cara menghilangkan bruntusan di hidung

Bruntusan merupakan istilah yang biasa digunakan untuk masalah kulit yang muncul berupa bintik kecil. Umumnya bruntusan muncul di pipi, dahi, atau area hidung. Bruntusan sering dikaitkan dengan jerawat dan komedo. Bruntusan sendiri merupakan kondisi dimana kulit tidak rata dan terasa kasar. Sebelum membahas cara menghilangkan bruntusan di hidung, ada baiknya kamu mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab timbulnya bruntusan di area wajah. 

Penyebab Munculnya Bruntusan di Hidung

Bruntusan merupakan cikal bakal munculnya komedo atau jerawat yang ada karena minyak berlebih dan juga sel kulit mati yang menyumbat dan menyebabkan penumpukkan minyak di kulit. Akibatnya pori-pori pun membesar dan muncul benjolan kecil yang kita sebut bruntusan. Berikut adalah penyebab lain munculnya bruntusan: 

Baca Juga: 9 Penyebab Jerawat di Pipi yang Wajib Kamu Tahu

  • Iritasi akibat kesalahan menggunakan kosmetik atau skincare
  • Faktor hormonal yang menyebabkan munculnya minyak berlebih
  • Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor
  • Polusi udara
  • Asap rokok
  • Stres

Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung

Pada dasarnya cara menghilangkan bruntusan di hidungdengan cepat bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke klinik kecantikan. Misalnya dengan rutin melakukan perawatan wajah, baik berupa skincare atau mengonsumsi cemilan sehat. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bruntusan di wajah: 

1. Rutin membersihkan wajah

Untuk mencegah munculnya bruntusan di wajah, kamu tentunya harus rutin membersihkan wajah terutama ketika sehabis beraktivitas diluar atau sehabis menggunakan make up. Pastikan untuk membersihkan wajah minimal 2x sehari, akan lebih baik jika kamu melakukan double cleansing. Kamu bisa menggunakan facial oil atau cleansing balm sebagai tahapan pertama, dan melanjutkannya dengan facial wash. Ternyata langkah sederhana pun bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di hidung dengan cepat, kan? 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Wajib diketahui

2. Selalu Gunakan Pelembap

Setelah membersihkan wajah, pastikan untuk selalu menggunakan pelembap atau moisturizer. Dengan begitu, kulitmu akan terjaga hidrasinya dan mengatasi permasalahan kulit seperti kering, dehidrasi. Bahkan jika kamu pemilik kulit berminyak, kamu tetap perlu mengaplikasikan pelembap untuk mengunci seluruh produk perawatan yang telah kamu gunakan dan mengatasi bruntusan yang mengganggu

3. Rajin Menggunakan Sunscreen

Langkah berikutnya yang dapat kamu coba untuk mencegah munculnya bruntusan adalah dengan menggunakan tabir surya secara rutin ketika akan beraktivitas. Sekalipun kamu bekerja dari dalam ruangan, sinar UV dapat menembus jendela kaca. Untuk itu penting untuk tetap menggunakan sunscreen dengan SPF. Melewatkan tabir surya dalam rangkaian perawatan pagimu dapat membuat bruntusan semakin parah.

4. Gunakan Masker Madu

Salah satu cara menghilangkan bruntusan di hidung dengan cepat yang bisa kamu lakukan sendiri adalah dengan menggunakan masker madu. Kandungan alami pada madu seperti antibiotik disebut mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bruntusan di hidung dengan madu adalah sebagai berikut:

  • Oleskan madu murni pada jerawat atau area bruntusan
  • Diamkan selama 10-15 menit dan tunggu hingga madu mengering.
  • Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

Selain menggunakan madu sebagai masker wajah, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure yang mengandung sarang burung walet, labu kuning dan juga madu hutan yang berfungsi untuk mendetox kulit wajah, dan melindungi kulit dari inflamasi. Kamu bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure dimanapun dan kapanpun karena kemasannya yang praktis dan juga manfaatnya yang baik untuk kulit dan tubuh.  

Baca Juga: Penyebab Jerawat Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

5. Lakukan Eksfoliasi

Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah, khususnya di area hidung, dagu, dan dahi. Eksfoliasi kulit berperan untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan munculnya bruntusan. Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan bahan yang mengandung AHA, BHA, atau salicylic acid

6. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Cara menghilangkan bruntusan di hidung yang ini merupakan cara paling sederhana namun sering dilupakan. Kamu bisa menghilangkan dan meminimalisir bruntusan dengan mengurangi menyentuh wajah terlalu sering. Terlebih ketika kamu menyentuh wajah dengan tangan kotor. Pasalnya debu, kotoran dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. 

7. Gunakan Produk dengan Bahan Retinoid

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Cutaneous Medicine and Surgery (2021) disebutkan bahwa retinoid membantu percepatan pergantian sel kulit, mengangkat komedo, dan juga mencegah munculnya komedo.Itulah 7 cara menghilangkan bruntusan di hidung dengan cara sederhana yang bis akamu lakukan di rumah. Pastikan kamu menggunakan produk yang aman dan memiliki sertifikasi ya, Realfoodfam! Seperti Realfood Jelly Pure yang sudah tersertifikasi BPOM, Halal MUI sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Cara Sederhana Mengatasi Jerawat di Punggung yang Wajib Kamu Coba