kalori

Siapa bilang menurunkan berat badan berarti mengurangi makanan dan minuman yang kamu sukai? Sebenarnya kamu tetap bisa menikmati beragam makanan dan minuman diet yang memberikan sensasi puas lho. Semakin menyenangkan dietmu, maka semakin besar kemungkinan untuk dietmu berjalan di jangka waktu yang lama dan membuat berat badanmu tetap stabil. Yuk simak 10 minuman diet yang nyegerin, tapi gak bikin berat badanmu naik! 

1. Teh Hijau 

Minuman diet yang satu ini secara alami tinggi akan kandungan polifenol seperti epigallocathchin gallate (EGCG) yang bekerja sebagai antikoksidan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu, EGCG juga bersifat menurunkan napsu makan lho. Tentunya minuman yang satu ini begitu menyegarkan jika dikonsumsi saat dingin menggunakan sedikit atau tanpa gula.

2. Teh Oolong 

Mirip seperti teh hijau, teh oolong adalah minuman diet yang terbuat dari teh hijau yang dilayukan dan mengalami proses oksidasi sehingga mengandung lebih tinggi kafein daripada teh hijau. Hasilnya, teh ini kaya akan flavonoid yang mampu melindungi pembuluh darah dan meningkatkan metabolisme lebih baik daripada teh hijau. Teh oolong sendiri nikmati dikonsumsi di pagi hari sebelum memulai aktivitas sebagai pembangkit semangat dan stamina lho! 

3. Kombucha 

Minuman diet yang satu ini terbuat dari teh hitam atau teh hijau yang difermentasi dengan koloni bakteri dan yeast. Gula yang dicampurkan akan dikonsumsi oleh bakteri dan yeast dan menghasilkan ethanol, karbondioksida, dan probiotik. Sensasi berbuih dan karbonasi yang menyegarkan ini bisa membuat kombucha sebagai pengganti soda lho! Apa lagi jika difermentasi kedua kali dengan buah-buahan yang akan semakin membuat kombucha lebih berkarbonasi. Segar sekali dikonsumsi dalam keadaan dingin ya! 

4. Sup Tulang 

Butuh tambahan protein tapi enggan mengonsumsi makanan? Atau butuh suplemen kolagen untuk kecantikan kulit? Kamu bisa lho konsumsi sup tulang! Mulai dari sup tulang sapi hingga sup tulang ayam, sup tulang adalah alternatif minuman diet yang bisa kamu konsumsi di pagi hari lho. Rendah kalori, tinggi protein, dan tinggi kolagen–sup tulang bisa juga kamu buat sebagai sup agar terasa lebih mengenyangkan. 

5. Jus Buah dan Sayur 

Tentu saja kamu bisa mengonsumsi minuman diet berupa jus buah dan sayur. Hanya saja, perbanyak jumlah sayur seperti bayam, ketimun, wortel, kale, dan seledri dan kurangi buah di dalamnya untuk mengurangi konsumsi gula. Kamu bisa mengonsumsinya tanpa serat atau dengan serat, sesukamu. Di konsumsi di pagi hari maupun malam hari sama baiknya, terutama untuk memenuhi kebutuhan serat harian. 

6. Air Putih 

Jangan lupakan minuman yang satu ini! Selain sangat baik sebagai minuman diet karena tidak berkalori, air putih juga sangat baik untuk kesehatanmu terutama saat kamu berdiet dan rutin berolah raga, Kamu bisa lho konsumsi air putih biasa atau air putih sparkling dengan sensasi karbonasi jika kamu tidak terlalu menyukai rasa air putih. Pastikan kamu mengonsumsi 2 liter air setiap hari agar kamu terhindar dari dehidrasi ya. 

7. Air Lemon 

Nah, jika kamu enggan mengonsumsi air putih–minuman diet yang satu ini bisa jadi solusi. Tambahkan sedikit perasan lemon ke dalam airmu agar terasa lebih menyenangkan dan menyegarkan. Bolehlah ditambah pemanis seperti stevia dan potongan lemon agar lebih menyegarkan. Disajikan dengan air dingin & es akan membuatmu lebih semangat, apa lagi lemon secara alami akan menurunkan napsu makan dan membantu membakar lemak membandel di tubuhmu. 

8. Air Kelapa

Siapa yang suka minum minuman isotonik setelah berolah raga? Yuk ganti dengan minuman diet yang satu ini! Air kelapa secara alami mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh tanpa kandungan gula berlebih. Kamu bisa banget mengonsumsi air kelapa yang dingin dan segar untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, tapi perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi berlebih ya. Sebaiknya dalam satu hari tidak lebih dari 1 butir karena konsumsi air kelapa berlebih juga bisa meningkatkan gula darah dan meningkatkan risiko cacingan lho! 

9. Teh Herbal 

Buat kamu yang suka aroma bunga-bungaan, teh herbal juga bisa menjadi minuman diet kamu karena tidak mengandung kalori dengan rasa dan aroma yang begitu menyegarkan. Misalnya kamu bisa mengonsumsi teh bunga rosella yang kaya akan antioksidan, atau teh camomile yang sangat baik untuk menyeimbangkan gula darah. Masih banyak jenis teh herbal lainnya juga seperti teh spearmint & teh mint yang akan menurunkan napsu makan dan menyeimbangkan hormon tubuh. 

10. Teh Buah Kering 

Rindu ingin minuman yang menyegarkan seperti ice lychee tea? Well, kamu bisa lho konsumsi teh buah kering seperti teh apel, teh leci, teh mangga, teh passion fruit, atau teh buah beri yang cenderung bebas kalori! Disajikan saat dingin, pastinya nyegerin banget! Atau bisa juga nih kamu konsumsi Realfood Cleanser Passion Power sebagai minuman dietmu karena mengandung serat dari 12 jenis buah dan sayuran untuk menjaga keseimbangan mikroflora di sistem pencernaanmu!