granola

Granola beberapa tahun ini mulai populer sebagai salah satu menu sarapan atau snack yang sehat dan banyak dikonsumsi orang yang sedang menjalani program diet. Sebagian orang masih awam dan masih belum mengetahui apa itu granola. Terbuat dari kombinasi gandum, dan kacang-kacangan, manfaat granola untuk program diet mulai menjadi pertimbangan banyak orang untuk mulai mengonsumsinya. Pasalnya dalam ½ cangkir granola (setara dengan 50gr) terdiri atas 200 kalori, protein 4,4 gr, lemak 29 gr, karbohidrat 40,5 gr, serat 3,5 gr, dan gula 14,2 gr. Lantas sebenarnya apa saja sih manfaat granola untuk diet yang bis amenjadi pertimbangan Realfoodfam untuk mulai mengonsumsinya? Simak 5 kegunaan granola di bawah ini. 

1. Menurunkan Berat Badan

Dikenal memiliki protein yang mampu memperlambat produksi hormon ghrelin dan GLP-1, banyak yang memercayai bahwa granola untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan. Tak heran banyak yang mengonsumsi granola sebagai pengganti cemilan yang lebih sehat karena terasa lebih mengenyangkan. 

2. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat granola selain untuk program diet juga bisa dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Di masa kehamilan biasanya tubuh mengalami perubahan seperti mudah lelah dan lemas, dengan mengonsumsi granola dapat menambah energi pada ibu hamil untuk menjalani aktivitasnya. Memiliki kandungan vitamin B kompleks dan asam folat, granola juga sangat bagus untuk kesehatan janin dalam kandungan. Jadi tak perlu ragu untuk mengonsumsi granola saat sarapan ataupun ngemil ya, Realfoodfam!

3. Menurunkan Kolesterol 

Selain untuk menurunkan berat badan, granola juga disebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) pada tubuh. Hal ini dikarenakan granola memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Namun pastikan untuk membeli dan mengonsumsi granola yang mengandung sedikit minyak ya. 

4. Menjaga Kesehatan Usus 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa granola memiliki kandungan serat yang tinggi, yang disebabkan oleh kandungan oat, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang ada didalamnya. Kandungan ini tentu sangat baik untuk sistem pencernaan kita dan membantu memproduksi bakteri baik pada usus. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit. Kamu juga bisa mengonsumsi granola dengan yogurt dan buah-buahan segar seperti buah naga, berries, atau buah naga untuk menambah asupan serat dan vitamin dalam menu sarapanmu. 

5. Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya kadar zat besi dalam darah. Namun penyakit ini banyak dialami oleh masyarakat pada umumnya. Jika kamu kerap merasakan pusing, lemas, atau depresi, bisa jadi kamu mengalami anemia. Salah satu cara mencegah anema adalah dengan menonsumsi penambah zat besi dan juga kamu bisa mengonsumsi granola dalam menu harianmu. Pasalnya granola mengandung zat besi didalamnya sehingga dapat mengurangi gejala anemia

6. Mengurangi Risiko Munculnya Diabetes

Granola umumnya terbuat dari bahan-bahan yang tinggi protein dan serat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Protein berperan aktif dalam produksi hormon yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat memperlambat proses pengosongan perut. Dengan begitu, Anda terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan dan terhindar dari obesitas.

Granola yang terbuat dari kacang dan biji-bijian ini memiliki banyak protein dan juga serat sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama. Serat juga berfungsi untuk memperlambat proses pengosongan perut. Sehingga kamu bisa terhindar dari keinginan untuk makan atau ngemil secara terus-menerus. Pastikan untuk memilih produk granola yang tidak memiliki banyak tambahan bahan lain. Walaupun sehat, beberapa produk granola bisa saja tinggi kalori karena kandungan gula tambahan dan lemak jenuhnya. Jangan lupa perhatikan komposisi dan informasi nilai gizi pada kemasan granola ya, Realfoodfam!

Itulah 6 manfaat granola untuk diet yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk mulai mengonsumsi granola dalam menu sarapan atau cemilan. Selain granola, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure yang mengandung sarang burung walet dan juga labu kuning dan madu hutan sebagai salah satu opsi cemilan sehat. Realfood Jelly Pure mampu mendetox kulit wajah, dan melindungi kulit dari inflamasi. Kamu bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure kapanpun dan dimanapun, loh! 

Artikel Terkait Lainnya: