minyak kemiri untuk rambut

Minyak kemiki berasal dari buah kemiri dengan nama latin Aleurites moluccanus yang merupakan rempah yang tumbuh subur di wilayah tropis termasuk Indonesia. Kemiri biasanya diolah menjadi bahan makanan, tapi sejak kecil pastilah kita sudah mendengar beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut. Gak jarang, ibu atau perempuan terdekat dengan kita akan membakar kemiri dan membuat minyak kemiri untuk rambut ataupun tubuh. 

Baca Juga: 8 Obat Maag Alami Yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Minyak kemiri sendiri mengandung 60-66% minyak alami yang mengandung asam oleostrearat yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Oleh karena itu, minyak kemiri sendiri banyak ditambahkan di shampoo untuk rambut. Namun sejatinya, minyak kemiri untuk rambut harus digunakan murni alias tidak dicampurkan ke produk lain untuk hasil yang maksimal. Yuk, simak 16 manfaat minyak kemiri untuk rambut dan tubuh yang bikin kamu pingin cepet-cepet bakar kemiri dan pakai sekarang juga!

1. Menebalkan Rambut

Buat Realfoodfam yang punya masalah rambut tipis, bisa mulai nih cobain minyak kemiri untuk rambut! Minyak kemiri secara alami mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut tampak dan terasa lebih tebal. Tentunya hasilnya tidak instan ya, harus digunakan secara teratur agar pertumbuhan rambut lebih maksimal dan lebih kuat daripada sebelumnya. 

2. Memanjangkan Rambut

Percaya atau tidak, minyak kemiri juga bisa lho untuk memanjangkan rambut! Biasanya rambut yang rontok akan sulit menjadi panjang dan disinilah peran minyak kemiri untuk rambut. Minyak kemiri yang digunakan sebagai di kulit kepala akan memperkuat akar rambut sehingga rambut bisa tumbuh lebih panjang dan pastinya melapisi seluruh lapisan kutikula rambut. Hasilnya rambut panjang dan berkilau bak bintang iklan! 

3. Mengurangi Rontok

Rambut rontok memang menjadi momok perempuan maupun pria, jika tidak segera dirawat, justru bisa menjadi kebotakan. Meskipun ada baiknya kita mencari penyebab kerontokan dan merawat rambut berdasarkan penyebab kerontokannya, minyak kemiri untuk rambut juga bisa menjadi solusi mengurangi rambut yang rontok dan melebatkan rambut. Gunakan minyak kemiri di kulit kepala sebelum keramas, sisir perlahan supaya rambut tidak kusut, lalu lanjutkan dengan keramas hingga bersih. Boleh juga lho tidur dengan minyak kemiri agar besok paginya rambut lebih halus dan lembut, serta bebas kusut!

4. Membuat Rambut Hitam dan Berkilau

Nah, udah sering denger dong kalau salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah untuk membuat rambut jadi hitam dan berkilau?  Minyak kemiri sendiri memang mampu membuat rambut tampak lebih hitam dan berkilau saat terkena cahaya! Jika kamu mempunyai rambut kering, gak ada salahnya lho mengaplikasikan sedikit minyak kemiri untuk rambutmu setelah keramas untuk rambut tampak hitan dan berkilau! 

5. Menghilangkan Ketombe

Menggunakan minyak kemiri untuk rambut berketombe adalah sebuah ide yang bagus! Minyak kemiri secara alami mengandung antimikroba yang dapat menghabat pertumbuhan jamur yang memicu ketombe. Meskipun efektivitas minyak kemiri untuk rambut berketombe masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut, tetapi banyak produk shampoo berketombe yang diperkaya dengan minyak kemiri lho! 

6. Meringankan Gejala Psoriasis

Persis dengan manfaat di atas, minyak kemiri untuk rambut yang memiliki psoriasis di kulit kepala juga sangat baik lho. Kulit kepala yang terdapat psoriasis butuh dilembapkan secara terus menerus sehingga minyak kemiri tidak hanya melembapkan tapi juga mengandung antimikroba yang melindungi kulit kepala dari bakteri. Sounds great ya?

7. Meredakan Kulit Kepala Gatal dengan Minyak Kemiri

Gak punya ketombe ataupun psoriasis tapi kulit kepala sering terasa gatal? Bisa dicoba menggunakan minyak kemiri untuk rambut secara rutin! Oleskan minyak kemiri yang sudah dihangatkan dengan cara merendam minyak kemiri di air panas, lalu oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, kemudian keramas seperti biasa. Mungkin gak instan, tapi bonusnya bikin rambut makin sehat! 

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan asam lemak yang tinggi di dalam minyak kemiri membuat minyak kemiri untuk rambut itu banyak manfaatnya dan bisa menjaga kesehatan rambut lho! Coba deh rutin menggunakan minyak kemiri untuk rambut mulai dari sekarang agar hasilnya terasa kelak. 

9. Melembapkan Rambut yang Kering 

Resep yang satu ini bisa kamu coba nih, pertama siapkan botol spray kosong. Isi dengan ⅘ witch hazel atau rose water, menggunakan air mineral juga bisa kok tapi witch hazel sangat cocok untuk rambut berminyak dan rose water bermanfaat ekstra untuk rambut kering. Tuangkan 1 sendok teh minyak kemiri untuk rambut ke dalam botol. Kocok sebelum digunakan dan semprot di saat kamu merasa rambut kering. 

10. Meluruskan Rambut dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri untuk rambut juga bisa membuat rambutmu jadi lebih lurus lho. Setelah keramas, gunakan minyak kemiri di seluruh bagian rambut saat masih basah. Lama kelamaan rambut akan menjadi lurus secara alami. Penasaran pingin coba? 

11. Ringankan Rasa Perih dari Luka di Kulit Kepala

Terlalu sering menggaruk kulit kepala hingga luka tapi bingung harus diapain? Cobalah untuk mengoleskan minyak kemiri untuk rambut yang gatal! Bisa juga kamu hangatkan terlebih dulu agar rasanya lebih meredakan gatal ataupun didinginkan sebentar untuk sensasi dingin yang menyegarkan. 

12. Atasi Penuaan Dini Rambut dengan Minyak Kemiri 

Salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah membuat rambut tampak hitam dan berkilau, sehingga cocok sekali untuk mencegah penuaan dini rambut. Lho, memangnya rambut bisa mengalami penuaan? Bisa! Rambut yang tampak kusam dan tidak bersinar itu bisa jadi karena terjadi penuaan lho. Oleh karena itu rutin mengoleskan minyak kemiri untuk rambut bisa mengatasi penuaan dini rambut. 

13. Mencegah Munculnya Uban

Selain kusam dan tidak bersinar, minyak kemiri untuk rambut beruban juga bisa mulai diberikan lho karena uban muncul karena penuaan kulit kepala. Lakukan hot oil treatment setiap minggu untuk membantu merangsang produksi sel rambut baru yang lebih kuat dan bebas uban!

14. Melindungi Rambut dari Sinar UV 

Minyak kemiri untuk rambut juga bisa melindungi rambut dari sinar UV. Kamu bisa mencoba dengan cara mengoleskan minyak kemiri setelah keramas atau membuat spray minyak kemiri seperti yang ada di point no. 9. 

15. Aman untuk Kulit Kepala Sensitif

Terbuat dari bahan alami, minyak kemiri untuk rambut itu aman untuk kulit kepala sensitif lho! Jangankan kulit kepala sensitif, kulit kepala yang terdapat eksim maupun psoriasis bisa dibilang aman lho menggunakan minyak kemiri ini. Jadi jangan ragu ya, segera gunakan minyak kemiri untuk rambut. 

16. Solusi Rambut yang Alami dan Murah

Nah ini yang ditunggu-tunggu. MInyak kemiri untuk rambut dasarnya adalah produk yang murah meriah. Realfoodfam bisa membakar beberapa kemiri lalu dihaluskan agar keluar minyaknya atau juga membeli minyak kemiri berkualitas tinggi. Harganya tentu gak mahal dong, apa lagi kalau membuat sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengatasi Kebotakan dengan Penumbuh Rambut Alami

Nah itu dia 16 manfaat minyak kemiri untuk rambut yang perlu kamu tahu. Selain menggunakan minyak kemiri, ada baiknya kamu melengkapi kebutuhan gizi untuk rambut dengan makanan yang kaya protein dan zinc seperti daging sapi, daging ayam, daging kalkun, ikan salmon, sayuran hijau, alpukat, dan biji-bijian. Kamu juga bisa konsumsi Program Sehat 12 Hari Realfood Hair Power yang mengandung asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh, asam sialat, Epidermal Growth Factor untuk menunjang pertumbuhan sel-sel rambut baru, dan ekstrak lidah buaya yang gak kalah bagus manfaatnya! Realfood Hair Power akan membantu menguatkan akar rambut dan menutrisi rambut dari dalam. Jadi biar di luar pakai minyak kemiri untuk rambut, dari dalam, urusan Realfood!

Artikel Terkait Lainnya: