Boba

Saat ini minuman manis misalnya bubble tea atau sering disebut juga sebagai boba memang sedang digemari. Padahal, minuman dengan kadar gula yang sangat tinggi cukup membahayakan kesehatan tubuh. Nah, kenali apa saja bahaya dari boba dan pilih minuman sehat lain pengganti boba yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh misalnya minuman sarang burung walet.

Efek Buruk Boba

Boba merupakan bahan makanan yang sering ditambahkan dalam minuman dan berbentuk seperti bubble yang terbuat dari tepung tapioka. Minuman ini awalnya berasal dari Taiwan dan menyebar hingga ke belahan Asia bahkan Eropa.Nah, saat ini ada boba yang berwarna hitam maupun putih. Boba berwarna hitam terbuat dari campuran tepung tapioka, ubi, serta gula merah. Sedangkan boba yang berwarna putih terbuat dari pati singkong, caramel dan chamomile

Konsumsi bubble tea cukup berbahaya karena kandungan gula yang dimilikinya cukup tinggi. Selain mengandung gula alami, boba juga mengandung berbagai jenis gula tambahan misalnya fruktosa, sukrosa, galaktosa serta melezitosa. Banyaknya kandungan gula ini tentu saja berbahaya bagi tubuh, seperti yang kita tahu diabetes mellitus masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi.

Kandungan Gula dalam Boba

Nah, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa minuman ini memiliki kandungan gula sebesar 38 gram dengan kandungan kalori mencapai 299 kkal pada setiap porsinya. Besaran kandungan gula tersebut tidak disarankan oleh Asosiasi Jantung Amerika karena asupan maksimal gula dalam sehari tidak boleh lebih dari 150 kkal. Selain itu, biasanya orang memesan bubble milk tea dengan menambahkan berbagai topping lain yang meningkatkan kandungan gula di dalamnya. 

Ganti Boba dengan Minuman Rendah Kalori

Salah satu cara untuk tetap hidup sehat dan bisa menikmati minuman yang enak yakni dengan mengonsumsi minuman diet yang mengandung bahan terbaik misalnya sarang burung walet. Sarang burung walet merupakan bahan makanan yang terbuat dari air liur burung walet yang telah memadat dan dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Tekstur yang dimiliki oleh burung walet ini sering digunakan sebagai sup atau es sarang. Sarang walet dikenal memiliki kandungan epidermal growth factor yang memiliki manfaat cukup baik dalam memproduksi kolagen

  1. Menurunkan Risiko Jantung

Manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi sarang burung walet secara teratur yakni menurunkan risiko penyakit jantung. Berbagai penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa konsumsi minuman sarang burung walet memiliki efek yang sama dengan konsumsi obat penurun kolesterol misalnya simvastatin. Tentu saja, Realfoodfam bisa tetap sehat dengan mengonsumsi minuman sehat yang satu ini.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan yang terdapat dalam minuman sarang burung walet yakni antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa kimia yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas. Seperti yang kita  tahu bahwa radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. 

  1. Mencegah Resistensi Insulin

Insulin merupakan salah satu hormon yang memiliki peranan penting dalam mengatasi diabetes. Seperti yang kita tahu bahwa resistensi insulin menjadi salah satu faktor paling berisiko dalam menyebabkan penyakit diabetes. Nah, kandungan gizi yang terdapat dalam minuman sehat misalnya sarang burung walet berguna untuk menjaga kerja insulin dalam tubuh tetap dalam kondisi maksimal. Sehingga bisa mencegah dari kemungkinan resistensi insulin. Kandungan mangan yang terdapat dalam sarang burung walet berguna untuk membantu pertumbuhan tulang. 

Baca Juga: 10 Minuman untuk Diet yang Rendah Kalori dan Alami

Sudah tahu kan berbagai khasiat sarang burung walet? Yuk mulai rutin konsumsi sarang walet Realfood untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu.