manfaat bengkoang

Manfaat bengkoang untuk kecantikan kulit wajah memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, bengkoang memiliki banyak vitamin yang bermanfaat bagi kecantikan, mulai dari vitamin E, vitamin C, tiamin, riboflavin, hingga antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Maka, tidak heran banyak produk kecantikan menggunakan bengkoang sebagai salah satu bahan utamanya.

Bengkoang bisa dimanfaatkan sebagai masker dengan cara diparut dan disaring hingga menjadi endapan. Kemudian, endapan tersebut diaplikasikan ke seluruh kulit wajah. Sedangkan, ampas bengkoang bisa dijadikan sebagai scrub atau lulur. Jika Realfoodfam penasaran apa saja manfaat bengkoang untuk kecantikan kulit wajah, berikut ini adalah ulasannya:

1. Mencerahkan Wajah

Bengkoang kaya akan vitamin C yang mampu menurunkan produksi melanin. Kemudian, kandungan antioksidan pada bengkoang juga dapat membuat kulit wajah tampak bersinar. Bagi Realfoodfam yang ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar, bisa mencoba masker alami dari ampas bengkoang secara teratur. Selain menggunakan masker bengkoang, kamu juga dapat mengonsumsi sarang burung walet yang memiliki kandungan asam amino, asam sialat dan berbagai kandungan lain. Kamu dapat menikmati produk sarang burung walet dalam bentuk Realfood Jelly Flawless yang memiliki tambahan bahan kolagen, retinol, dan elderberry yang dapat membantu menghambat penuaan dini, dan juga membuat kulit wajah lebih cerah dengan kandungan asam sialat pada sarang burung walet

2. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat bengkoang untuk kecantikan lainnya yaitu dapat menyamarkan flek hitam. Pasalnya, bengkoang mengandung vitamin A, C, dan senyawa betakaroten yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Realfoodfam bisa menghaluskan bengkoang dan menjadikannya sebagai masker wajah.

Setelah mengaplikasikan pada kulit wajah, diamkan hingga 15 menit, dan bilas menggunakan air bersih. Jika ingin hasil yang optimal, gunakan masker bengkoang minimal 2 hingga 4 kali dalam seminggu agar flek hitam berangsur-angsur samar. 

3. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Bekas jerawat pada kulit wajah dapat merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasi bekas jerawat, Realfoodfam bisa mengaplikasikan masker bengkoang sebagai perawatan kulit alami. Pasalnya, bengkoang mengandung vitamin E yang dapat mengurangi inflamasi untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan membantu menetralisir jerawat.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat bengkoang selanjutnya yaitu dapat menjaga kelembapan kulit wajah. Banyaknya kandungan air pada bengkoang mampu membuat kulit wajah menjadi lebih lembab. Selain itu, nutrisi tersebut juga berkhasiat untuk menghidrasi kulit kering sehingga kulit wajah tampak lebih segar dan lembap.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini bisa terjadi karena wajah sering terkena radiasi dari sinar UV dan paparan dari radikal bebas. Hal ini dapat membuat kulit wajah kehilangan kesehatannya. Bengkoang memiliki antioksidan yang tinggi serta mampu mencegah penuaan dini.

Antioksidan juga bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C yang terkandung pada bengkoang juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, jika Realfoodfam ingin memiliki wajah sehat terawat, cobalah untuk rajin mengaplikasikan masker bengkoang atau mengkonsumsi bengkoang.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen

Bengkoang memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Dengan begitu, produksi kolagen pun meningkat dan membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan mampu menjaga elastisitas kulit. Selain itu, produksi kolagen yang meningkat juga mampu membuat kulit wajah kenyal, bebas keriput, dan tampak awet muda.

7. Mengontrol Minyak Berlebih Pada Wajah

Ada banyak faktor yang menyebabkan minyak berlebih pada wajah, mulai dari faktor genetik, usia, perubahan cuaca, hingga gangguan hormon. Namun, Realfoodfam bisa mengatasinya secara alami menggunakan masker bengkoang. Pasalnya, manfaat bengkoang salah satunya adalah mampu mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah.

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu cara alami untuk mengangkat sel kulit mati adalah menggunakan ampas bengkoang. Realfoodfam bisa menggunakan ampas bengkoang sebagai scrub alami untuk mengangkat kulit mati dan kotoran pada kulit wajah. Caranya mudah, realfoodfam dapat memarut bengkoang dan aplikasikan pada kulit wajah.

Kemudian, lakukan gerakan memutar agar kotoran terangkat dan diamkan beberapa saat agar vitamin C yang terkandung pada bengkoang dapat terserap dengan baik oleh kulit wajah. Setelah itu, bersihkan kulit wajah dari scrub ampas bengkoang dengan air dingin. Jika menginginkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.Itulah 8 manfaat bengkoang yang dapat membantu Realfoodfam dalam mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah. Mulai dari mencerahkan wajah, menyamarkan flek hitam, mencegah penuaan dini, hingga mengontrol minyak berlebih. Jika Realfoodfam mengaplikasikan masker atau scrub bengkoang dan mengkonsumsi bengkoang secara rutin, maka permasalahan kulit wajah pun berangsur-angsur menghilang.

Artikel Terkait Lainnya: