5 Bahaya Memakai Gadget Secara Berlebihan, Sebabkan Masalah Mata Hingga Rambut!

19 Januari 2021

Gadget penting untuk mempermudah aktivitas di era serba digital seperti saat ini. Mulai dari laptop untuk bekerja hingga smartphone untuk berkomunikasi dan bersosial media, membuat gadget tidak terlepas dalam keseharian. Namun, di samping manfaatnya, memakai gadget secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan lho, Realfoodfam! 

Yuk, simak 5 bahaya memakai gadget secara berlebihan yang dapat menyebabkan masalah mata hingga rambut berikut ini!

  •   Ketegangan Otot

Ketegangan Otot Karena Terlalu Lama Memakai Gadget

Ketegangan otot karena terlalu lama memakai gadget (source: freepik.com)

Seperti dilansir dari www.health.harvard.edu, pergerakan tubuh yang konstan karena terlalu lama mengetik atau scrolling dapat menyebabkan ketegangan otot, pergelangan tangan hingga ke jempol mengalami keram, hingga cedera tendon.

Meskipun tidak menyebabkan hilangnya persendian pada tulang rawan yang mendasari penyebab osteoartitis, namun hal ini dapat meningkatkan gejala osteoartitis bagi mereka yang rentan. Selain itu, saat bermain gadget gestur tubuh cenderung menunduk sehingga dapat pula mengakibatkan sakit pada leher dan punggung.

Menurut Dr. Andrew White, seorang ahli bedah ortopedi, meskipun tidak menyebabkan cedera permanen, namun sakit pada leher dan punggung dapat menimbulkan ketidaknyamanan, serta dapat mengiritasi syaraf oksipital, di mana tulang belakang terhubung langsung dengan tengkorak kepala sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

  • Gangguan Tidur

Keasyikan scrolling timeline media sosial, chatting, hingga bermain game PC seringkali membuat lupa waktu hingga dapat menyebabkan gangguan tidur. Seperti dilansir dari interview bbc.com bersama Professor Richard Wiseman, seorang psikolog di Universitas Hertfordsire, survey menyimpulkan bahwa penggunaan smartphone dapat memengaruhi jam tidur. 

Lebih dari tiga perempat responden mengatakan bahwa mereka menggunakan gadget sebelum tidur. Professor Richard Wiseman yang berperan di balik survey tersebut mengatakan bahwa 6 dari 10 orang saat ini tidur di malam hari kurang dari 7 jam, atau dapat dikategorikan mengalami kurang tidur.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa layar gadget memancarkan blue light yang mengganggu proses alami tubuh. Blue light cenderung menghambat produksi hormon melantonin yang secara alami mengarahkan seseorang untuk tidur. Menggunakan gadget sebelum tidur dapat menstimulus otak sehingga orang akan mengalami kesulitan saat mencoba tidur.

  • Mata Lelah akibat Radiasi

Penggunaan gadget untuk bekerja seperti komputer dan laptop juga dapat menjadi penyebab mata lelah. Layar gadget memancarkan blue light sehingga para pengguna yang melihat layar secara terus-menerus menyebabkan mata lelah karena kondisi mata yang kering dan tegang. 

Untuk menghindari mata lelah saat bermain gadget, beristirahat sejenak sangat dianjurkan. Atur waktu penggunaan laptop harian dan lakukan pengaturan screen time pada smartphone. Selain itu, Realfoodfam dapat pula menggunakan kacamata anti radiasi blue light untuk memberikan perlindungan mata dari luar.

Menjaga asupan makanan yang baik untuk kesehatan mata juga penting seperti mengonsumsi wortel dan sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Beruntung, kini ada Program Realfood Bright Sight yakni program sehat Realfood terbaru yang praktis dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan mata.

Realfood Bright Sight membantu menutrisi mata

Program 12 Hari Realfood Bright Sight, program sehat Realfood terbaru untuk membantu menutrisi mata

Realfood Bright Sight diformulasi khusus dengan berbagai kandungan bermanfaat, termasuk sarang burung walet yang diperkaya dengan Vitamin A. Formula semi concentrated Realfood Bright Sight berperan dalam membantu mencegah radang mata, mata merah, mata gatal, dan mata kering. 

Vitamin A yang terkandung di dalamnya dapat mendukung pencegahan kerusakan lensa dan retina mata, sedangkan Vitamin E berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kelembapan dan kesegaran mata. Selain itu, kandungan Zinc dapat pula membantu menjaga kesehatan mata.

Bukan sekadar sarang burung walet, Realfood diformulasi khusus karena sarang burung walet tidak dapat diproses sembarangan dan memerlukan formula yang tepat untuk mendapatkan benefitnya. Program sehat Realfood adalah program sehat yang mengandung sarang burung walet pertama yang diproses secara modern tersertifikasi ISO 22000, Halal, dan BPOM di Indonesia, serta tanpa bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan.

Formula Realfood telah teruji ribuan kali oleh para ahli selama 3 tahun, menghasilkan program 12 Hari Realfood yang efektif dikonsumsi minimal selama 12 hari berturut-turut untuk dapat merasakan manfaat terbaiknya. 

  • Rambut Rontok

Gadget nyatanya tidak hanya memiliki radiasi yang berbahaya untuk mata. Penelitian Journal of Cosmetology and Trichology yang berjudul “Hair Loss due to Electromagnetic Radiation from Overuse of Cell Phone” menyimpulkan bahwa paparan radiasi elektromagnetik ponsel dapat turut menyebabkan masalah kerontokan rambut akibat kerusakan DNA untai tunggal, efek genotosik, hingga regulasi hormonal.

Penelitian tersebut juga menemukan peningkatan insiden rambut rontok pada mereka yang berprofesi sebagai call center dan pengembang software yang juga bisa jadi diakibatkan oleh kontak terlalu lama dengan layar komputer. 

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan penelitian lebih mendalam, Realfoodfam dianjurkan untuk mengurangi kemungkinan risiko rambut rontok akibat gelombang elektromagnetik handphone atau radiasi komputer.

Atur pola hidup yang lebih baik untuk menghindari kecanduan gadget dengan memperbanyak aktivitas lain seperti berolahraga. Apabila Realfoodfam sedang mengalami kerontokan rambut, dapat didukung dengan konsumsi makanan yang dapat mendukung kesuburan rambut seperti kacang-kacangan yang kaya akan protein dan kedelai yang kaya akan lemak Omega 3.

Untuk membantu menutrisi rambut secara praktis setiap hari, Realfood mempersembahkan Realfood Hair Power yakni semi concentrated program yang diformulasi menggunakan sarang burung walet, lidah buaya, kolagen, dan berbagai kandungan lainnya yang bermanfaat untuk rambut.

Vitamin C dan Zinc di dalamnya dapat mendukung kekuatan akar rambut dan mengurangi kerontokan rambut, sedangkan Vitamin E membantu menghaluskan rambut sehingga membuatnya tampak berkilau. Kolagen di dalamnya juga mengandung Asam Amino yang dapat membantu menutrisi rambut. 

Selain Realfood Hair Power dan Realfood Bright Sight, terdapat berbagai program sehat bersama Realfood yang diformulasi lengkap sesuai kebutuhan seperti Realfood Wonder Mom yang diperkaya Asam Folat, Realfood Royal Wellness dan Realfood Stay Fit dengan gula batu, Realfood Pure Wellness yang bebas gula, Realfood Ever Glow dan Realfood Ever Glow+ yang diperkaya kurma, serta Realfood Forever Young dan Realfood Forever Young+ yang diperkaya kolagen.

  • Gangguan Kecemasan

Ketergantungan pada gadget, selain dapat menyebabkan gangguan tidur, juga dapat mengakibatkan gangguan kecemasan. Alejandro Lleras, seorang Profesor Psikologi di University of Illinois menemukan bahwa penggunaan perangkat mobile secara berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi pada mahasiswa. 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Computers in Humans Behavior ini menunjukkan bahwa mereka yang menggambarkan diri memiliki perilaku adiktif terhadap internet dan ponsel, memiliki skor yang jauh lebih tinggi pada skala depresi dan gangguan kecemasan.

Setelah mengetahui akibatnya, mulai ubah gaya hidup agar terhindar dari bahaya memakai gadget secara berlebihan, yuk Realfoodfam!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars