witch hazel

Witch hazel adalah sebuah tanaman yang seluruh bagiannya digunakan untuk pengobatan. Daun, kulit pohon, hingga ranting memiliki manfaat yang luar biasa. Mungkin kamu lebih sering melihat witch hazel water yang terbuat dari distilasi ekstrak witch hazel. Nah, biasanya witch hazel water ini digunakan untuk mengurangi rasa gatal di kulit, mengurangi bengkak, bahkan bisa digunakan untuk membersihkan & mengompres mata. Manfaat witch hazel sendiri banyak untuk kulit lho, seperti gigitan serangga, luka bakar minor, jerawat, kulit kepala sensitif, dan masih banyak masalah kulit lainnya. 

Pada produk kecantikan, witch hazel ditambahkan untuk menyeimbangkan pH alami kulit dan memberikan rasa kering kencang pada kulit. Termasuk di dalam obat yang mampu mengurangi atau menghentikan pendarahan. Witch hazel sendiri secara alami mengandung tanin yang mampu mengurangi peradangan dan melawan bakteri di kulit, sehingga pas sekali nih untuk rutin menggunakan witch hazel!

Manfaat Witch Hazel untuk Rambut 

Mengurangi Rambut Lepek

Mungkin belum banyak yang tahu manfaat witch hazel untuk rambut karena belum terlalu banyak produk rambut yang diperkaya witch hazel. Padahal, bahan yang satu ini ampuh mengurangi produksi minyak berlebih lho. Selain itu juga mampu memberikan rasa nyaman pada rambut yang mengalami ketombe. 

Menunjang Pertumbuhan Rambut 

Memang belum banyak bukti ilmiah dalam penggunaan witch hazel untuk pertumbuhan rambu, tetapi banyak orang yang bilang bahwa witch hazel ampuh untuk digunakan pada mereka yang bermasalah dengan rambut rontok. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa rambut rontok di sebabkan oleh iritasi kulit kepala sehingga witch hazel mampu mengurangi iritasi sehingga rambut rontok pun berkurang.

Mencerahkan Warna Rambut 

Apakah witch hazel bisa digunakan untuk membuat rambut lebih terang? Jawabannya adalah tidak! Memang tidak ada bukti bahwa witch hazel bisa merubah warna rambut, tetapi penggunaan yang terlalu banyak dapat membuat rambut jadi kering dan kemudian menjadi lebih terang. Namun tenang aja, hal ini cuma terjadi pada mereka yang memiliki rambut sangat kering ya. 

Mendinginkan Kulit Setelah Hair Removal Treatment

Suka waxing? Selalu sediakan witch hazel! Sensasi dingin menyegarkan membantu mengurangi kemerahan dan bengkak, sekaligus memberikan rasa dingin menyegarkan dan mengembalikan pH alami kulit. Kemampuan memberikan rasa kencang pada kulit ini akan membantu proses penyembuhan paska waxing lho!

Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Kepala

Mengurangi Produksi Minyak di Kulit Kepala

Bukan sekedar mengurangi rasa lepek di rambut, tapi witch hazel juga membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala! Kemampuan sebum-controlling ini disebabkan oleh sifat astringent dari witch hazel. Cobalah untuk melakukan pre-shampoo treatment dengan memberikan witch hazel water di seluruh kepala. Pijat perlahan hingga meresap, lalu bilas hingga bersih. Rasakan bedanya!

Mengurangi Ketombe 

Kebanyakan ketombe disebabkan oleh iritasi di kulit kepala, tetapi bisa juga karena kulit terlalu berminyak bersatu dengan tumpukan produk, ditambah hormon dan juga pertumbuhan bakteri-jamur. Witch hazel membantu membersihkan dan mengurangi peradangan sehingga ketombe perlahan menghilang dari hidupmu! 

Mengurangi Inflamasi 

Pernah ngerasain kulit kepala terasa gatal, ada ketombe ukuran besar, terasa perih, merah, atau bersisik? Bisa jadi kulit kepalamu sedang iritasi! Coba deh cari shampoo dengan bahan dasar witch hazel atau tuangkan witch hazel water langsung ke rambut untuk membantu mengurangi iritasi dan memberikan rasa nyaman pada kulit kepala.

Membersihkan Kulit Kepala 

Witch hazel juga mampu mengurangi rasa gatal dan membersihkan kulit kepala terutama mereka yang memiliki gaya rambut gimbal atau dikepang kecil. Cobalah untuk merendam rambut di witch hazel agar lebih terasa bersih jika tidak bisa menggunakan shampoo.

Selain menggunakan witch hazel, kamu juga perlu nih merawat rambut dengan rutin mengonsumsi suplemen makanan bergizi seperti Fit With Realfood Newly Formulated Realfood Hair Power. Si #HairAndNailsDrinkableSerum ini mengandung sarang burung walet yang kaya akan Epidermal Growth Factor dan Asam Sialat, ditambah Biotin, Vitamin A, dan Vitamin E ini membantu menjaga kecantikan rambutmu lho! Supaya rambut bebas rontok dan kering, kamu bisa konsumsi Hair Power berbarengan dengan Witch Hazel biar rambutmu makin sip aja nih. Yuk, cobain sekarang dan rasakan perbedaannya!

Artikel Terkait Lainnya: