manfaat susu kedelai

Susu kedelai tidak hanya enak, tapi juga kaya akan manfaat untuk wanita. Tidak jarang, susu kedelai dikonsumsi dari usia dini hingga dewasa karena mengandung segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Yuk, kita cari tahu nilai gizi dari 100 gram kacang kedelai.

Per 100 gram kacang kedelai, terdapat 150 - 170 kkal dengan nilai gizi spesifik sebagai berikut: 

  • 10 gram protein
  • 13 - 14 gram karbohidrat 
  • 5 gram lemak
  • 3,5 - 5 gram serat 
  • 100mg kalsium
  • 8 mg seng
  • 850 - 900 mg kalium
  • 500 IU vitamin A

Kebayang dong kandungan gizi dari susu kedelai yang bermanfaat untuk wanita. Selain itu, kacang kedelai juga secara alami kaya akan antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, asam folat, zinc, dan omega 3 & 6. Yuk, kita lihat 8 manfaat susu kedelai untuk wanita yang wajib kamu tahu! 

1. Meredakan Nyeri Haid 

Manfaat susu kedelai untuk wanita yang pertama adalah meredakan nyeri haid karena mengandung antioksidan isoflavon untuk meringankan nyeri haid terutama karena ketidakseimbangan hormon. Selain itu juga membantu mengurangi perut kembung, sakit kepala, dan jantung berdebar saat haid.

2. Meringankan Gejala Menopause

Manfaat susu kedelai untuk wanita selanjutnya mungkin belum kamu jalani saat ini, tetapi saat nanti mencapai usia menopause. Wanita mengalami sejumlah perubahan pada tubuh seperti hot flush atau kegerahan yang berlebihan, sulit tidur, vagina kering, dan sangat sensitif sehingga mudah tersinggung. Susu kedelai sendiri kaya akan isoflavon yang bekerja seperti phytoestrogen ini bekerja seperti hormon estrogen pada manusia sehingga mampu mengurai gejala menopause yang menyebabkan ketidaknyamanan.

3. Menjaga Kesehatan Otak 

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah menjaga kesehatan otak karena kaya akan omega-3 yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Konsumsi susu kedelai tidak hanya bagus untuk wanita tapi juga untuk pria dan anak-anak lho!

4. Menurunkan Risiko Kanker Payudara 

Konsumsi susu kedelai juga bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara lho. Manfaat susu kedelai yang satu ini ada berkat kandungan protein dan antioksidan di dalamnya. Bahkan penderita kanker pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai, terutama kedelai organik.

5. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Manfaat susu kedelai yang satu ini disebabkan oleh kandungan serat dalam kacang kedelai. Alih-alih serat larut yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Terutama untuk wanita, manfaat susu kedelai yang satu ini diperkaya dengan kandungan phytoestrogen lho!

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat susu kedelai untuk wanita juga bisa dirasakan di berat tubuh lho! Kalorinya yang lebih rendah daripada susu sapi, terutama pada susu kedelai tanpa tambahan gula. Padahal, susu kedelai kaya akan protein. Cocok banget nih untuk pengganti camilan atau sarapan pagi.

7. Alternatif Sehat yang Murah dan Mudah Ditemukan

Manfaat susu kedelai yang satu ini bukan cuma untuk kesehatan tapi juga untuk kesehatan finansial, haha! Susu kedelai cenderung memiliki harga lebih murah dan mudah ditemukan daripada susu plant-based lainnya seperti: almond, mete, kelapa, oat, atau hazelnut. Buat kamu yang lactose intolerant, susu kedelai gak cuma kaya manfaat tapi juga bisa jadi alternatif pertama yang paling masuk akal! 

8. Menjaga Kekencangan Kulit 

Para wanita di Taiwan rutin mengonsumsi susu kedelai karena manfaat susu kedelai untuk menjaga kekencangan kulit dan menunda proses penuaan. Adanya senyawa aglycones untuk meregenerasi sel-sel kulit.

Nah, sudah tahu dong manfaat susu kedelai untuk wanita yang bisa kamu dapatkan mulai dari sekarang. Yuk, tunjang manfaat susu kedelai ini dengan konsumsi Program 12 Hari Realfood NEW Forever Young yang mengandung semi-concentrated bird’s nest! Sarang burung walet sendiri kaya akan asam sialat dan Epidermal Growth Hormone untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan terutama kulit. Diperkaya juga dengan #TripleActionCollagen yang akan memenuhi kebutuhan kulit dan kaya akan protein. Cocok banget deh mengawali hari dengan Realfood Forever Young sebelum sarapan, lalu sarapan dengan susu kedelai yang kaya akan manfaat! 

Artikel Terkait Lainnya: