7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Wajah

28 Oktober 2020
manfaat lidah buaya untuk wajah

Tanaman lidah buaya atau aloe vera memiliki manfaat bagi kulit wajah, salah satunya  adalah untuk mengatasi permasalahan jerawat. Lidah buaya memiliki tiga lapisan utama. Lapisan paling pertama berada paling dalam mengandung 99% air, dan 1% sisanya mengandung sterol, vitamin, lipid, glukomanan, dan asam amino. Lapisan yang kedua berada di tengah terbuat dari lateks, yaitu getah kuning yang mengandung antrakuinon dan juga glikosida. Lapisan yang ketiga berada di paling luar, lapisan luar terdiri dari 15 sampai 20 sel yang disebut sebagai kulit buah.

Lalu, bagaimana cara mengambil ekstrak gel dari tanaman lidah buaya? Dikutip dari Medical News Today, Realfoodfam bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Potong 3 sampai 4 batang lidah buaya dan sisakan sedikit pada bagian bawah dan akar saja.
  • Lalu potong menjadi 2 bagian.
  • Letakan potongan tersebut selama 15 menit dengan posisi telungkup agar lateksnya keluar.
  • Bersihkan ujung daun lidah buaya yang masih lancip dan duri-duri di sekelilingnya.
  • Keluarkan gel di dalam lidah buaya menggunakan pisau bersih.
  • Lalu, tempatkan gel dalam wadah sebelum digunakan.
  • Bila ingin dibekukan, simpan dalam kulkas selama 2 minggu.

Menurut Kim Chang, seorang ahli kecantikan dari Baylor Aesthetics Studio mengatakan bahwa tanaman lidah buaya kaya akan anti-inflamasi, vitamin A, antioksidan, dan juga vitamin C yang dapat menyembuhkan luka bakar dan permasalahan kulit wajah yang kering.

Berikut ini berbagai manfaat aloe vera untuk wajah yang perlu diketahui.

1. Merangsang Produksi Kolagen untuk Mencegah Penuaan Dini

Menurut penelitian dari National Center for Biotechnology Information, gel lidah buaya dapat membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh seseorang.

Kolagen berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menjaga keelastisan kulit. Seiring bertambahnya usia, tingkat produksi kolagen juga akan menurun dan mempengaruhi pertumbuhan jaringan sel kulit.

Cara memakai aloe vera, potong beberapa bagian lidah buaya dan ambil gelnya, lalu oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit wajah secara menyeluruh atau bisa menggunakan produk kecantikan tertentu yang mengandung lidah buaya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Realfoodfam juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolagen yang tinggi agar produksi kolagen dalam tubuh bisa beregenerasi lebih cepat.

2. Menyembuhkan Luka Bakar

Lidah buaya dapat menembus lapisan epidermis kulit (lapisan terluar kulit) lebih cepat daripada air, sehingga dapat menghantarkan aloin untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

Aloin merupakan senyawa yang ada dalam lidah buaya dan berfungsi sebagai anti-inflamasi. Kandungan anti-inflamasi yang tinggi pada gel lidah buaya dapat mengatasi masalah luka bakar karena sinar matahari ataupun luka bakar ringan derajat 1 dan derajat 2.

Dikutip dari American Academy of Dermatology Association, Aloe vera dapat menyembuhkan kulit yang terbakar dengan cara mengoleskan gelnya secara langsung ke area kulit. Jangan menggunakan benzokain karena dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit. Sangat disarankan bila dalam waktu 2 hari tidak ada perubahan atau luka bertambah parah, segera periksa ke dokter kulit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan Kulit Wajah

3. Mengatasi Masalah Iritasi Kulit

Menurut Dr. Haughton, anti-inflamasi dari lidah buaya dapat bermanfaat untuk mengobati psoriasis dan eksim. Penelitian yang dilakukan dari National Psoriasis Association (NPA), mengoleskan krim yang mengandung 0,5 persen lidah buaya hingga tiga kali sehari dapat mengurangi kemerahan dan bersisik.

4. Membantu Melembapkan Kulit Wajah

Aloe Vera membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, sehingga dapat membuat kulit wajah tetap lembab. Berikut cara melembapkan kulit wajah dengan gel lidah buaya:

  • Oleskan gel lidah buaya secara langsung ke area wajah dan biarkan selama 5–10 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lembut.

Cara alternatif lainnya adalah dengan menjadikan lidah buaya sebagai masker wajah untuk membantu merawat kulit wajah secara alami.

5. Mengurangi Jerawat pada Wajah

Aloe vera juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah menyebabkan kerusakan pada kulit dari bakteri jahat. Gel lidah buaya polisakarida dan giberelin yang dapat mengurangi peradangan dan membentuk pertumbuhan sel baru (Sumber: pharmeasy.in).

Efek anti-inflamasi yang terkandung dalam gel lidah buaya dapat membantu mengatasi permasalahan jerawat. Oleskan gel lidah buaya secara rutin 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Buat Kulit Nampak Cerah dan Sehat, Tertarik?

6. Menghaluskan Kulit Wajah

Aloe vera bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Setelah sel kulit mati yang ada pada wajah terangkat, maka akan terbentuk sel kulit baru yang sehat dan lebih halus.

7.  Sebagai Pembersih Wajah

Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sisa-sisa makeup ataupun untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Berikut cara menggunakan lidah buaya sebagai pembersih wajah:

  • Campurkan gel lidah buaya dengan air (perbandingan 1:2)
  • Setelah itu, kocok hingga gel larut dalam air
  • Lalu oleskan toner lidah buaya ke wajah dengan bola kapas

Nah, sekarang Realfoodfam sudah tahu bukan betapa pentingnya manfaat lidah buaya untuk wajah? Yuk, biasakan diri untuk rutin merawat wajah dengan benar, salah satunya merawat wajah dengan lidah buaya.

Artikel lainnya terkait “cara merawat wajah”

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars