Butuh Asupan Kolagen? Yuk, Konsumsi 8 Makanan Berikut

05 Agustus 2020

Realfoodfam pasti ingin kan wajah yang selalu awet muda? Namun, sayangnya tidak semua melakukan perawatan kecantikan secara rutin. Bagi Realfoodfarm yang menginginkan memiliki kulit kencang secara alami, mulailah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Memangnya, Apa Sih Itu Kolagen?

Kolagen adalah suatu bentuk protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dengan cara memaksimalkan jumlah produksinya dalam tubuh setiap harinya. Kolagen dapat membuat kulit tetap kencang, tidak keriput, dan mendukung sel-sel kulit meregenerasi dengan maksimal.

Klinik kecantikan juga bisa memberikan suntik kolagen sehingga tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit keriput, flek hitam, ataupun kulit kusam bisa terbantu memenuhi nutrisi kulit dengan baik. Masalah kulit tersebut bisa saja disebabkan karena stres berlebih, polusi, paparan sinar matahari, dan kurangnya perawatan pada wajah.

Kolagen berperan dalam memelihara pertumbuhan sel kulit dan pembuluh darah. Dampak negatif yang dihasilkan ketika jumlah produksi kolagen dalam tubuh menurun adalah degenerasi sel-sel kulit.

Secara alami, tubuh mampu memproduksi kolagen sesuai dengan kebutuhan. Namun, banyak orang yang meminimalisir dampak dari degenerasi sel kulit dan mendapatkan hasil yang cepat dengan cara suntik kolagen.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan untuk Kulit Berjerawat

Dengan suntik kolagen, maka tingkat produksi kolagen juga akan meningkat. Namun, ada baiknya untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit sebelum melakukan hal tersebut. Usia yang terus bertambah juga pasti akan menurunkan jumlah produksi kolagen. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga jumlah kolagen dalam tubuh tetap tercukupi secara alami. Bagaimana caranya? Realfoodfam bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung kadar kolagen tinggi, seperti;

1. Ayam

Bagi Realfoodfam yang suka mengkonsumsi makanan daging, ini bisa jadi pilihan pilihan tepat untuk meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh. Daging ayam merupakan sumber protein dan kolagen.

Bagian tubuh ayam yang paling banyak mengandung kolagen yaitu di bagian leher dan tulangnya. Usahakan untuk memilih jenis ayam yang masih muda agar lebih mudah memilih bagian tulangnya. Cara paling mudah adalah dengan dibuat presto agar tulang-tulangnya lebih lunak dan bisa dimakan langsung.

2. Putih Telur 

Selain terkenal dengan sumber protein yang tinggi, putih telur juga mengandung kolagen. Telur mengandung proline yang menjadi bahan baku utama pembentuk kolagen dalam tubuh.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Kaldu Tulang

Selain daging ataupun kulit, kaldu tulang juga sangat kaya akan kandungan kolagen. Beberapa jenis variasi seperti kaldu ayam, kaldu sapi, atau kaldu ikan bisa diolah menjadi masakan dengan cita rasa yang nikmat.

4. Ikan

Bagi Realfoodfam yang tidak suka daging, ikan bisa jadi alternatif yang baik. Daging ikan memiliki kandungan kolagen yang banyak lho. Lalu, ikan jenis apa yang harus dikonsumsi? Sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon karena memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Asam amino dapat merangsang produksi kolagen dalam jumlah besar.

5. Buah Jeruk

Nah, buah satu ini bisa Realfoodfam jadikan alternatif untuk memenuhi asupan kolagen dalam tubuh. Vitamin c yang terkandung dalam 1 buah jeruk adalah 10 mg. Bila Realfoodfam memakan 5 buah jeruk dalam 1 hari saja, maka sudah mendapatkan 50 mg vitamin c yang mencukupi untuk memicu produksi kolagen. Nah, jadi buat yang malas makan buah, coba ubah kebiasaan tersebut dan mulai konsumsi buah-buahan agar asupan nutrisi tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

6. Buah Beri

Buah beri memiliki manfaat bagi kecantikan kulit yakni berkhasiat untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Buah beri kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

7. Bawang putih

Khasiat bawang putih sebagai penyedap rasa dan ramuan obat tradisional sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, bawang putih juga memiliki manfaat sebagai penambah kolagen berkat asam amino yang tinggi serta kandungan karbohidrat, antioksidan, vitamin C, flavonoid, kalsium, protein, serat, oligosakarida, mangan, dan juga selenium.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

8. Sayuran Hijau

Sayuran-sayuran hijau memiliki banyak kandungan klorofil yang tinggi. Klorofil dapat memicu tingkat produksi kolagen dalam tubuh. Jadi, banyak makan sayuran hijau dapat menjaga kecantikan dan elastisitas kulit.

Jadi, makanan yang banyak mengandung kolagen apa yang jadi favorit Realfoodfam? Atau mungkin Realfoodfam punya rekomendasi lain?

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars