manfaat masker kunyit

Kunyit merupakan tanaman herba yang memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Manfaat kunyit selain digunakan sebagai bahan masakan juga dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional, diolah menjadi masker kunyit, maupun sebagai minuman herbal. Kunyit dapat diolah dalam bentuk bubuk, suplemen, maupun dimasukkan kedalam produk kecantikan lainnya. 

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat masker kunyit dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah dengan kandungan antioksidan yang ada didalam kunyit. Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas yang membuat kulit tampak kusam. Selain itu kunyit juga memiliki senyawa anti-inflamasi yang bekerja dalam menyembuhkan dan membuat kulit sehat secara alami. 

2. Mengurangi Jerawat

Masker kunyit juga dapat membantu permasalahan jerawat. Umumnya jerawat disebabkan karena faktor hormonal atau karena minyak berlebih yang menumpuk pada pori-pori. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa kurkumin (atau kunyit) cukup efektif dalam memerangi bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengkombinasikan kunyit dengan bahan lain seperti madu, cuka apel, atau yogurt untuk mencegah munculnya jerawat. 

realfood jelly pure

Selain menggunakan masker kunyit untuk mengatasi jerawat, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure yang mengandung birds nest, labu kuning, wortel, dan madu hutan. Realfood Jelly Pure dapat membantu mengurangi jerawat, bahkan kandungan birds nest di Realfood Jelly Pure juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Kamu bisa mengonsumsi birds nest ini kapanpun dan dimanapun lho Realfoodfam. 

3. Mencegah Penuaan Dini

Kunyit juga dipercaya mampu mengatasi munculnya tanda penuaan atau kerutan di wajah. Selain itu, dapat membantu menjaga tekstur kulit agar tetap lembap dan elastis. Selain menggunakan sebagai masker kunyit, kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman. Antioksidan dalam kunyit dapat membantu mencegah penuaan dini. 

4. Mengurangi Peradangan 

Kunyit memiliki senyawa aktif bernama kurkuminoid yang berfungsi untuk mengurangi peradangan (anti-inflamasi). Tak heran kunyit bagus untuk membantu penyembuhan peradangan penyakit kulit seperti psoriasis. 

5. Mengatasi Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit akibat polusi dan sinar matahari berlebih. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa senyawa antioksidan dalam kunyit secara signifikan membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Kunyit akan berperan dalam memblokir enzim elastase, yang menyerang kemampuan kulit untuk memproduksi elastin, zat yang membentuk struktur kulit kita.

Setelah mengetahui manfaat dari masker kunyit, ada baiknya Realfoodfam mengetahui cara mengolah masker kunyit dengan benar. Berikut adalah cara memanfaatkan kunyit untuk kulit. 

  • Masker Kunyit dan Madu

Mengolah kunyit sebagai masker bisa dibarengi dengan menambahkan madu yang memiliki sifat antibakteri dan antiseptic. Sehingga dengan menggunakan masker kunyit dan madu dapat membantu lebih efektif untuk mengurangi jerawat di wajah. Berikut cara membuat masker kunyit dan madu: 

  1. Campurkan 1 sendok makan kunyit dan 1,5 sendok makan madu. Aduk hingga merata dan berbentuk pasta. 
  2. Oleskan masker kunyit dan madu secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih, dan tutup dengan membilasnya menggunakan pembersih wajah untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal.
  • Masker Kunyit dan Susu

Cara mengolah kunyit sebagai masker berikutnya adalah dengan mencampur dengan susu bubuk. Campuran ini akan membantu melembapkan dan membuat wajah lebih lembut. Begini cara membuatnya:

  1. Siapkan bubuk kunyit, susu bubuk, dan air secukupnya.
  2. Campur semua bahan hingga berbentuk pasta
  3. Aplikasikan ke wajah secara merata, kemudian tunggu selama 15-20 menit hingga masker mulai mengering. 
  4. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Kemudian keringkan wajah dengan handuk 

Kamu juga bisa melengkapi rutinitas kecantikan kamu dengan ngemil Realfood Jelly Pure yang mengandung birds nest, labu kuning, wortel, dan zinc.

Artikel Terkait Lainnya: