Anggur

Anggur punya banyak warna, ada yang berwarna hijau, keunguan, merah dan hitam. Rasanya memang sedikit asam namun tetap masih ada manisnya, membuat banyak orang suka dengan buah anggur. Tak hanya menyegarkan, anggur pun punya banyak manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasan secara lengkapnya:

Anggur merupakan buah yang dapat untuk Realfoodfam makan dengan banyak cara. Realfoodfam bisa memakan buah ini secara langsung, dibuat sebagai minuman jus, dibuat agar-agar hingga dijadikan sebagai kismis. Selain itu, anggur punya kandungan gizi baik bagi tubuh. Kandungan-kandungan tersebut seperti protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin C dan beberapa kandungan baik lainnya. 

Lalu apa saja manfaat buah anggur? Baik anggur merah ataupun anggur hitam, apa manfaat-manfaatnya? Nah, jika Realfoodfam ingin mengetahui berbagai manfaat tersebut, bisa untuk menyimak pembahasan di artikel ini sampai selesai!

Berbagai Macam Manfaat dari Buah Anggur

1. Cegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab dari kematian terbanyak di dunia. Pada artikel yang diterbitkan oleh National Library of Medicine dijelaskan jika kandungan resveratrol pada buah anggur bisa untuk membantu dalam mencegah pertumbuhan dari sel kanker di dalam tubuh. Resveratrol merupakan salah satu jenis dari antioksidan yang dapat untuk memperlambat pertumbuhan dari sel tumor dan kanker. Terutama kanker lambung, hati, payudara, serta getah bening. Selain itu, resveratrol di dalam anggur pun baik untuk halau radiasi yang berbahaya, seperti UVA dan UVB. Paparan radiasi itu mempunyai risiko menjadi penyebab kanker kulit.

Walaupun begitu, masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan dengan cakupan lebih luas untuk pastikan manfaat dari buah anggur ini. 

2. Membantu Lawan Penuaan Dini

Selain mengandung resveratrol, buah anggur juga kaya kandungan antioksidan yang lainnya seperti rutin dan quercetin. Antioksidan-antioksidan tersebut mempunyai fungsi tangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas bisa sebabkan kerusakan sel, DNA, protein, dan gangguan keseimbangan tubuh. Kerusakan sel ini bisa untuk sebabkan penuaan dini. Gejala yang dialami antaranya rambut beruban, kulit keriput, hingga tulang keropos. 

3. Jaga Kesehatan Otak

Tahukah Realfoodfam jika anggur punya manfaat tingkatkan daya ingat serta suasana hati? Frontiers in Pharmacology melakukan suatu penelitian selama 12 minggu pada 111 lansia. Masing-masing lansia diberikan 250 mg anggur tiap harinya. Hasilnya, kemampuan Bahasa, kognitif, serta daya ingat lansia dapat meningkat dibandingkan yang sebelumnya.

Kesehatan otak yang meningkat karena kandungan dari resveratrol pada buah anggur mampu untuk melancarkan peredaran darah ke otak. Otak sendiri memerlukan darah untuk menjadi sumber oksigen serta zat gizi supaya dapat berfungsi secara baik. 

4. Turunkan Risiko Penyakit Diabetes

Manfaat buah anggur hitam adalah mampu turunkan risiko diabetes. Kandungan resveratrol yang ada di dalam anggur hitam mempunyai peran yang besar bagi kesehatan, yaitu salah satunya turunkan risiko diabetes. Kandungan resveratrol diketahui dapat tingkatkan sensitivitas insulin. 

Pada akhirnya, manfaat buah anggur untuk kesehatan ini akan tingkat kemampuan dari tubuh untuk atur glukosa sehingga turunkan kadar gula darah. Senyawa itu pun mampu tingkatkan jumlah reseptor glukosa membran sel serta mempunyai khasiat membantu dalam mengatur kadar gula darah di tubuh. 

5. Lindungi Jantung 

Manfaat buah anggur selanjutnya adalah lindungi jantung. Manfaat buah anggur merah ini karena adanya kandungan flavonoid yang sudah terbukti ampuh dalam lindungi jantung dari penyakit. Kandungan flavonoid cegah timbulnya gumpalan darah serta oksidasi, dan kurangi risiko sakit jantung. 

Tak hanya daging anggur saja yang bermanfaat, ekstrak dari kulit buah anggur merah pun mempunyai khasiat untuk tingkatkan kinerja dari pembuluh darah, setelah dipakai 30 hari. 

6. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Perubahan dari hormone yang terjadi ketika kehamilan bisa untuk membuat imunitas dari tubuh menurun, sehingga ibu hamil lebih mudah dan rentan untuk kena infeksi. Maka dari itu, ibu hamil perlu asupan makanan secara tepat, anggur merupakan salah satu di antaranya.

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil adalah dapat membantu di dalam meningkatkan imunitas tubuh. Itu karena terdapat kandungan vitamin C di dalamnya. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan jika beberapa senyawa aktif pada anggur pun terbukti mampu untuk lindungi tubuh dari bakteri dan infeksi virus. 

Nah, itulah beberapa manfaat buah anggur bagi tubuh. Dengan banyaknya manfaat tersebut, tentunya membuktikan buah anggur sangat baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Realfoodfam bisa juga selain konsumsi anggur secara teratur, menambahnya dengan minuman kesehatan, seperti minuman sarang burung walet yang tak kalah banyak khasiatnya. Dengan begitu, tubuh akan terjaga kesehatannya.