Tips Melakukan Perawatan Kulit Kering dengan Mudah

30 Juni 2020

Semua wanita pasti ingin punya kulit yang sehat. Namun, permasalahan kulit bisa muncul kapan saja. Biasanya, kulit kering disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca dingin, makanan, ataupun kosmetik yang digunakan memang tidak cocok di kulit.

Permasalahan kulit kering membutuhkan cara penanganan yang tepat agar elastisitas dan kelembabannya bisa kembali secara sempurna. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Mari kita simak tips berikut. 

1. Saat Cuaca Dingin, Gunakan Jaket 

Saat berada dalam kondisi cuaca yang dingin atau di ruangan ber-AC, maka kulit kita akan terasa jauh lebih kering. Hal ini dikarenakan suhu AC yang terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembab, sehingga kulit akan menjadi kering. Untuk mengatasinya, maka gunakanlah jaket agar permukaan kulit tidak langsung terpapar dengan dinginnya AC.

2. Batasi Waktu Mandi

Kebiasaan mandi yang terlalu lama dapat menyebabkan penguapan berlebih pada tubuh. Umumnya, saat mandi kulit kita terkena air secara langsung, lalu air di permukaan tubuh akan lebih cepat menguap dan berisiko membuat kulit kering. 

Jadi, cara terbaik melembabkan kulit kering yaitu dengan membatasi waktu mandi secukupnya saja, waktu ideal berkisar antara 5-10 menit.  

Untuk mandi dengan air hangat, boleh saja tapi jangan terlalu sering dan pastikan bahwa suhu air tidak lebih dari 35 derajat celcius. Bila terlalu panas, justru akan merusak sel-sel kulit dan membuat kulit lebih kasar.

Baca juga: Cara Alami Mencerahkan Kulit Tubuh yang Kusam Hanya Dalam 30 Hari

3. Banyak Minum Air Putih

Biasanya, seseorang akan merasa setelah mandi kulit terasa lebih kesat dan kencang. Lalu, mengira semakin kesat dan kencang kulit menandakan semakin bersih juga. Nyatanya, tidak semua seperti itu.

Kulit terasa kesat dan kering saat setelah mandi bukanlah menandakan bersih. Namun, ada lapisan minyak alami kulit yang hilang dan membuat kulit menjadi kering. Semakin sering terkena sabun, maka semakin banyak pula lapisan minyak pada kulit yang hilang. Untuk melembabkan kulit yang kering, cara paling mudah dan alami adalah dengan banyak minum air putih dan makan buah-buahan yang banyak mengandung serat & nutrisi.

Perlu diketahui, bahwa manusia memiliki kandungan air 60% dalam tubuhnya. Hal inilah yang  menjadi alasan mengapa kita harus selalu mencukupi kebutuhan air setiap hari. Selain bermanfaat untuk asupan organ dalam tubuh, tapi juga dapat membuat kesehatan kulit tetap terjaga.

4. Hindari Menggunakan Pelembab yang Tidak Cocok di Kulit

Cara untuk menjaga kelembaban kulit selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan produk-produk pelembab yang berbahan dasar minyak. Sebagai gantinya, gunakanlah produk pelembab berbahan dasar asam laktat, karena kandungan asamnya mampu menghilangkan lapisan sel kulit mati yang lebih baik dibandingkan produk pelembab berbahan dasar minyak.

5. Sempatkan Diri untuk Berolahraga

Semakin banyak bergerak, detak jantung akan semakin cepat dan aliran darah juga semakin cepat. Hal ini akan membuat banyak kelenjar keringat yang keluar dan mampu membuat kulit terasa lembab kembali.

Selain itu, manfaat berolahraga juga dapat membantu membuang sel-sel kulit mati dari tubuh. Tidak hanya untuk kecantikan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Karena itu, rutin berolahraga merupakan  rekomendasi yang paling umum diberikan oleh dokter.

6. Konsumsi Cranberry

Selain mengkonsumsi makanan bergizi serta banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit, cara mudah untuk melembabkan kulit yang kering yaitu dengan mengkonsumsi jus cranberry setiap hari.  

Mengapa harus cranberry? Karena di dalamnya mengandung banyak nutrisi yang mampu membantu mengeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang cenderung menyebabkan kulit mengalami dehidrasi hingga akhirnya menjadi kering.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan untuk Kulit Berjerawat

7. Manfaatkan Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan berkhasiat di bidang kecantikan dan kesehatan, terutama dalam menjaga kelembaban kulit. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya mampu melawan sengatan paparan sinar UV dan kulit kering. Cara penggunaannya yaitu cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang kering.

8. Gunakan Krim Susu

Sejak dahulu, banyak orang menggunakan susu sebagai obat kecantikan, salah satunya yaitu untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Krim susu diyakini mampu melembabkan kulit kering, mempercepat proses regenerasi sel kulit, hingga memudarkan bekas luka agar tidak membekas di kulit. Cara pengaplikasiannya yaitu oleskan krim susu pada kulit. Tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

9. Gunakan Masker Sebelum Tidur

Perawatan malam sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, terkadang tidak banyak orang yang mau melakukannya, dengan alasan tidak ada waktu. Mulai sekarang, cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan perawatan malam seperti memakai pelembab wajah atau masker. Masker berfungsi untuk memberikan hidrasi, mengatasi kemerahan dan kulit pecah-pecah.

Nah, itulah beberapa cara perawatan kulit kering secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah. Yuk, bantu share konten ini ke media sosial kalian agar mereka juga bisa merasakan manfaatnya!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars