minuman buka puasa

Saat berbuka puasa, hal pertama yang Realfoodfam cari adalah minuman. Pasalnya, minuman mampu membuat tubuh menjadi lebih segar setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Namun, ketika berpuasa pilihlah minuman berbuka puasa yang menyehatkan sekaligus menyegarkan, seperti 8 minuman berikut ini:

1. Air Putih

Minuman buka puasa yang paling bagus dikonsumsi tentu saja air putih. Meskipun tidak memiliki rasa, ada banyak manfaat yang terkandung jika minum air putih. Misalnya, yaitu dapat mengatasi dan mencegah dehidrasi dengan cepat, menyehatkan organ pencernaan, dan mengatasi konstipasi.

Bagi orang dewasa, disarankan untuk mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Ketika berpuasa, Realfoodfam disarankan untuk minum 1 gelas pada waktu-waktu berikut:

  • Setelah bangun sahur
  • Sesudah makan sahur
  • Saat berbuka puasa
  • Usai shalat maghrib
  • Sesudah makan malam
  • Setelah shalat isya
  • Usai shalat tarawih
  • Sebelum tidur

2. Jus Buah-Buahan

Salah satu variasi minuman untuk berbuka puasa yang menyehatkan sekaligus menyegarkan adalah jus buah-buahan. Selain mengandung banyak mineral, vitamin, dan kalium, jus buah-buahan juga bermanfaat untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh.

Untuk berbuka puasa, Realfoodfam bisa mencoba mengkonsumsi jus buah semangka dan melon karena mengandung banyak air sehingga dapat menjaga hidrasi tubuh. Agar Realfoodfam bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari jus buah yang dikonsumsi, hindari penggunaan gula ke dalam minuman.

3. Air Kelapa

Saat Bulan Ramadhan, Realfoodfam pasti dapat dengan mudah menemukan penjual yang menjajakan air kelapa muda. Selain mudah ditemukan, air kelapa juga daoat menghidrasi tubuh dan mengisi elektrolit yang hilang selama Realfoodfam berpuasa. 

Air kelapa juga kaya akan nutrisi, seperti magnesium, natrium, kalium, kalsium, vitamin C, dan juga serat. Kalium yang terdapat pada air kelapa sangat baik dalam menjalankan berbagai fungsi tubuh hingga menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh guna mencegah dehidrasi.

4. Smoothie Kurma

Selain bisa dijadikan sebagai menu praktis buka puasa, kurma juga bisa dikonsumsi sebagai minuman buka puasa yang menyehatkan dan menyegarkan. Realfoodfam bisa mengolah kurma menjadi smoothie kurma. Cara membuatnya mudah, Realfoodfam bisa merendam kurma menggunakan air panas hingga tekstur kurma lunak.

Kemudian, blender kurma yang sudah lunak tersebut hingga halus dan tambahkan susu rendah lemak. Jika dirasa kurang manis, Realfoodfam bisa menambahkan madu.

5. Infused Water

Cara membuat infused water sangat mudah karena Realfoodfam hanya membutuhkan air dan bahan campuran lainnya sesuai selera, contohnya lemon, strawberry, mentimun, sereh, dan lain-lain. Kemudian, cuci bersih bahan campuran tersebut, potong, dan tambahkan air putih.

Diamkan setidaknya satu jam, atau jika ingin rasa yang lebih menonjol, masukkan infused water tersebut ke dalam kulkas semalaman. Manfaat infused water tidak hanya sebagai pengganti elektrolit yang hilang ketika berpuasa. Namun, infused water juga bisa melancarkan metabolisme dan membantu detoksifikasi tubuh.

6. Air Madu Lemon

Jika Realfoodfam lebih suka mengkonsumsi minuman hangat ketika berbuka puasa, cobalah membuat campuran madu, lemon, dan air hangat. Minuman ini bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan dan juga mengeluarkan sisa racun dari dalam tubuh atau membantu proses detoksifikasi. Namun, Realfoodfam yang memiliki masalah lambung, hindari minum ini ketika perut kosong. 

7. Teh Hijau

Saat berbuka puasa, Realfoodfam pasti sudah terbiasa berbuka puasa dengan teh panas. Jika ingin lebih sehat, cobalah menggantinya dengan teh hijau. Pasalnya, teh hijau kaya akan antioksidan, menstabilkan tekanan darah, dan meluluhkan kolesterol dalam tubuh. Namun, ketika berbuka puasa, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu sebelum minum teh hijau.

8. Realfood UP

Jika Realfoodfam mencari minuman buka puasa yang praktis, menyegarkan, sekaligus menyehatkan, Realfood UP adalah pilihan yang sempurna. Minuman yang diluncurkan oleh Realfood Indonesia ini mampu menghilangkan dahaga usai seharian menjalankan ibadah puasa.

Kandungan sarang burung waletnya dapat meningkatkan imunitas, menjaga kulit tetap sehat, dan membantu meredakan peradangan. Realfood UP hadir dengan tiga varian, yaitu original, kurma, dan peach+collagen. Rasanya yang segar mampu membuat Realfoodfam lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas seharian meskipun sedang menjalankan puasa. 

Itulah 8 minuman buka puasa yang tidak hanya menyegarkan namun juga menyehatkan. Minuman tersebut kaya akan nutrisi dan vitamin serta mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas seharian meskipun berpuasa. Bagi yang menyukai kepraktisan, namun tetap menyehatkan dan menyegarkan untuk buka puasa, Realfood UP adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi.

Artikel Terkait Lainnya: