diet mediterania

Menurunkan berat badan melalui program diet merupakan salah satu hal yang banyak ditempuh orang yang ingin memiliki badan ideal. Setelah diet keto, intermitten fasting, ada juga metode diet lain yakni diet mediterania yang mungkin bisa kamu coba. Pada dasarnya diet mediterania adalah program diet yang lebih fokus pada asupan makanan seperti sayur,  biji-bijian, dan lemak sehat. 

Diet yang berasal dari daerah Italia dan yunani ini dipercaya sebagai salah satu diet yang tersehat selama puluhan tahun. Hasil temuan pada orang di kawasan Mediterania yang menjaga asupan makanan dan ditemukan bahwa penyakit kardiovaskuler di daerah tersebut cenderung sedikit. Itulah asal muasal diet dari kawasan Mediterania yang mampu menjaga berat badan, dan juga konon menjauhkan kita dari penyakit kronis. 

Ingin mencoba diet ini agar lebih sehat? Berikut cara melakukan diet mediterania agar tetap efektif menurunkan berat badan: 

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Cara melakukan diet mediterania salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah sekitar 5-8 porsi sehari. Pastikan sayuran dalam tiap menu makan sebanyak setengah piring. Selain itu kamu juga bisa konsumsi biji-bijian, pasta, atau roti gandum yang dikenal sehat dan baik untuk tubuh. 

Ngemil Sehat

Dalam menjalankan diet yang stau ini, usahakan untuk mengganti cemilan dengan opsi yang lebih sehat seperti kacang-kacangan, buah berry, greek yogurt dan granola, atau apel dan slai kacang. Selain enak, cemilan tersebut juga sangat baik untk tubuh

Hindari Lemak Tak Sehat

Saat menjalani diet mediterania, kamu perlu menghindari lemak tak sehat atau lemak jenuh dan lemak trans. Cara mudahnya kamu bisa mengganti minyak goreng sawit dengan minyak zaitun atau olive oil yang mengandung lebih sedikit lemak trans. 

Perbanyak Konsumsi Protein

Salah satu cara menjalankan diet mediterania yang perlu diperhatikan adalah dengan menambah konsumsi protein harian. Misalnya kamu bisa mengonsumsi ikan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dengan cara disteam, atau dibakar untuk mengurangi minyak yang banyak mengandung lemak jenuh. 

Setelah mengetahui cara melakukan diet mediterania, pasti Realfoodfam bertanya-tanya. Apa saja sih sebenarnya manfaat diet mediterania ini selain menurunkan berat badan? Berikut ini adalah 5 manfaatnya yang bisa kamu pertimbangkan

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Bagi kamu yang mulai menyadari bahaya penyakit jantung, mungkin kamu bisa menerapkan pola diet Mediterania yang terbukti memiliki resiko rendah untuk terkena penyakit jantung. Hal ini karena asupan yang dikonsumsi orang yang menjalani diet ini biasanya menghindari lemak trans dan memperbanyak lemak sehat, protein dan antioksidan

2. Mengurangi risiko terkena stroke

Penelitian menunjukan bahwa orang yang menjalani diet Mediterania memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena stroke dibandingkan orang yang tidak menerapkan pola diet ini. Karena diet ini bekerja dengan menurunkan kolesterol dan menambah antioksidan melalui konsumsi makanan

3. Mencegah munculnya penyakit Alzheimer

Dalam berbagai riset kesehatan disebutkan bahwa pola makan orang di wilayah Mediterania dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penurunan daya ingat dan berpikir yang kerap terjadi saat lanjut usia. Talk heran salah satu manfaat diet Mediterania juga bisa menjauhkan kita dari penyakit Alzheimer di masa tua lho. 

4. Menurunkan berat badan

Diet yang satu ini menitikberatkan pada asupan protein, serat dan lemak sehat sehingga tentunya dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, asupan rendah kalori yang dianjurkan untuk dikonsumsi membuat salah satu manfaat diet mediterania ini bisa untuk mengontrol berat badan. 

Cara lainnya untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi Realfood Cleanse Passion Power yang terbuat dari sarang burung walet dan 12 jenis buah serta sayuran yang baik untuk tubuh. Realfood Cleanse Passion Power dapat membantu mengoptimalkan program diet dengan melancarkan pencernaan tanpa menyakiti. Jadi tak perlu khawatir akan bolak balik ke toilet setelahnya. Karena Realfood Cleanse Passion Power bekerja dengan cara yang aman dan nyaman. 

5. Mencegah penyakit diabetes tipe 2

Dalam tata cara melakukan diet mediterania ditekankan bahwa orang yang menjalaninya untuk banyak mengonsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi serat, karbohidrat. Fungsinya tak lain untuk menjaga gula darah tetap stabil sehingga baik sekali untuk dilakukan penderita diabetes, dan juga menjauhkan resiko munculnya penyakit diabetes tipe 2 pada banyak orang. Namun pastikan untuk mengimbangi dengan olahraga dan meminimalisir konsumsi makanan minuman manis ya, Realfoodfam! Atau kamu juga bisa konsumsi suplemen diet detox dari Realfood Cleanse Passion Power sesudah sarapan atau makan malam untuk mengoptimalkan upaya dietmu!

Artikel Terkait Lainnya: