masker mata

Mata merupakan salah satu bagian dari kulit wajah yang paling aktif. Bekerja didepan layar komputer seharian, atau menatap layar handphone membuat mata lelah dan memungkinkan munculnya lingkaran hitam atau kantung mata.Terlebih dengan kondisi pandemi yang dua tahun belakangan muncul, mengharuskan sebagian besar aktivitas di rumah membuat screen time menjadi bertambah. 

Tidak hanya kulit wajah, area mata pun membutuhkan perawatan khusus karena termasuk area sensitif dan mudah kehilangan elastisitas. Salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga mata indahmu adalah dengan menggunakan masker. Selain memberikan kesegaran, masker mata juga memiliki banyak manfaat seperti mengurangi garis halus, dan memberikan sensasi rileks di area mata. Dengan bertambahnya usia, tanda penuaan seperti garis halus di sekitar area mata mulai muncul. 

Sesuai namanya, eye mask atau masker mata pertama kali dipopulerkan di Korea Selatan. Masker ini dibuat untuk digunakan khusus di kulit sekitar mata. Sama halnya dengan sheet mask yang biasa digunakan diseluruh wajah, eye mask mengandung serum atau vitamin yang baik untuk kulit di area mata. Namun pada dasarnya masker mata baik alami atau menggunakan produk kecantikan yang ada dipasaran, memiliki manfaat sebagai berikut: 

Melembapkan kulit di area mata

Kulit di area mata lebih rentan terhadap dehidrasi karena memiliki kelenjar sebaceous yang lebih sedikit dibanding area wajah yang lain. Menggunakan eye mask dapat meminimalisir dehidrasi di area mata dan menghambat munculnya tanda penuaan. 

Mengurangi kerutan atau garis halus

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya kerutan atau garis halus di area mata. Kamu dapat menggunakan eye mask yang mengandung vitamin C, retinol, atau peptide untuk mengurangi kerutan pada area mata

Mengurangi bengkak pada mata

Kurang tidur atau menangis biasanya menjadi faktor penyebab mata bengkak. Tidak perlu khawatir, karena hal ini dapat diatasi dengan menggunakan masker mata yang mengandung hyaluronic acid. Atau Realfoodfam juga dapat mengompres mata dengan es batu di pagi hari. 

Mengatasi mata panda

Lingkaran hitam dibawah mata seringkali disebut dengan mata panda. Banyak faktor menyebabkan munculnya mata panda, diantaranya adalah karena faktor genetik, kurang tidur, dan kelelahan. Menggunakan masker mata dipercaya dapat mengurangi lingkar mata yang hitam. 

Selain menggunakan eye mask, Realfoodfam juga dapat mencoba mengonsumsi Realfood Bright Sight yang memiliki kandungan utama sarang burung walet dan Vitamin A, E, serta B2 yang baik untuk kesehatan mata. Realfood Bright Sight dapat  membantu mencegah mata merah, gatal dan kering, membantu mencegah kerusakan retina dan lensa mata. 

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami 

Seiring dengan banyaknya produk kecantikan bermunculan, masker untuk mata pun memiliki lebih banyak variasi. Untuk memilih produk masker mata tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan Realfoodfam sendiri. Berikut adalah beberapa jenis masker mata yang dapat Realfoodfam gunakan: 

Sleeping Mask

Masker mata jenis ini merupakan masker yang paling praktis dan cocok untuk Realfoodfam yang memiliki kulit area mata cenderung kering. Dipopulerkan dari Korea Selatan, saat ini mulai banyak produk sleeping mask yang dapat kamu pilih dipasaran. Umumnya masker ini berbentuk krim dengan tekstur yang cukup kental. Fungsi dari sleeping mask adalah mengembalikan kelembapan kulit area mata dan menghidrasi area mata di malam hari. Kamu cukup mengaplikasikannya di akhir rangkaian skincare routine mu pada malam hari. 

Eye Patch

Masker dengan bahan kain yang dapat menyerap cairan ini paling umum ditemukan dipasaran. Layaknya sheet mask, eye patch mengandung serum yang dapat melembapkan mata. Kamu cukup menempelkan eye patch di area wajah dan mendiamkannya selama 15-20 menit. Untuk menambah kesegaran saat menggunakannya, kamu bisa mendiamkan kemasan eye patch di kulkas sebelum digunakan agar menimbulkan sensasi segar. 

Masker Hydrogel

Dikutip dari The Journal of Pharmacy and Pharmacology mengungkapkan masker berbentuk hydrogel dapat memberikan asupan air untuk kulit dan meminimalisir tanda iritasi seperti kemerahan atau jerawat pustula. Masker berbentuk gel ini mampu melembapkan kulit di sekitar mata, mengurangi mata sembap, dan mengurangi mata panda. 

Masker Mentimun

Berbeda dengan beberapa jenis masker lainnya, masker yang satu ini sangat murah dan tergolong mudah untuk ditemukan. Mentimun sudah sejak lama digunakan sebagai masker mata karena dapat memberikan efek segar dan kandungan air pada mentimun dapat mengembalikan kesegaran kulit mata. Caranya cukup memotong tipis mentimun dan menempelkannya pada area mata. 

Itulah beberapa manfaat dan rekomendasi masker mata yang dapat kamu coba. Jangan lupa untuk menjaga kulit di area mata dengan gentle karena area ini merupakan bagian sensitif. 

Artikel Terkait Lainnya: