manfaat susu protein

Kabar baik untuk Realfoodfam yang sedang menjalani diet. Sekarang selain olahraga, kamu bisa mengonsumsi susu protein untuk diet agar program yang kamu jalankan semakin efektif. Pada dasarnya susu untuk diet dirancang sebagai meal replacement saat pagi atau  malam agar asupan kalori lebih terjaga. Biasanya susu diet mengandung protein tinggi namun rendah lemak. Sebenarnya tren susu protein diet sudah muncul beberapa tahun silam yang dimulai dari whey protein atau protein shake yang biasa dikonsumsi orang yang ingin menambah massa otot. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Asam Amino, Ragam Jenis, dan Fungsinya untuk Kesehatan Tubuh

Namun seiring berjalannya waktu, susu protein untuk diet banyak dikonsumsi untuk program diet dengan goals apapun, baik untuk untuk massa otot, atau sekedar untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa protein dalam susu menunjukkan manfaat berupa anti-kanker, anti-hipertensi, memiliki efek menurunkan kolesterol, dan menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan. Biasanya susu protein atau protein shakes berasal whey, kedelai, dan protein kasein. Bahan tersebut kaya akan asam amino yang mendukung metabolisme tubuh. 

Lantas sebenarnya apa saja sih manfaat susu protein untuk diet dan bagaimana cara memilihnya? Berikut beberapa manfaat dan tips cara memilih susu protein sesuai kebutuhanmu!

1. Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Berat Badan Turun

Dalam studi yang dilakukan oleh Physiology & Behavior disebut bahwa orang yang mendapat asupan protein tinggi mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak. Hal ini karena proetin yang tinggi dapat membantu menghalangi tubuh dari kenaikan berat badan. Namun jangan lupa untuk tetap mengimbangi dengan olahraga ya, Realfoodfam!

2. Membantu Membakar Lemak di Perut

Tumpukan lemak di perut seringkali membuat percaya diri berkurang. Kabar baiknya, kamu juga bisa mengonsumsi susu protein untuk diet untuk mengurangi tumpukan lemak di perut. Dalam studi yang dituliskan oleh The Journal of Nutrition disebutkan bahwa diet tinggi protein dapat membantu tubuh menghilangkan lemak. Dalam seorang peserta penelitian yang diberi tambahan 56 gram whey protein sehari mengalami penurunan berat sebanyak 2,3kg. Perlu diingat bahwa tumpukan lemak tidak hilang hanya dengan konsumsi susu protein, namun harus dibarengin dengan olahraga. 

Baca Juga: 10 Makanan Penambah Massa Otot yang Perlu Dikonsumsi

3. Mengurangi Rasa Lapar dan Nafsu Makan

Banyak yang menganggap bahwa mengonsumsi susu protein untuk diet dapat membantu mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian oleh Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, yang menyebutkan bahwa konsumsi protein dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga orang akan makan lebih sedikit. 

Salah satu opsi untuk penunjang program dietmu adalah dengan mengonsumsi Realfood Sporte yang hadir dalam 2 varian produk yaitu Realpro dan Realmeals. Pada dasarnya realmeals adalah produk pengganti makanan yang memiliki nutrisi komplit dan cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena energi dan nutrisi diserap perlahan sehingga membuat kenyang lebih lama. Sedangkan Realpro adalah suplemen whey tinggi protein dengan kandungan sarang burung walet didalamnya yang dapat membantu pertumbuhan massa otot. 

4. Membantu Meningkatkan Metabolisme 

Diet tinggi protein juga bisa membantu kinerja metabolisme tubuh, hal ini dilakukan dengan cara menumbuhkan efek termal makanan, dan juga meminimalisir sekresi hormon ghrelin. Dengan mengonsumsi protein shakes sebagai pengganti makanan akan menekan asupan kalori harian sehingga program diet akan lebih efektif. 

Baca Juga: Apa itu Creatine, Manfaat dan Efek Samping yang Harus Kamu Tahu!

Setelah mengetahui manfaat dari susu protein untuk diet, mungkin kamu akan langsung tergiur untuk mulai mengonsumsinya. Namun perhatikan beberapa hal ini ya Realfoodfam saat memilih susu protein yang akan kamu konsumsi dalam program dietmu!

  • Perhatikan Kandungan dan Nutrisi

Saat sedang diet jangan lupa untuk perhatikan asupan nutrisi harian. Pastikan susu protein untuk diet yang kamu konsumsi memiliki kandungan lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan kalori, karbohidrat, dan protein harian. 

  • Cek Asal Susu yang Digunakan

Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih susu protein untuk program diet adalah cermati asal susu tersebut. Terutama bagi kamu yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau menjalani pola hidup vegan. Jika kamu termasuk menghindari susu sapi, pilihlah yang berbahan utama kacang-kacangan atau whey protein.

Itulah tips cara memilih susu protein untuk diet dan juga beragam manfaatnya. Tapi perlu diingat bahwa kunci utama menurunkan berat badan adalah mengeluarkan lebih banyak kalori dibanding yang kita konsumsi. Penuhi asupan makanan dengan sayur, buah dan juga imbangi dengan aktivitas olahraga rutin agar hasil maksimal