Punya Masalah Minyak Berlebih di Wajah? Berikut 6 Cara Alami untuk Menghilangkannya

29 Agustus 2020
cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami

Kulit wajah yang berminyak merupakan salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan. Selain dapat mengganggu penampilan, wajah berminyak juga dapat membuat debu dan kotoran menempel pada wajah. Secara alami, kulit wajah akan menghasilkan minyak untuk menjaga kelembaban kulit. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous disebut dengan sebum.

Ciri-ciri wajah yang berminyak

  • wajah terlihat mengkilap
  • adanya minyak berlebih pada bagian hidung, dahi, dan juga area pipi
  • memiliki pori-pori besar
  • timbul komedo

Wajah yang berminyak juga dapat memicu munculnya permasalahan jerawat. Biasanya permasalahan ini muncul karena

  • faktor genetik
  • faktor usia
  • tidak cocok dengan produk perawatan wajah tertentu

Bagi Realfoodfam yang mempunyai masalah pada kulit berupa wajah berminyak, tenang saja karena saat ini ada banyak cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Namun, ada baiknya tetap untuk berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mengetahui anjuran yang diperbolehkan.

Nah, pada kesempatan kali ini, Realfood.co.id akan memberikan tips-tips yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan wajah yang berminyak.

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Bila Realfoodfam selesai beraktivitas di luar ruangan , jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan air bersih lalu keringkan wajah dengan handuk bersih. Untuk yang menggunakan makeup, bisa menggunakan cleansing oil ataupun sabun muka khusus untuk membersihkan sisa-sisa makeup secara menyeluruh.

2. Gunakan Blotting Paper

Blotting paper merupakan tisu wajah khusus yang dapat menyerap minyak berlebih. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu dengan menempelkannya pada area wajah selama 15 detik lalu pindahkan ke area wajah lainnya. Dilakukan hingga semua area wajah sudah kering. Bisa juga dengan mengusap area wajah secara keseluruhan untuk mengatasi minyak yang berlebih di wajah.

Baca juga: Simple Kok, Begini 7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

3. Lakukan Eksfoliasi dengan Menggunakan Masker yang Terbuat dari Bahan Alami 

Eksfoliasi merupakan suatu proses untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit wajah. Realfoodfam bisa melakukan eksfoliasi dengan aman sendirian asal tahu harus menggunakan bahan apa saja. Cara paling termudah adalah dengan menggunakan berbagai macam masker dengan bahan alami yang memang bermanfaat untuk kulit.

Menggunakan campuran bahan-bahan alami untuk membuat masker dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan sendiri untuk menghilangkan masalah minyak pada wajah. Realfoodfam bisa memilih mana treatment yang paling sesuai dan bisa dilakukan secara rutin selama 30 hari sebelum tidur malam.

  • Masker Lidah Buaya

Realfoodfam bisa menggunakan produk pelembab tertentu untuk menjaga kelembaban kulit. Namun, bila ingin cara yang paling alami untuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan lidah buaya. Berdasarkan Penelitian dari  Politeknik Negeri Sriwijaya, “lidah buaya mengandung antiseptik dan anti iritasi yang tentunya sangat baik untuk kulit”.

Cara penggunaannya sama sekali tidak rumit, karena Realfoodfam hanya perlu memotong lidah buaya secukupnya saja. Setelah itu, bukalah kulit lidah buaya hingga nampak dagingnya.

Jika sudah dikupas atau dibuka, oleskan secara merata di seluruh bagian wajah. Tunggu sampai lidah buaya benar-benar kering dan meresap di wajah. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat dan jangan lupa keringkan.

  • Memanfaatkan Masker Madu untuk Menghilangkan Minyak Berlebih

Pasti Realfoodfam tidak menyangka bukan bahwa madu bisa digunakan sebagai salah satu cara alami untuk menghilangkan minyak pada wajah? Berdasarkan penelitian dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, “madu sangat kaya akan kandungan anti inflamasi, antimikroba, antimetastatik, antikanker, dan juga antioksidan”.

Hal inilah yang membuat ada berbagai produk kecantikan memanfaatkan kandungan madu sebagai bahan utamanya. Realfoodfam bisa memanfaatkan masker madu sebagai perawatan alami sekaligus ekonomis. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskannya secara tipis-tipis pada wajah, terutama yang banyak mengeluarkan minyak.

Akan lebih baik jika Realfoodfam memilih madu alami yang belum diolah atau yang masih mentah. Hal ini karena madu tersebut belum mendapat campuran bahan-bahan kimia apapun, jadi kemurniannya masih terjaga dengan baik. Setelah berhasil dioleskan, tunggulah hingga 10 menit sampai mengering. Apabila sudah kering, bilas wajah dengan air bersih.

  • Gunakan Masker dari Campuran Telur dan Lemon

Menurut informasi dari NDTV Food, “masker wajah ini sangat cocok untuk kulit berminyak, dan berfungsi sebagai zat pemutih alami karena kandungan lemon di dalamnya”.

Untuk membuatnya cukup sediakan 1 buah telur dan 1 buah lemon, gunakan bagian putih telurnya saja campurkan dengan air perasan lemon. Setelah tercampur, aduk hingga merata dan oleskan pada wajah menggunakan kuas masker. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan tunggu hingga mengering. Setelah selesai, segera bersihkan wajah dengan air bersih.

  • Masker Tomat

Buah tomat kaya akan kandungan vitamin a, vitamin c, asam salisilat, dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.

Tidak heran jika banyak kosmetik yang menyertakan asam salisilat pada bahan-bahannya, karena khasiatnya yang begitu ampuh. Namun, tidak semua orang yang mengalami permasalahan kulit sensitif dan berjerawat bisa menggunakannya, karena bahan kosmetik yang digunakan ada yang dicampur dengan dengan bahan kimia lainnya.

Lalu, bagaimana pengaplikasian masker tomat yang tepatuntuk mengatasi masalah minyak berlebih? Realfoodfam hanya perlu memotong tomat menjadi dua bagian. Setelah itu, oleskanlah kedua tomat yang sudah dipotong dengan gerakan memutar ke seluruh area wajah. Lakukanlah selama 5 menit dan tunggu terserap. Setelah cukup, bilaslah wajah menggunakan bersih dan keringkan.

4. Hindari Minuman Alkohol

Mengkonsumsi alkohol bukan hanya berbahaya bagi kesehatan saja karena dapat menyebabkan peradangan dan berbagai masalah kesehatan mulai dari penumpukan lemak, hepatitis, merusak jaringan organ hati, hingga bahaya kanker hati.

Tapi juga dapat membuat kulit tubuh seseorang mengalami dehidrasi dan menghambat produksi alami kolagen dalam tubuh. Inilah yang menjadi tanda-tanda awal proses penuaan dini.

Mengutip pernyataan dari website Hellosehat.com, alkohol dapat mempengaruhi kadar hormon testosteron dan estrogen pada tubuh, sehingga memicu produksi lemak berlebih. Dampaknya, hal ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan permasalahan jerawat.

Baca juga: Sudah Tahu Rahasia Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami?

5. Kurangi Makanan Berminyak Jenuh

Mengkonsumsi makanan cepat saji & makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti mentega, daging sapi, es krim, coklat, dan gorengan dapat menyebabkan wajah menjadi berminyak. Hal ini disebabkan karena tingginya inflamasi bahan yang terkandung di dalamnya. Jadi, cobalah untuk tidak sesering mungkin memakannya. Realfoodfam bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung lemak jahat.

6. Banyak Mengkonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Kandungan serat gizi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat mencegah permasalahan minyak berlebih. Beberapa diantaranya, seperti jeruk, semua jenis sayuran hijau, alpukat, oatmeal, madu, tomat, timun, dan makanan yang mengandung Omega 3 seperti daging ikan bisa menjadi pilihan sehat yang dikonsumsi rutin setiap harinya. Disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan yang baik untuk tubuh agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Gimana, mudah bukan caranya? Realfoodfam bisa mendapatkan berbagai bahan alami tersebut dengan mudah untuk menghilangkan minyak di wajah secara alami. Share konten ini bila bermanfaat.

 

Sumber referensi:

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5424551/
  • https://food.ndtv.com/beauty/3-diy-egg-white-face-masks-for-dry-normal-and-oily-skin-1829611

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars