daun ubi jalar untuk ibu hamil

Ubi jalar tidak hanya bisa dikonsumsi umbinya tetapi juga daunnya. Selain rasanya yang lezat jika diolah, daun ubi jalar juga kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh, terutama untuk ibu hamil. Lalu, apa saja manfaat daun ubi jalar tersebut? Yuk, simak informasinya berikut ini:

Kandungan Nutrisi Daun Ubi Jalar

Sebelum membahas khasiat daun ubi jalar, tidak ada salahnya jika Realfoodfam mengetahui kandungan nutrisinya. Kandungan nutrisi yang paling menonjol dari daun ubi jalar adalah seratnya. Selain itu, daun ubi jalar juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein.

Kandungan antioksidan dan asam amino juga ada pada daun ubi jalar. Sementara itu, vitamin B2 atau kandungan riboflavin juga banyak ditemukan pada daun ubi jalar. Secara lebih rinci, kandungan nutrisi  yang terkandung pada 35 gram daun ubi jalar adalah sebagai berikut:

  • 3,09 gram karbohidrat
  • 1322 IU vitamin A
  • 3,8 mg vitamin C
  • 0,87 gram protein
  • 27 gram kalsium
  • 0,34 mg zat besi
  • 1,9 gram serat
  • 105,8 mikrogram vitamin K

Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kehamilan

Dari berbagai kandungan nutrisi tersebut, ubi jalar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil. Berikut ini adalah manfaat yang dapat diperoleh bagi ibu hamil dari daun ubi jalar:

1. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Meskipun wajar, morning sickness dapat menimbulkan ketidaknyamanan sehingga kerap kali menghambat aktivitas ibu hamil. Daun ubi jalar dipercaya dapat mengurangi gejala morning sickness karena adanya kandungan vitamin B6 yang dapat membantu mengatur metabolisme tubuh.

2. Membantu Perkembangan Janin

Adanya kandungan vitamin B2 atau riboflavin pada daun ubi jalar mampu mengoptimalkan tumbuh kembang janin selama kehamilan. Pasalnya, riboflavin berperan penting dalam pertumbuhan janin dalam kandungan  karena mendukung perkembangan saraf, tulang, dan otot bayi.

3. Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil

Semakin tua usia kehamilan, risiko gangguan pencernaan seperti konstipasi akan semakin meningkat. Untuk mengantisipasinya, dapat mengkonsumsi daun ubi jalar karena adanya kandungan serat yang cukup tinggi sehingga pencernaan menjadi lancar.

4. Membantu Mengontrol Berat Badan Ibu Hamil

Ibu hamil cenderung mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Namun, agar tidak menjadi obesitas dan mengancam kesehatan ibu hamil dan janin, maka setiap ibu hamil perlu mengontrol berat badan.

Cara alami untuk mengontrol berat badan bagi ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi daun ubi jalar. Pasalnya, daun ubi jalar mengandung serat yang tinggi dan ampuh untuk menjaga rasa lapar serta memperlancar pencernaan dalam tubuh.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil. Jika ibu hamil sehat, maka janin yang dikandung pun akan terjaga kesehatannya.

Efek Samping Daun Ubi Jalar

Meskipun kaya akan manfaat, namun daun ubi jalar memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi dalam kondisi tertentu. Beberapa efek samping dari daun ubi jalar adalah sebagai berikut:

1. Menyebabkan Mual dan Muntah

Tingginya kandungan vitamin A pada daun ubi jalar dapat menyebabkan mual dan muntah apabila dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, proses pelarutan vitamin A membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama sehingga jika dikonsumsi terus menerus maka kadar vitamin A dalam tubuh akan semakin banyak.

2. Berbahaya Bagi Penderita Masalah Ginjal

Daun ubi jalar dapat meningkatkan kadar kalium, sehingga perlu dihindari oleh penderita ginjal. Hal ini karena penderita ginjal perlu menghilangkan kelebihan kalium dari darah.

3. Menyebabkan Komplikasi pada Penderita Hipertensi

Umumnya penderita penyakit hipertensi akan mengkonsumsi obat penghambat beta yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi daun ubi jalar bagi penderita hipertensi karena obat yang dikonsumsi tersebut menyebabkan kadar kalium meningkat dan dapat menimbulkan komplikasi.

Selain mengkonsumsi daun ubi jalar dalam jumlah wajar, untuk memenuhi nutrisi ibu hamil, cobalah untuk mengkonsumsi program Realfood Wonder Mom. Dengan formulasi fully concentrated sarang burung walet dan asam folat, mampu membantu perkembangan dan pertumbuhan janin dan membantu mengurangi resiko cacat lahir pada bayi.

Kandungan asam folat yang tinggi juga dapat berperan dalam pembentukan sel darah merah sehingga mencegah anemia pada ibu hamil. Jika tertarik untuk mengkonsumsi Realfood Wonder Mom, disarankan setelah kehamilan trimester pertama.

Artikel Terkait Lainnya: