Makanan sehat

Menjalani pola hidup sehat bukanlah hal asing bagi masyarakat, terlebih sejak dilanda pandemi Covid-19 dua tahun belakangan. Selain berolahraga, mengonsumsi makanan sehat juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Bahkan World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari salah satunya untuk membantu mencegah malnutrisi. 

Pasalnya selain untuk mencukupi kebutuhan gizi harian, makanan sehat juga menjadi sumber energi dan menurunkan resiko terkena penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas, hingga penyakit jantung. Mengonsumsi makanan sehat tidaklah sulit karena banyak sekali macam bahan makanan untuk menambah kesehatan. Namun jangan lupa untuk membarenginya dengan olahraga rutin. Makanan sehat dilengkapi dengan olahraga juga sebagai salah satu cara diet efektif lho, Realfoodfam!


Berikut ini 13 makanan sehat yang dapat kamu mulai konsumsi setiap harinya agar tubuh kuat dan kulitmu juga tetap sehat: 

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu pilihan menu sehat yang cepat dan mudah sehingga dapat dikonsumsi setiap hari. Tak heran banyak yang menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan. Tak hanya mengandung karbohidrat, oat juga mengandung protein dan serat sehingga sangat bagus untuk tubuh. 

2. Susu

Susu dikenal memiliki kandungan vitamin, mineral, dan protein yang cukup tinggi serta kandungan baik lainnya seperti vitamin D, iodium asam folat. Selain itu juga susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik bagi tubuh. Mengonsumsi susu dapat membantu mencegah  penyakit tulang. Atau kamu juga bisa mengonsumsi produk olahan dari susu seperti keju, atau yogurt. 

3. Yogurt

Sebagai salah satu bentuk olahan dari susu, yogurt tentunya juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh bahkan kecantikan wajah. Yogurt dikenal memiliki kandungan probiotik, kalsium, vitamin B12, dan zinc yang bermanfaat untuk usus dan sistem pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi yogurt di pagi hari dengan buah dan granola untuk menjaga kesehatan metabolisme, atau bisa juga menjadikan yogurt sebagai masker wajah dengan mencampurnya dengan madu atau olive oil. Masker yogurt dapat membantu melawan jerawat dan tanda penuaan lho, Realfoodfam!

4. Ikan

Selain daging dan ayam, ikan merupakan sumber protein yang tinggi untuk tubuh. Bahkan, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak, vitamin D,  kalsium, dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat, lemak baik dan magnesium yang baik untuk tubuh. Maka itu, mengonsumsi kacang-kacangan sebagai pilihan menu makanan sehat dapat membantu kesehatan jantung dan mencegah diabetes. 

6. Ubi

Ubi merupakan salah satu alternatif menu makanan sehat pengganti nasi atau roti. Mengandung vitamin C, B6, kalium, dan mangan yang sangat baik untuk tubuh, ubi juga memiliki manfaat sebagai sumber energi dan baik untuk pencernaan lho, Realfoodfam!

7. Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C, selain itu buah ini juga mengandung serat dan asam folat yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C nya membantu menjaga kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. 

8. Buah Alpukat

Alpukat dikenal memiliki banyak kandungan seperti lemak baik, asam folat, vitamin dan mineral. Mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah resiko penyakit kronis seperti diabetes, jantung. Kamu bisa menjadikan alpukat sebagai menu sarapan misalnya dengan membuat jus, atau sebagai topping roti bakar. 

9. Telur

Telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan, dalam 100gram telur terdapat protein, lemak, karbohidrat, zat besi, dan fosfor. Mengonsumsi telur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga imun, hingga menurunkan berat badan. Tak hanya itu, telur juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan karena dapat mengurangi garis halus, menjaga kekencangan kulit wajah, dan mengurangi komedo lho, Realfoodfam!

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil dikenal dengan kandungan vitamin E nya yang baik untuk kulit. Minyak zaitun biasa dimanfaatkan sebagai minyak pijat karena menambah kelembapan. Minyak zaitun juga memiliki zat polifenol untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan.

11. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang tinggi, serta kaya akan vitamin dan mineral.

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti sawi, bayam, kale, diyakini mampu membantu menjaga kesehatan mata. Karena kandungan lutein pada sayuran hijau membantu mengurangi resiko degenerasi akibat pertambahan usia 

12. Bawang Putih

Bahan makanan yang biasa dijadikan bumbu utama berbagai makanan ini ternyata merupakan 

Bawang putih yang biasa dijadikan salah satu bumbu dalam masakan, ternyata sumber vitamin C, B6, selenium, serat, dan juga mangan. Tak heran bawang putih banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan obat tradisional. Bawang putih dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi kolesterol dalam tubuh.

13. Teh Hijau

Terkenal dengan kandungan antioksidan didalamnya, konon teh hijau memiliki lebih banyak khasiat dibanding jenis teh lainnya. Teh hijau jug dipercaya dapat mengikat lemak berlebih di badan dan melancarkan pencernaan. Sehingga teh hijau seringkali digunakan sebagai tambahan menu saat diet atau menurunkan berat badan. 
Sekarang sudah tahu kan pentingnya mengonsumsi makanan sehat setiap harinya? Yuk mulai perbaiki gaya hidup dengan memilih menu yang lebih sehat dan rutin menjalani olahraga. Kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Up untuk menambah energi dan kesegaran setiap harinya. Mengandung sarang burung walet, Realfood Up dibuat secara khusus bagi kamu para milenial dan Gen Z yang sedang mencari alternatif tren minuman yang lebih baik bagi tubuh.

Artikel Terkait Lainnya: