8 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi dan Baik untuk Tubuh

29 Oktober 2020
makanan yang mengandung tinggi zat besi

Zat besi bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membentuk hemoglobin dalam darah. Bila kekurangan hemoglobin, maka dapat menurunkan jumlah asupan oksigen yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti anemia, mudah lelah, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari situs Very Well Health, ada 8 manfaat penting zat besi bagi tubuh, diantaranya:

  • Meningkatkan Konsentrasi.
  • Meningkatkan Imunitas Tubuh.
  • Menyembuhkan Anemia.
  • Menjaga Stamina Tubuh agar Tidak Mudah Lelah.
  • Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah.
  • Mengatasi Insomnia.
  • Meningkatkan Daya Tahan Otot.

Kebutuhan Zat Besi Untuk Tubuh

Kebutuhan zat besi cenderung berbeda antara satu dengan yang lain. Hal ini disesuaikan dengan usia dan kondisi tubuh tiap orang. Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health, rata-rata jumlah kebutuhan zat besi harian adalah

  • Anak laki-laki dan perempuan usia 1-3 tahun membutuhkan 7 mg zat besi per hari.
  • Anak laki-laki dan perempuan usia 4-8 tahun membutuhkan 10 mg zat besi per hari.
  • Anak laki-laki dan perempuan usia 9-13 tahun membutuhkan 8 mg zat besi per hari.
  • Anak laki-laki 14-18 tahun membutuhkan 11 mg zat besi per hari.
  • Anak Perempuan 14-18 tahun membutuhkan 15 mg zat besi per hari.
  • Pria dewasa dengan usia 19-50 tahun membutuhkan 8 mg zat besi per hari.
  • Wanita dewasa dengan usia 19-50 tahun membutuhkan 18 mg zat besi per hari.
  • Bagi wanita hamil dengan usia 19-50 tahun membutuhkan 27 mg zat besi per hari.
  • Untuk pria dan wanita dengan usia di atas 51 tahun membutuhkan 8 mg zat besi per hari.

Zat besi tidak dapat diproduksi langsung oleh tubuh kita. Melainkan melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi, Realfoodfam perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan dengan tingkat zat besi yang tinggi.

1. Kacang Putih

Bila Realfoodfam hobi ngemil, maka kacang putih bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam 100 gram kacang putih mengandung 9,2 mg zat besi. Bayangkan, bila bisa menghabiskan 1 bungkus kacang putih maka Realfoodfam bisa mendapatkan 21,09 mg zat besi.

2. Sereal 

Nah, bagi Realfoodfam yang jarang sarapan pagi ada baiknya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Mengkonsumsi sereal sereal tidak akan membuat seseorang terlalu kenyang karena nutrisinya sudah diatur sesuai standar gizi harian.

Sereal biasanya bisa dicampur dengan susu ataupun yogurt. Ada banyak produk sereal makanan yang dipilih. Takaran per 100 gram sereal diketahui mengandung 4,3 mg zat besi atau 18 mg zat besi per kemasan.

3. Coklat Hitam

Siapa sangka coklat masuk ke dalam kategori makanan dengan tingkat zat besi yang tinggi. Jadi, bukan hanya manis saja tapi ada juga manfaatnya bagi kesehatan. Dalam 1 batang coklat mengandung 12, 99 zat besi.

Namun, penganan ini sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari karena dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes dan masalah berat badan berlebih. Coba untuk variasikan dengan menu makanan tinggi zat besi lain agar kebutuhan harian tetap terpenuhi.

Baca juga: 6 Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Kulit Tubuh

4. Daging Sapi

Daging sapi merupakan salah satu sumber zat besi yang baik untuk kesehatan. Kandungan zat besi tiap 100 gram daging merah adalah sebanyak 5,5 mg.

5. Bayam

Sumber zat besi selanjutnya adalah sayur bayam. Realfoodfam bisa dengan mudah mengolah bayam menjadi makanan ataupun dibuat jus. Per 100 gram bayam mengandung 3,6 mg zat besi.

6. Kerang

Apakah Realfoodfam penyuka seafood? Bila ia, maka bisa mengkonsumsi kerang-kerangan memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Dalam 100 gram, kerang mengandung 3 mg zat besi.

7. Ikan Sarden 

Selain daging, zat besi juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi ikan. Namun, tidak semua jenis ikan memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Realfoodam bisa mengkonsumsi ikan sarden karena dalam 100 gram mengandung 2,9 mg zat besi.

8. Telur Ayam

Telur ayam juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Namun, hal ini hanya berlaku untuk bagian kuning telurnya saja. Dalam 100 gram kuning telu ayam mengandung 2,7 mg zat besi. Sedangkan, untuk bagian putih telunya hanya mengandung 0,1 mg. Nutrisi zat besi paling tinggi bisa didapatkan dari telur puyuh. Per 100 gram telur puyuh mengandung 3,7 mg zat besi.

Itulah berbagai makanan tinggi zat besi yang bisa Realfoodfam konsumsi. Yuk, share konten ini supaya semakin banyak yang mengetahui makanan yang mengandung zat besi tinggi!

Artikel lainnya terkait dengan “makanan”

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars