masker mugwort

Belakangan banyak sekali produk skincare bermunculan dengan menggunakan bahan asli dari Korea, salah satunya adalah mugwort yang belakangan banyak muncul. Salah satunya dalam bentuk masker mugwort. Tanaman herbal dari Korea Selatan ini dipercaya dapat membantu penyembuhan pada masalah kulit karena memiliki sifat antibakteri, dan pelindung kulit. Menurut Journal Molecules, tanaman ini memiliki fungsi sebagai humektan, pelindung kulit, dan bahkan sebagai wewangian. Mugwort atau yang biasa dikenal sebagai artemisia pertama diperkenalkan oleh brand skincare Korea Selatan. Di negara asalnya, mugwort banyak dimanfaatkan sebagai  bahan makanan, spa, hingga masker mugwort. 

Baca Juga: Bikin Mulus! Ini Dia 7 Jenis Masker Wajah untuk Kulitmu

Manfaat Masker Mugwort untuk Kulit Wajah

  • Melembabkan Kulit

Jika Realfoodfam memiliki masalah kulit kering, kamu bisa mengaplikasikan manfaat masker mugwort karena mampu membantu menjaga kelembapan kulit. Hal ini karena kandungan vitamin E yang ada dalam mugwort, yang berfungsi sebagai antiinflamasi dan mampu menajga kesehatan kulit. Vitamin E juga dapat membantu melawan radikal bebas akibat paparan sinar UV dengan kandungan antioksidan didalamnya. 

  • Mencegah Munculnya Jerawat

Selain mengandung vitamin E, mugwort juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah munculnya bakteri, dan jamur. Bakteri dan jamur ini dapat menyebabkan munculnya komedo atau jerawat. Selain itu, infeksi bakteri juga dapat memperlambat penyembuhan jerawat. Kamu bisa menggunakan masker mugwort untuk membantu mencegah munculnya jerawat di wajah. 

  • Merangsang produksi kolagen

Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen dalam kulit akan menurun. Salah satu manfaat lainnya adalah merangsang produksi kolagen pada kulit. Menggunakan masker mugwort secara rutin dapat meningkatkan kadar kolagen di kulit dan membantu mencegah penuaan dini. 

Baca Juga: Masker Rambut Alami untuk Berbagai Keluhan, 6 Bahan Ini Bisa Kamu Coba Di Rumah

Selain menggunakan masker berbahan mugwort, Realfoodfam juga dapat mengonsumsi Fit With Realfood Forever Bright untuk membantu menjaga kadar kolagen di kulit dan juga membantu mencerahkan wajah. Realfood Forever Bright mengandung sarang burung walet, kolagen, dan niacinamide yang dapat membantu merawat kulit dari dalam. Kamu bisa mengonsumsinya pagi hari sebelum makan atau malam hari sebelum tidur untuk membantu mempercepat penyerapan kandungan yang ada didalamnya. 

  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Manfata masker mugwort lainnya adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bagi Realfoodfam yang sering aktivitas di luar ruangan, bisa mengaplikaskan masker mugwort 1 kali seminggu untuk membantu kulit agar tetap sehat walau kerap terpapar sinar matahari. 

  • Memberikan nutrisi pada wajah

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada tanaman mugwort dibutuhkan kulit untuk menjaga nutrisi kulit dari dalam dan berfungsi sebagai pelindung kulit. Mugwort dapat melembapkan dan membantu meredakan kemerahan pada kulit akibat iritasi. 

  •  Membersihkan pori-pori

Menggunakan masker mugwort secara rutin dapat membantu membersihkan pori-pori dan menghindari munculnya bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, pori-porimu juga bisa terlihat lebih kecil lho, Realfoodfam!

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit yang Perlu Kamu Coba!

Cara Menggunakan Masker Mugwort

Setelah mengetahui berbagai manfata amsker mugwort untuk kulit wajah, kamu juga perlu mengetahui tahapan atau cara penggunaan masker mugwort agar tidak menimbulkan efek negatif pada kulit. Berikut adalah cara mengaplikasikan masker mugwort yang bisa kamu tiru di rumah!

  • Pastikan wajah bersih. Bersihkan wajah dengan air dan sabun wajah sebelum menggunakan masker. 
  • Oleskan masker mugwort secara merata pada kulit wajah. Tidak perlu mengoleskan masker terlalu tebal, pastikan agar aplikasi masker merata pada seluruh bagian wajah. 
  • Diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas perlahan dengan air. Kamu juga bisa membilasnya menggunakan air hangat
  • Setelah selesai, kamu bisa melengkapi tahapan skincaremu dengan menggunakan pelembap atau moisturizer untuk mengembalikan kelembapan wajah. 

Pastikan untuk tidak membiarkan masker mugwort terlalu lama di kulit ya, Realfoodfam. Karena hal ini justru dapat memicu jerawat. Pastikan untuk membilasnya sebelum 15 menit, dan jangan biarkan residu masker tersisa yang dapat menyebabkan jerawat. Tak hanya itu, jika setelah menggunakan produk masker mugwort lalu kulit memerah atau gatal, segera hentikan pemakaian masker dan bilas dengan air bersih atau air hangat. Jika efek samping tak kunjung hilang, kamu bisa mengonsultasikan dengan dokter ahli kulit.