Kenali Ciri Penuaan Diri dan Bagaimana Cara Mencegahnya

31 Mei 2020
ciri ciri penuaan dini

Penuaan merupakan proses alami yang akan dialami oleh semua orang seiring waktu berlalu. Namun, bagaimana dengan penuaan dini? Berbeda dengan penuaan alami, penuaan dini terjadi pada waktu yang belum seharusnya.

Stress, gaya hidup tidak sehat, dan lingkungan menjadi faktor-faktor yang menyebabkan penuaan dini. Apalagi ketika usia menginjak 30 tahun. Baik pria dan wanita harus memahami ciri-ciri dan cara mencegah penuaan dini.

Ciri-Ciri Penuaan Dini

Seiring waktu berlalu, semua bagian tubuh termasuk wajah akan mengalami penuaan. Proses penuaan tidak terjadi dengan tiba-tiba, akan tetapi melalui proses yang panjang dan lambat. Namun, ada kalanya proses penuaan mulai terlihat ketika usia masih tergolong muda. Bagian tubuh yang menunjukan gejala penuaan yang paling jelas adalah wajah dan kulit. Inilah yang biasanya menjadi momok menakutkan bagi sebagian wanita.

Proses penuaan pada wajah dan kulit terjadi saat produksi kolagen dalam kulit berkurang. Dampaknya elastisitas kulit menurun yang berakibat pada kulit yang tidak lagi kencang serta keriput. Beruntungnya, proses penuaan dini ini dapat dicegah dan diatasi. Namun, sebelumnya Realfoodfam perlu mengetahui ciri-ciri penuaan dini.

1. Pigmentasi

Munculnya bercak-bercak coklat di kulit atau biasa disebut pigmentasi merupakan salah satu tanda penuaan dini. Namun demikian, jika Realfoodfam menemukan bintik coklat di wajah bukan berarti Realfoodfam tengah mengalami penuaan dini.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan bintik-bintik coklat muncul di wajah Realfoodfam. Alangkah lebih baik apabila Realfoodfam segera berkonsultasi dengan dokter saat menemukan bintik-bintik coklat di kulit dan wajah.

2. Kulit Keriput

Tanda-tanda penuaan dini yang paling jelas terlihat dan mudah dipahami adalah munculnya keriput di beberapa tempat di wajah. Kulit keriput terjadi karena produksi kolagen dalam tubuh berkurang. Ini bisa terjadi ketika tubuh mulai mengalami penuaan.

3. Luka Sulit Sembuh

Apabila Realfoodfam terluka dan luka tersebut sulit atau butuh waktu lama untuk sembuh, Realfoodfam perlu berhati-hati. Bisa saja hal tersebut merupakan ciri-ciri penuaan dini.

Ketika tubuh semakin tua, lapisan kulit akan semakin tipis karena lapisan lemak pelindung berkurang. Ini akan membuat Realfoodfam rentan terluka. Selain itu, pembuluh darah di bawah kulit juga semakin rapuh sehingga mudah pecah. Inilah yang menyebabkan luka sulit untuk sembuh.

Baca juga: Bersama Realfood, Hidup Sehat Melawan Waktu Jadi Mudah

Cara Mencegah Penuaan Dini

Proses penuaan merupakan hal alamiah yang pasti akan terjadi, tetapi tidak demikian dengan penuaan dini. Oleh karena itu, Realfoodfam bisa mencegah proses penuaan dini sehingga kulit wajah senantiasa terlihat mudah dan sehat. Berikut merupakan cara mencegah penuaan dini :

1. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Cara paling mudah untuk mencegah penuaan dini adalah mengonsumsi air minum. Seperti yang diketahui saat usia bertambah, maka kulit terasa semakin mengering. Untuk menjaga agar sel-sel kulit cukup terhidrasi, Realfoodfam perlu mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Apabila konsumsi air kurang, maka kulit akan semakin kering dan tanda penuaan pun akan muncul.

2.  Melakukan Perawatan Kulit

Kulit dan wajah merupakan bagian tubuh yang paling mudah diamati ketika tanda penuaan muncul. Untuk mencegah penuaan dini pada kulit dan wajah, Realfoodfam perlu melakukan perawatan seperti menggunakan krim malam dan pelembab.

Selain itu, Realfoodfam juga harus rajin membersihkan wajah dari sisa-sisa make up dan kotoran. Hal ini berguna untuk membantu mencegah munculnya keriput yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia pada kosmetik dan kulit kering.

3. Hindari Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan dan minuman manis sering menjadi favorit bagi sebagian orang. Apabila Realfoodfam merupakan salah satu pecinta makanan manis tinggi gula, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman favorit tersebut. Ini disebabkan karena gula dapat membantu mempercepat proses penuaan. Ketika mengonsumsi makanan tinggi gula, kadar gula di dalam tubuh pun ikut meningkat.

Akibat dari peningkatan kadar gula dalam tubuh yakni penurunan kadar kolagen dalam tubuh. Padahal, kolagen merupakan zat yang berperan besar dalam mempertahankan elastisitas kulit.

Saat kadar kolagen turun akibat kadar gula meningkat, kulit wajah pun mulai kendur dan berkerut. Oleh karena itu, jika Realfoodfam ingin terhindar dari penuaan dini, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi.

4. Banyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Pencegahan penuaan dini tidak hanya dilakukan dari luar saja. Pencegahan dari dalam tubuh tidak kalah pentingnya. Konsumsi makanan bergizi terutama makanan yang mengandung banyak omega-3 bisa membantu Realfoodfam mencegah penuaan dini.

Ikan-ikanan seperti salmon dan tuna atau buah alpukat adalah beberapa makanan yang mengandung tinggi omega-3. Fungsi dari omega 3 ini yakni memperbaiki kinerja sel kulit sehingga mampu bekerja lebih baik. Penuaan dini memang kerap menjadi hal yang mengerikan bagi siapa saja terutama wanita. Hal tersebut dikarenakan penuaan membuat wanita menjadi terlihat tidak cantik dan muda.

Kabar baiknya penuaan dini bisa dicegah. Selain itu cara mencegah penuaan dini pun sangat mudah dilakukan. Dapatkan kulit wajah sehat dan muda dengan mencegah penuaan dini.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars