Gula Batu

Realfoodfam tentu pernah atau bahkan sering melihat makanan atau minuman dengan gula batu yang dijual di pasaran. Terlebih akhir-akhir ini banyak orang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan dan menjaga pola makan. Penggunaan gula batu yang belakangan populer di masyarakat ini diklaim lebih menyehatkan dibandingkan dengan jenis gula pasir yang sering dikonsumsi sehari – hari.

Bahkan, tak sedikit orang yang menyebut jika jenis gula ini memiliki khasiat penting bagi kesehatan tubuh serta memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis. Lantas, apa saja manfaat gula batu yang diberikan untuk kesehatan tubuh?

Gula batu atau yang juga sering dikenal dengan nama gula kristal dan gula batu kuning ini banyak digunakan sebagai pelengkap rasa manis pada campuran teh, kopi, makanan penutup maupun berbagai jenis makanan gurih lainnya. Mengingat bahan baku pembuatannya terbuat dari campuran gula dan air, maka cita rasa manis yang dihasilkan tidak sama dengan gula pasir maupun jenis gula lainnya. 

Kandungan nutrisi pada gula batu

Gula batu terbuat dari larutan gula yang dicairkan dengan proses kristalisasi, tak heran jika jenis gula ini sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam obat – obatan atau ke dalam minuman. Meski begitu, tahukah Realfoodfam apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada gula batu?

Umumnya, kandungan nutrisi pada gula batu dikatakan hampir sama dengan gula pasir lantaran berasal dari jenis gula yang sama yakni sukrosa. Pada gula batu sendiri juga memiliki kandungan vitamin, mineral dan asam amino yang diklaim mampu mengobati segala jenis gangguan / penyakit tertentu. Di antaranya yakni mengobati asma, anemia, batuk, pilek, menurunkan tekanan darah dan lain – lain. 

Dalam penggunaan sehari – hari, gula batu yang berguna sebagai bahan pemanis alami ini memiliki berbagai keunggulan tersendiri diantaranya sebagai berikut :

  • Mampu memberi cadangan energi lebih cepat

Salah satu keunggulan mengonsumsi gula batu dibanding gula jenis lain adalah mampu mencadangkan sumber energi lebih cepat. Hal ini karena jenis gula ini menjadi sumber karbohidrat sederhana yang dapat diurai tubuh dalam waktu singkat. Sehingga, orang yang mengonsumsi gula batu sebagai pelengkap minuman atau makanan akan lebih cepat mendapatkan energi untuk bisa melakukan aktivitas sehari – hari.

  • Memberikan cita rasa manis yang tidak terlalu tajam

Jika dibandingkan dengan gula pasir maupun jenis gula lainnya, gula batu ini umumnya memiliki cita rasa manis yang tidak terlalu tajam. Karena bahan baku pembuatan dari gula batu ini menggunakan campuran air dan gula pasir dengan proses kristalisasi. Melalui proses tersebut, maka molekul gula akan larut dalam air sehingga hasil akhir proses pembuatan gula ini tidak menghasilkan cita rasa manis yang pekat.

Manfaat gula batu bagi kesehatan

Tahukah Realfoodfam, gula batu ini rupanya sering dijadikan sebagai bahan alami dalam pembuatan obat dan minuman tradisional di pasaran. Dengan bentuknya yang kecil ini, gula batu ini cocok dijadikan sebagai pengganti permen yang cukup menyehatkan bagi tubuh. Terlepas dari hal itu, penggunaan gula batu ini banyak dilakukan karena memiliki khasiat penting bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah:

  • Mampu mengatasi radang tenggorokan

Di musim dingin atau pancaroba, tubuh kita menjadi lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk halnya radang tenggorokan. Agar radang tenggorokan ini tidak semakin parah, maka Realfoodfam bisa mengatasinya dengan cara mencampurkan gula batu dengan lada hitam dan beberapa bahan alami untuk mengatasi radang tenggorokan tersebut. 

  • Dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh

Umumnya, orang yang mengalami masalah hemoglobin yang rendah akan rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti pusing, anemia, kulit terlihat pucat, lelah dan sebagainya. Untuk meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh ini, bisa menambahkan sedikit gula batu dalam minumannya yang juga bisa membantu dalam meregenerasi sirkulasi darah dalam tubuh.

  • Membantu sistem pencernaan

Tidak hanya berguna untuk menyegarkan mulut saja, manfaat gula batu yang dikonsumsi bersama biji adas juga terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan dalam tubuh. Dalam penggunaannya, Realfoodfam bisa mengonsumsi gula batu setelah makan. Dengan begitu, maka masalah pencernaan akan dapat diminimalisir dengan baik. 

  • Mampu membantu perkembangan otak

Khasiat gula batu selanjutnya yakni mampu membantu perkembangan otak. Sebab, orang yang mengonsumsi gula batu ini diklaim dapat meningkatkan daya ingat dan mampu mengatasi permasalahan psikologis yang lelah karena aktivitas sehari – hari yang menguras pikiran. Dalam hal ini, Realfoodfam bisa mengonsumsi  gula batu dengan campuran susu hangat.

Setelah mengetahui berbagai manfaat gula batu untuk kesehatan, Realfoodfam bisa menjadikan gula batu sebagai alternatif pengganti yang lebih sehat sebagai pemanis untuk minuman harian. Jika bosan dengan menu minuman teh, kamu juga bisa mencoba minuman sehat dengan gula batu dari Realfood. Memiliki kandungan utama sarang burung walet yang menyehatkan tubuh dan menambah imunitas, Realfood hadir dengan varian program Stay Fit dengan gula batu untuk menyehatkan dan menambah kesegaran hari-harimu. Kandungan dalam Program Realfood Stay Fit ini dapat membantu menghambat virus influenza yang kerap menyerang dan juga kandungan asam amino tirosin didalamnya berguna untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit. Yuk mulai ganti minuman manismu dengan Realfood Stay Fit yang menggunakan gula batu!