minuman sehat untuk anak

Jika kamu masih berpikir bahwa hanya makanan yang perlu diperhatikan nilai gizi dan kalorinya, kamu harus berhati-hati bahwa minuman juga bisa jadi momok lho! Cairan adalah komponen penting untuk kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Terlalu sering mengonsumsi cairan dengan gula dan kalori tinggi justru bisa menyebabkan anak jatuh ke jurang obesitas lho. 

Padahal, konsumsi cairan sangat dibutuhkan dalam menunjang fungsi tubuh untuk metabolisme, fungsi sel, pengaturan suhu, dan maish banyak lagi. Itulah alasan penting mengapa kamu harus memilih minuman sehat untuk anak. Seperti apa sih minuman sehat untuk anak? Simak di sini! 

1. Air Putih 

Minuman sehat untuk anak yang paling wajib dikonsumsi setiap hari. Tidak mengandung kalori, lemak, dan gula ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anak, menjaga kelembapan kulit, dan menjaga kesehatan saluran penceranaan. Selain itu air putih juga membantu membersihkan fungsi organ seperti ginjal dan saluran kemih. 

2. Jus Buah Segar

Anak-anak memang sedikit sulit untuk dirayu konsumsi sayur dan buah. Oleh karena itu, memberikan jus buah segar dengan serat sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat. Rasanya yang manis akan membuat si kecil lebih sedang dengan minuman sehat yang satu ini. Pastikan untuk memilih jus buah segar yang tidak mengandung pengawet, gula, ataupun pemanis buatan ya! 

3. Jus Sayur 

Selain jus buah, jus sayur juga minuman sehat untuk anak. Kaya akan sumber vitmain, mineral, dan serat, kamu bisa gunakan sayur yang rasanya netral seperti wortel, bayam, bit, atau tomat. Tambahkan juga sedikit buah-buahan agar rasanya lebih manis! 

4. Teh Hijau atau Teh Putih 

Teh secara alami kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh anak dari kerusakan akibat radikal bebas. Pilihlah teh hijau atau teh putih yang lebih kaya akan antioksidan tetapi tidak mengandung kafein agar si kecil tidak terlalu hiperaktif! 

5. Susu

Susu UHT atau susu pasteurisasi adalah minuman sehat untuk anak. Mengandung protein, kalsium, dan Vitamin D yang dibutuhkan oleh anak. Susu rendah lemak bisa menjadi pilihan yang lebih sehat jika si kecil sangat suka minum susu. Namun pada dasarnya, susu dengan lemak mengandung vitamin lebih tinggi daripada susu rendah lemak! 

6. Air Jeruk 

Manis dan menyegarkan! Air jeruk kaya akan Vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa masamnya dan sajikan dingin agar terasa makin segar!

7. Susu Kacang 

Bila si kecil alergi laktosa, susu kacang bisa menjadi minuman sehat untuk anak lho! Kamu bisa memilih beragam susu kacang seperti susu kedelai, susu kacang hijau, susu kacang mete, susu kacang almond, susu oat, susu beras, susu hazelnut, dan masih banyak susu yang terbuat dari kacang-kacangan di pasaran. Kandungan lemak dan protein yang seimbang sangat baik untuk pertumbuhan si kecil. Selain itu kalorinya juga cenderung lebih rendah lho! 

8. Kombucha 

Minuman sehat untuk anak yang satu ini benar-benar ajaib lho! Terbuat dari air teh dan gula, difermentasi dengan SCOBY atau symbiotic culture of bacteria and yeast. Hasil dari fermentasi ini akan menjadi minuman yang memiliki karbonasi persis soda, tetapi kaya akan kandungan probiotik dan antioksidan yang membantu menyeimbangkan mikroflora di saluran cerna, mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan masih banyak lagi. Sedap dikonsumsi saat dingin atau ditambahkan buah-buahan! 

9. Yogurt 

Jika si kecil tidak menyukai rasa masam, mungkin yogurt bisa jadi pilihan minuman sehat untuk anak. Teksturnya yang unik dan rasanya yang beragam bisa membuat anak menyukainya. Kamu juga bisa menambahkan buah, kacang-kacangan, atau sereal agar si kecil lebih tertarik mengonsumsi yogurt. Sama seperti kombucha, yogurt mengandung probiotik yang sangat baik untuk sistem percernaan si kecil. Jangan ragu untuk memberikan yogurt di saat si kecil sakit, terutama saat diare. 

10. Sarang Burung Walet 

Salah satu minuman sehat untuk anak yang rutin dikonsumsi oleh bangsa Tionghoa adalah sarang burung walet. Bukan tanpa alasan, sarang burung walet adalah bahan berharga yang kaya gizi. Secara alami, sarang burung walet kaya akan protein dan asam amino yang dikenal dengan Epidermal Growth Factor. Sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Selain itu ada asam salisilat yang sangat baik untuk sistem imun. Coba deh, rutin berikan si kecil Realfood Stay Fit sebagai minuman sehat di setiap pagi hari!

Artikel Terkait: