6 Cara Menjaga & Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

26 Mei 2020

Imunitas tubuh atau kekebalan tubuh terhadap penyakit sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan. Meskipun pada dasarnya sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda–beda, tetap ada cara untuk menjaga daya tahan tubuh dengan cara yang tepat.

Penelitian telah membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan melalui beberapa cara, diantaranya: menghindari stres, mengkonsumsi makanan bernutrisi, olahraga teratur, dan sebagainya.

Agar imun tubuh dapat benar–benar terjaga, harus melakukannya secara konsisten. Jika tidak dilakukan secara konsisten, maka hasilnya tidak akan maksimal. Bahkan, mungkin saja tidak akan ada efek positif yang bisa dirasakan.

Selain itu, ada beberapa pantangan atau berusaha menghindari kebiasaan–kebiasaan buruk yang berpotensi menurunkan imun tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga imun tubuh agar Realfoodfam tidak mudah terserang penyakit.

1. Rutin Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Untuk dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, Realfoodfam harus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi adalah dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur.

Buah dan sayur dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Salah satu jenis buah yang terkenal mampu meningkatkan sistem imun tubuh adalah jeruk. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Itulah kenapa beberapa minuman kesehatan mengandung sari buah jeruk.

2. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk melawan infeksi. Selain itu, olahraga juga dapat melatih otot jantung sehingga Realfoodfam dapat terhindar dari resiko serangan jantung.

Realfoodfam tidak harus melakukan olahraga berat untuk dapat meningkatkan dan menjaga imun tubuh, cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau lari pagi secara rutin.

Untuk olahraga dengan intensitas yang cukup berat, perlu adanya instruktur atau orang yang berpengalaman untuk memandu melakukannya. Saat ini pilihan pergi ke gym  sudah sangat umum dilakukan. Tentu tidak akan terlalu sulit untuk melakukannya, bukan?

3. Istirahat yang Cukup

Saat tidur, tubuh kita akan melakukan regenerasi sel dan meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur selama 7 atau 8 jam dalam sehari.

Jika Realfoodfam tidur kurang dari 7 jam, maka proses regenerasi tubuh akan terganggu dan sistem kekebalan tubuh juga akan menurun.

4. Berhenti Merokok dan Jangan Minum Alkohol

Peringatan tentang bahaya merokok sebenarnya bisa lebih banyak dibanding peringatan yang biasa kita temui pada bungkusnya. Merokok memang dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan, termasuk menurunnya imun tubuh.

Beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh rokok antara lain: infeksi paru–paru, asma, kanker tenggorokan, serangan jantung, impotensi, dan masih banyak lagi.

Selain rokok, alkohol juga menjadi salah satu penyebab turunnya imunitas tubuh. Selain itu, minuman beralkohol juga menyebabkan berbagai komplikasi penyakit, seperti: kanker hati, hepatitis, sirosis, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, depresi, gangguan saraf, sampai menurunnya sistem kekebalan tubuh.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Seperti yang kita ketahui, sebanyak enam puluh persen dari tubuh manusia terbuat dari air. Oleh karena itu, kita harus minum beberapa beberapa gelas air setiap hari, minimal 8 gelas.

Jika kita tidak memberi asupan cairan yang cukup bagi tubuh, maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Selain itu, imun tubuh kita juga akan berkurang. Sebaliknya, imun tubuh akan meningkat jika kita minum air putih secara teratur terutama saat perut kosong.

6. Mengkonsumsi Suplemen Alami

Yang terakhir, konsumsi suplemen alami. Ada banyak suplemen yang dijual di pasaran, tapi tidak semuanya terbuat dari bahan alami. Bila ingin mencoba yang alami, pertimbangkan untuk mengkonsumsi madu atau minuman sarang burung walet.

Madu mengandung banyak vitamin, mineral, serta segudang manfaat lainnya. Mengkonsumsi madu secara rutin terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika madu sering dijadikan campuran jamu untuk memaksimalkan manfaatnya.

Begitu juga dengan sarang burung walet telah dipercaya memiliki khasiat yang dapat meningkatkan daya imun serta memberikan nutrisi bagi tubuh.

Realfood membantu setiap orang untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan menghadirkan minuman ekstrak sarang walet yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga usia dewasa. Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh diperlukan waktu. Oleh karena itu, Realfoodfam harus bersabar sebelum dapat merasakan hasilnya.

Jika Realfoodfam kurang sabar dalam mempraktekkan tips–tips di atas, bisa jadi hasilnya tidak maksimal. Sebagai tambahan, disarankan juga untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui informasi yang lebih akurat ataupun anjuran lainnya. Yuk, mulai biasakan hidup sehat mulai saat ini. Jangan sampai ketika sakit baru menyesal kemudian.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars