manfaat air garam

Sering digunakan sebagai bumbu dapur, garam ternyata memiliki bergama manfaat untuk kulit dan tubuh kita lho. Salah satunya dengan mengolahnya menjadi air garam. Yang paling umum diketahui, manfaat air garam dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi sariawan dan bau mulut. Padahal, manfaat garam lebih dari itu lho, Realfoodfam!

Baca Juga: 5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehataan yang Jarang Diketahui

Garam atau yang dikenal juga dengan natrium klorida (NaCl) mengandung mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, garam juga memiliki kandungan mineral seperti yodium, kalium, zat besi, kalsium dan juga zinc. Selain untuk penyedap masakan, inilah beragam manfaatnya untuk kesehatan: .

1. Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat air garam yang pertama adalah untuk membantu sistem pencernaan, karena garam turut memicu tubuh memproduksi enzim yang berperan menjalankan tugasnya dalam membantu metabolisme tubuh. Fungsi garam dalam tubuh dapat menstimulus produksi asam klorida dan enzim yang berfungsi mengurai makanan. Enzim tersebut juga baik bagi usus untuk membantu memecah makanan.

2. Mengatasi hidung tersumbat

Air garam juga banyak dimanfaatkan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat baik itu karena flu, rhinitis, maupun sinusitis. Caranya kamu bisa menggunakan air garam untuk membilas hidung. Manfaat air garam dapat membuat lendir dan kotoran di hidung melunak dan membuat pernapasan lebih lega. Kamu bisa menggunakan spuit dan mencampur air matang dengan garam kemudian memasukkan ke dalam salah satu rongga hidung. 

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan Ibu Hamil

3. Menurunkan Berat Badan

Ternyata mengonsumsi segelas air garam dapat membantu menekan nafsu makan dan memberikan efek menurunkan berat badan. Pasalnya tubuh yang memiliki banyak kandungan garam dapat menekan rasa lapar dan membuat nafsu makan berkurang. Kamu bisa mencoba mengonsumsi air garam sesekali disela-sela program dietmu. Namun pastikan untuk tetap mengonsumsi air putih dan asupan makanan yang cukup, ya. 

4. Memperbaiki Kondisi Kulit

Mineral seperti zinc dan yodium yang ada dalam garam selain baik untuk tubuh, juga dapat membantu menjaga kondisi kulit. Pasalnya zinc dapat membantu mengatur kelenjar minyak dan mempercepat penyembuhan luka. Sementara yodium dapat membantu meningkatkan metabolisme kulit. 

Selain menggunakan air garam, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood New Forever Young+ yang kini dilengkapi dengan formula baru mengandung sarang burung walet, retinol, dan selenium yang dapat membantu menjaga kondisi kulit dan mencegah penuaan dini. Realfood New Forever Young+ juga berfungsi untuk membantu pembentukan kolagen dan elastin kulit sehingga lebih kencang dan sehat. Kamu bisa mengonsumsinya selama 12 hari di pagi atau malam hari saat perut kosong untuk merasakan manfaatnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kecantikan Kulit Wajah 

5. Mengatasi Jerawat dan Mengontrol Minyak Berlebih

Selain menggunakan skincare, mengatasi permasalahan jerawat juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah seperti garam. Manfaat air garam untuk kulit salah satunya adalah menjaga kesehatan kulit dan mengatasi permasalahan jerawat. Karena air garam memiliki sifat antibakteri untuk mengatasi jerawat dan mengontrol sebum (produksi minyak) pada wajah. Kamu dapat memanfaatkannya dengan mencuci muka sesekali dengan air garam, kemudian bilas dan pastikan menggunakan toner dan pelembap setelahnya.

6. Meredakan Sariawan

Manfaat air garam yang umum diketahui namun tetap manjur adalah kemampuannya untuk membantu meredakan sariawan di mulut. Jika kamu memiliki masalah sariawan atau sakit gigi, kamu bisa berkumur dengan air garam 2-3 kali sehari. Cukup campurkan 1 sendok teh garam dengan air matang, lalu berkumur hingga terasa bersih. 

7. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sama halnya dengan sariawan, nyeri tenggorokan biasanya terjadi akibat virus dan cukup mengganggu. Pasalnya hal ini membuatmu susah makan atau menelan. Kamu bisa berkumur dengan air garam untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari untuk membantu menangkal virus dan meredakan rasa nyeri pada tenggorokan.

Baca Juga: ​​Wajib Tahu! Ini 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Kulit Wajah

Itulah beberapa manfaat air garam baik untuk tubuh hingga untuk kulit. Ternyata memiliki tubuh sehat dan kulit indah bisa dilakukan dengan bahan yang kita temui sehari-hari di dapur kan? Jangan lupa untuk melengkapinya dengan suplemen dari Realfood New Forever Young+ yang mampu melawan tanda penuaan dan membuat kulit sehat dan glowing dari dalam.