9 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

28 Agustus 2020
manfaat minum air putih bagi tubuh

Apakah Realfoodfam termasuk orang yang jarang minum air putih? Padahal, minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan ginjal, menyehatkan rongga mulut, dll.

Apa yang terjadi jika seseorang kurang minum air putih? Tubuh akan kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Dilansir dari laman Puskesmas Gamping 1 Sleman, gejala awal dehidrasi bisa diketahui dari:

  • Mulut terasa haus dan kering
  • Merasa gejala pusing dan tidak bisa fokus
  • Urine berwarna kuning dan berbau
  • Elastisitas kulit berkurang
  • Menurunnya kesadaran
  • Hingga dapat menyebabkan kejang-kejang

 

Bila sudah merasakan beberapa gejala di atas, sebaiknya jangan tunda minum air putih 2 liter sehari karena dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama pada ginjal. Nah, kira-kira apa manfaat mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Banyak Minum Air Putih Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit

Berdasarkan informasi dari laman Binus.ac.id, “jika seseorang kurang mengkonsumsi air putih, kulit bisa menjadi kering dan memunculkan jerawat di wajah”. Jadi, jangan anggap sepele kurang minum air putih ya! Karena tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tapi cairan yang dibutuhkan dapat membantu untuk melembabkan kulit, mengembalikan elastisitas kulit serta menjaga kesehatan kulit tubuh.

2. Banyak Minum Air Putih Bermanfaat untuk Menjaga Cairan Dalam Tubuh Tetap Seimbang

Menurut penelitian dari Universitas Diponegoro, “jumlah cairan dalam tubuh manusia adalah 60% dari rata-rata berat badan“. Bisa dibayangkan, bagaimana bila seseorang mengalami dehidrasi? Realfoodfam akan merasa mudah lelah, sembelit, kulit kering menjadi kering, bau mulut, hingga permasalahan pada ginjal karena tidak lancarnya sistem pencernaan yang berfungsi membersihkan zat-zat beracun dalam tubuh.

3. Banyak Minum Air Putih Membantu Melumasi Sendi Tubuh

Dalam tubuh manusia terdapat tulang rawan yang sebagian besar terbuat dari air. Tulang inilah yang kemudian berfungsi sebagai bantalan untuk bagian persendian. Menurut informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, “tubuh yang kekurangan cairan dapat berpengaruh terhadap pembentukan tulang rawan akan membuatnya kehilangan kualitas bantalan. Hal ini dapat membuat sendi dalam tubuh akan terasa nyeri dan sakit”.

4. Banyak Minum Air Putih Dapat Menyehatkan Rongga Mulut

Di dalam mulut terdapat air liur yang memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan mulut dan rongga gigi. Bila kurang minum air putih, ada kemungkinan sisa makanan akan menempel di dinding mulut, sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap dan dapat membuat gigi berlubang.

5. Banyak Minum Air Putih Dapat Menjaga Tekanan Darah 

Jika tubuh kekurangan cairan, maka dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah. Hal ini dapat membuat darah mengental dan mempengaruhi kesehatan. Menurut informasi dari laman Alodokter, tekanan darah normal berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Sistem metabolisme tubuh yang baik akan membantu mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh melalui urin, tinja, dan juga keringat.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

6. Banyak Minum Air Putih Bermanfaat untuk Meningkatkan Stamina 

Ketika seseorang selesai berolahraga dan tidak segera minum air putih, pasti akan merasa kelelahan karena tubuh tidak mendapatkan pengganti cairan yang telah hilang. Bila seseorang masih memaksakan diri untuk tidak minum air, kemungkinan terburuknya adalah orang tersebut bisa pingsan karena aliran darah ke otak berkurang dan tekanan darahnya menurun secara drastis.

7. Banyak Manfaat Minum Air Putih Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Otak manusia memegang peranan yang sangat penting karena dapat mengontrol semua fungsi organ tubuh, seperti gerakan tangan, kaki, jantung, pernapasan, dll. Ketika otak tidak mendapatkan cairan yang cukup, hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan membuat seseorang mengalami sakit kepala. Jadi, jangan sepelekan minum air putih 2 liter sehari ya, Realfoodfam!

8. Banyak Minum Air Putih Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Proses metabolisme yang baik adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh. Sebab, apabila sistem metabolisme dalam tubuh tidak baik, maka akan membuat badan menjadi lebih gemuk. Berdasarkan penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air putih secara teratur mampu membakar banyak kalori yang mengendap dalam tubuh. Untuk 1 gelas air putih yang diminum dapat membakar 7 kalori, maka bila minum 10 gelas air putih setiap hari dapat membakar 70 kalori. Bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang terbakar selama 1 minggu jika Realfoodfam rutin minum air putih?

Baca juga: Ciri-Ciri Penuaan Dini dan Cara Mengatasinya

9. Banyak Minum Air Putih Bermanfaat Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memegang peranan penting dalam tubuh untuk menyaring darah dan membuang zat-zat beracun dalam tubuh. Banyak minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal tetap berfungsi secara optimal dan meminimalisir resiko terkena batu ginjal. Jangan sampai karena kurang minum, akhirnya menimbulkan masalah serius pada kesehatan ginjal.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dapatkan jika rutin  minum air putih 2 liter sehari. Yuk, jaga kesehatan tubuh dan kecantikan dengan minum air putih yang cukup. Lengkapi juga rutinitas harianmu dengan Program 12 Hari Realfood.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars