Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah alpukat terkenal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, baik untuk kesehatan, kecantikan, hingga rambut. Tidak heran, buah yang memiliki rasa lezat ini banyak sekali dikonsumsi baik sebagai jus ataupun dikonsumsi utuh. 

Meskipun begitu, banyak anggapan buah ini minim manfaat karena kadar lemaknya yang cukup tinggi. Nyatanya banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa kandungan lemak dalam alpukat adalah jenis lemak yang sehat. Lebih tepatnya adalah asam lemak monosaturasi, yang berbeda dari jenis asam lemak “jahat” lainnya. Ditambah lagi, manfaat buah alpukat juga diperoleh dari kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak dulu ulasan berikut ini mengenai manfaat alpukat untuk tubuh.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Meningkatkan fungsi jantung.

Seperti yang sudah disebutkan, alpukat adalah makanan yang kaya akan kandungan lemak. Bahkan, 77% kalori yang terkandung di dalam alpukat berasal dari lemak, lho! Dan lemak yang terkandung dalam alpukat adalah asam lemak monosaturasi yang sangat bermanfaat untuk sistem kardiovaskular yang dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, maupun penyakit kardiovaskular lainnya. 

  1. Membuat kulit wajah lebih bernutrisi dan memperlambat penuaan dini.

Kandungan nutrisi di dalam alpukat membuatnya tak hanya membuatnya bermanfaat untuk kesehatan saja, tapi juga untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan minyak alami di dalam alpukat yang bisa menembus kulit agar ternutrisi, lembut, dan terhidrasi. 

Nah, hidrasi yang cukup ini penting untuk mengurangi tampilan kerutan dan garis-garis halus, lho! Manfaat alpukat untuk wajah juga diperoleh dari kandungan antioksidan seperti vitamin C dan E, serta lutein untuk elastisitas kulit.

  1. Menurunkan kadar stres.

Sering merasa stres karena pekerjaan di kantor? Realfoodfam tentu punya cara sendiri untuk mengatasinya, kan? Tapi, daripada merokok atau ngopi, Realfoodfam bisa turunkan stres dengan mengonsumsi alpukat, lho!

Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dalam alpukat dalam jumlah tinggi, sehingga Realfoodfam akan bisa tidur lebih nyenyak. Manfaat alpukatlainnya juga bisa bantu tubuh terasa lebih rileks.

Untuk membantu Realfoodfam lebih rileks dan bebas stres, Realdoofdam bisa menyantap alpukat dalam bentuk smoothie atau memakan daging buahnya bersama dengan bahan-bahan salad favorit. 

  1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Alpukat juga kaya akan potasium. Bahkan, kandungan potasium dalam alpukat juga terbukti lebih tinggi dibandingkan pisang – 14% asupan yang direkomendasikan per 100 gram alpukat versus 10% asupan yang direkomendasikan per 100 gram pisang. 

Baca Juga: Manfaat Saffron untuk Kesehatan Kulit Wajah

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan tinggi potasium bisa bantu turunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko serangan jantung, stroke, hingga gagal ginjal.

Tak hanya itu saja, kandungan asam lemak monosaturasi dalam alpukat juga bisa bantu turunkan kadar LDL alias kolesterol jahat, dan meningkatkan kadar HDL alias kolesterol baik. Dan tingginya jumlah asam lemak monosaturasi bahkan bisa bantu menurunkan kadar gula darah.

Oh iya, tahukah Realfoodfam kalau manfaat ini bukan hanya manfaat buah alpukat saja, tapi juga manfaat biji alpukat? Penelitian telah membuktikan bahwa lebih dari 70% kandungan antioksidan alpukat bisa ditemukan di dalam bijinya, serta punya manfaat untuk mengatasi hipertensi, diabetes, serta peradangan.

  1. Mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

Realfoodfam, tahukah kamu kalau kandungan nutrisi di dalam alpukat bisa disamakan dengan multivitamin? Sebab, alpukat kaya akan beragam jenis vitamin dan mineral, termasuk jenis-jenis yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

Ditambah lagi, adanya kandungan vitamin B dan E bisa bantu melindungi helai-helai rambut Realfoodfam dari kerusakan, menjaga agar rambut tidak kering, mencegah kerontokan rambut, serta memperbaiki kerusakan pada kulit kepala.

Baca Juga: 13 Manfaat Minum Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk merasakan manfaat alpukat yang satu ini, Realfoodfam bisa haluskan daging buah alpukat dan mengaplikasikannya secara langsung seperti masker rambut. Realfoodfam bisa pilih gunakan alpukat yang sudah mulai empuk agar lebih mudah menghaluskannya.

  1. Meningkatkan fungsi otak.

Deretan nutrisi yang terkandung di dalam alpukat juga meliputi folat, tembaga, serta beragam jenis vitamin yang baik untuk kesehatan otak, terutama vitamin C dan E. Dan pastinya, jangan lupa bahwa alpukat juga tinggi asam lemak monosaturasi, ya!

Nah, tahukah Realfoodfam kalau otak manusia mengandung lebih dari 60% lemak? Oleh karena itu, otak juga butuh lemak agar bisa berfungsi secara optimal. Apalagi, gabungan lemak dan serat dalam alpukat juga bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah untuk menjaga konsentrasi Realfoodfam sepanjang hari. 

  1. Membantu menurunkan berat badan.

Apakah Realfoodfam sedang diet untuk menurunkan berat badan? Kalau iya, tahukah Realfoodfam kalau manfaat alpukat juga berkaitan dengan program diet yang sedang Realfoodfam lakukan?

Seperti buah pada umumnya, alpukat juga mengandung serat. Bahkan, jumlah serat di dalam alpukat melebihi jumlah serat yang ada pada jenis buah lainnya. Oleh karena itu, alpukat bisa memberikan sensasi kenyang lebih lama serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Dan sekali lagi, kandungan asam lemak monosaturasi dalam alpukat – tepatnya asam oleic – juga bisa mengaktifkan fungsi otak yang memberikan sinyal kenyang. Dengan begitu, keinginan Realfoodfam untuk ngemil atau makan dalam porsi berlebih (overeating) juga bisa ditekan.

  1. Mendorong perbaikan dan pemulihan otot.

Bagi Realfoodfam yang hobi berolahraga, baik itu sebagai bagian dari program diet atau memang punya rutinitas olahraga setiap hari, Realfoodfam bisa pilih alpukat sebagai camilan sesudahnya, lho! Selain membantu mengganjal perut setelah membakar lemak selama berolahraga, daging buah alpukat juga bisa bantu pulihkan otot.

Kok bisa, ya? Rupanya, manfaat alpukat yang satu ini didukung oleh adanya kandungan semua 9 jenis asam amino esensial yang dibutuhkan dalam proses sintesis protein yang optimal. Dengan begitu, otot yang lelah setelah berolahraga pun bisa kembali pulih.

  1. Meningkatkan fungsi penglihatan.

Rupanya, buah alpukat juga punya manfaat luar biasa untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan fungsi penglihatan, lho! Soalnya, di dalam alpukat terdapat kandungan lutein, yang merupakan jenis karotenoid untuk membantu mendorong kesehatan indera penglihatan.

Hebatnya lagi, kandungan lemak di dalam alpukat juga jadi salah satu alasan mengapa buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan mata, lho! Soalnya, lemak yang terkandung pada alpukat juga bisa membantu penyerapan karotenoid, plus vitamin-vitamin yang larut dalam lemak dari makanan lainnya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, alpukat adalah sumber makanan yang sangat sehat sehingga sangat direkomendasikan agar dikonsumsi secara rutin. Sebab, ada begitu banyak manfaat alpukat yang bisa Realfoodfam rasakan berkat tingginya kandungan nutrisi di dalam buah yang satu ini. Ditambah lagi, alpukat tak hanya bagus untuk kesehatan, tapi juga enak dan bisa diolah dalam beragam jenis makanan.