manfaat mandi air dingin

Apakah Realfoodfam termasuk yang suka mandi dengan air dingin? Kabar baik nih untuk kamu, karena ternyata manfaat mandi air dingin banyak sekali loh untuk tubuh. Mandi dengan air dingin di pagi hari sebelum melakukan aktivitas tentunya sangat menyegarkan dan membuat mood di pagi hari meningkat. Dilansir dari Medical Daily, mandi air dingin dapat memperbaiki sirkulasi darah hingga pemulihan nyeri otot. WHO menetapkan bahwa suhu normal adalah 36,5-37,5 derajat celsius. Suhu air dingin sendiri dikatakan ideal dengan kisaran 21 derajat celsius. Jika suhu tubuh Realfoodfam dalam kondisi normal, ada baiknya kamu mandi dengan menggunakan air dingin karena air dingin dapat membantu mengecilkan pori-pori tubuh.

Namun jika suhu tubuhmu sedang tinggi atau sedang demam, sebaiknya kamu justru mandi dengan menggunakan air hangat. Suhu tubuh yang panas kemudian dikombinasikan dengan mandi air hangat dapat membantu mengeluarkan uap dari pori-pori tubuh yang terbuka dan mempercepat penyembuhan. Lantas sebenarnya apa saja sih manfaat mandi air dingin untuk kesehatan? Berikut 5 alasan kenapa kamu harus mandi dengan air dingin: 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata manfaat mandi air dingin dapat membantu menguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuhmu. Karena pada saat mandi air dingin, tubuhmu memproduksi protein-protein yang diperlukan oleh sistem imun tubuh untuk melawan virus. Pada guyuran pertama, biasanya jantung memompa darah ke seluruh tubuh, tak heran biasanya kita merasakan kaget saat baru mulai mandi. Bahkan dalam studi yang dilakukan pad atahun 1994, ditemukan penurunan drastis terhadap kadar asam urat selama terkena paparan terhadap air dingin. 

Selain mandi dengan air dingin, kamu juga bisa loh meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi Program 12 Hari Realfood Pure Wellness yang mengandung sarang burung walet. Realfood Pure Wellness menggunakan pemanis alami dari daun stevia, dan tidak menggunakan pemanis dan pewarna buatan. Sehingga aman dikonsumsi siapapun bahkan penderita diabetes sekalipun. Konsumsi 1 jar tiap hari di pagi atau malam hari sebelum makan untuk mempercepat penyerapan. 

2. Kulit Kencang dan Awet Muda

Selain menggunakan skincare, kamu juga bisa loh membuat kulit tetap kencang dan awet muda dengan mandi air dingin. Karena air dingin dapat merangsang otot di pori-pori sehingga kulit lebih kencang dan awet muda

3. Mempercepat Pemulihan Nyeri Otot dan Pegal Linu

Selain kedua poin diatas, manfaat mandi air dingin lainnya adalah untuk mengurangi nyeri otot dan pegal linu. Biasanya sehabis beraktivitas seharian atau melakukan olahraga, tubuh akan merasa nyeri otot. Dengan mandi air dingin dapat mengurangi keluhan tersebut karena sifat regeneratifnya yang dapat menenangkan otot yang nyeri. 

4. Meningkatkan Endorfin 

Siapa sangka mandi air dingin dapat meningkatkan endorfin pada tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Commonwealth menunjukkan bahwa mandi air dingin berguna untuk mengaktifkan kinerja sistem saraf simpatik, meningkatkan kadar noradrenalin dan beta-endorfin. Selain itu juga bisa mengurangi gejala depresi.

5. Meringankan Stress

Membasahi tubuh dengan air dingin dapat membantu peningkatan toleransi tubuh terhadap stres, secara fisik dan mental. Sehingga Realfoodfam menjadi lebih kuat terhadap stress. Dalam sebuah penelitian diamati bahwa 10 orang yang secara teratur mandi dengan air dingin memiliki sistem penyesuaian tubuh terhadap rasa stress dan menunjukkan ketahanan tubuh terhadap serangan stress. 

Meskipun manfaat mandi air dingin banyak sekali untuk tubuh, namun hal ini mungkin tidak bisa dilakukan setiap saat dan juga oleh setiap orang. Kenali kondisi tubuhmu sebelum mandi dengan air dingin, jika kamu sedang demam ada baiknya untuk mengganti metode mandi air dingin dengan mandi air hangat agar demam segera turun.

Artikel Terkait lainnya: