman serbuk rasa markisa ini membantu menyehatkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan serat harian dengan 5 enzim (amylase, protease, diastase, lipase, dan invertase) dari 12 buah dan rempah. Selain itu juga mengandung prebiotik dari sarang burung walet sebagai makanan dari microflora di usus. Jadi kamu gak akan kesulitan buang air besar saat diet. Oh iya, tenang aja karena Realfood Cleanse Passion Power ini bebas gula! Konsumsi 2 sachet sehari akan membantu memberikan rasa kenyang jadi gak makan berlebihan nih.

Artikel Terkait: