10 Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat Bagi Tubuh

07 Januari 2021
manfaat mengonsumsi makanan sehat

Apa itu arti makanan sehat? Pengertian atau definisi makanan sehat adalah makanan yang mengandung protein, lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Realfoodfam bisa menemukan apa saja jenis makanan yang termasuk dalam kategori makanan sehat melalui pedoman makanan gizi seimbang.

Mengonsumsi makanan yang sehat mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan obesitas. Berikut ini berbagai manfaat mengonsumsi makanan yang sehat bagi tubuh.

1. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi makanan yang sehat akan membuat Realfoodfam bisa mempertahankan berat badan yang ideal. Selain itu hal ini akan membantu Realfoodfam mengurangi resiko masalah kesehatan yang kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes. Disarankan juga untuk melakukan olahraga yang efektif menurunkan berat badan.

2. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kalsium dan magnesium bisa membantu menjaga kesehatan tulang serta gigi yang juga dapat mengurangi resiko penyakit tulang seperti osteoporosis atau patah tulang.

Disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin D dan vitamin K yang bisa didapatkan dari brokoli, kubis, dan sayuran hijau lainnya. Sedangkan magnesium bisa didapatkan dari biji rami, kacang almond,  biji labu, dan kacang mete.

3. Menurunkan Kadar Gula

Dengan pola makan yang sehat yang sehat dapat membantu penderita diabetes dalam mengelola kadar glukosa darah. Dilansir dari situs Diabetes.org.uk, sangat penting bagi penderita diabetes untuk membatasi asupan makanan yang memiliki tambahan gula dan garam. Jadi, disarankan untuk memilih makanan sehat yang rendah gula atau garam agar glukosa dalam darah tidak tinggi seperti, kacang hazelnut, kacang almond, timun, dan tomat.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Dalam usus besar dipenuhi bakteri alami yang berperan penting dalam metabolisme dan pencernaan. Dengan mengonsumsi makanan sehat rendah lemak, tinggi serat, maka akan membuat usus tetap sehat, seperti yogurt, sayuran hijau, ubi jalar, ataupun putih telur.berat badab

Baca juga: 7 Kandungan Gizi Penting yang Wajib Ada dalam Makanan Sehat

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Menurut informasi dari Centers for Diseases Control and Prevention, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian orang dewasa yang hampir setengahnya hidup dengan beberapa penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Seorang dokter nutrisi, Adriennne Seitz, MS, RD, LDN menyarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian, dan sumber protein nabati. Membatasi lemak jenuh dan manfaat makanan yang sehat akan membuat kondisi jauh lebih baik dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

6. Membuat Suasana Hati Lebih Baik

Beberapa penelitian membuktikan bahwa menu makanan sehat akan berpengaruh pada perasaan. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan Kara L. Breymeyer, 2016. Studi ini menemukan jika pola makan yang tidak sehat dapat memicu peningkatan gejala depresi dan kelelahan.

7. Mengurangi Resiko Kanker

Fungsi makanan sehat bagi tubuh selanjutnya adalah mengurangi resiko perkembangan sel kanker. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung beta-carotene, vitamin A, dan antioksidan yang dapat ditemukan pada sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Baca juga: 5 Cara Memilih Makanan Sehat untuk Keluarga

8. Meningkatkan Memori Otak

Pola makan dan manfaat makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan otak. Makanan yang mengandung vitamin D, C, E, Omega 3, flavonoid, dan polifenol berguna untuk melindungi dari penurunan kognitif dan demensia. Realfoodfam bisa mengonsumsi daging ikan salmon, tuna, bandeng, dan patin.

9. Memberi Contoh yang Baik Pada Anak

Anak-anak akan mempelajari sebagian perilaku yang berhubungan dengan kesehatan dari orang tuanya. Oleh karena itu, para orang tua disarankan untuk menjaga kebiasaan makan dan olahraga yang bernutrisi agar bisa mencontohkan gaya hidup yang sehat.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain dapat mengurangi berbagai resiko penyakit, fungsi makanan sehat juga bisa mengatasi masalah tidur. Dilansir oleh Medical News Today, bahwa mengurangi asupan yang mengandung alkohol atau kafein bisa membantu seseorang mendapatkan tidur yang lebih baik.

Pola makan dan menu yang sehat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Jadi, mulai biasakan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang menyehatkan agar tubuh tidak mudah sakit.

Baca juga: 8 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi dan Baik untuk Tubuh

 

Sumber:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322268
  • https://shiftworkspaces.com/5-benefits-eating-healthy/
  • https://www.nhsinform.scot/healthy-living/food-and-nutrition/eating-well/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0899900718300819
  • http://sleepeducation.org/news/2013/08/01/sleep-andcaffeine

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars