bakuchiol

Bakuchiol adalah salah satu bahan skincare yang sedang naik daun dan digunakan di banyak produk skincare. Ternyata, bakuchiol disebut-sebut dapat menjadi alternatif retinol yang cenderung lebih aman karena tidak berisiko mengiritasi kulit dan dapat digunakan oleh remaja maupun ibu hamil. Cari tahu lebih banyak mengenai bakuchiol di sini! 

Bakuchiol sendiri diambil dari tanaman Psoralea corylifolia atau lebih dikenal sebagai babchi yang digunakan sebagai pengobatan alternatif Ayurverda di India dan Tiongkok kuno. Meskipun diambil dari tanaman, cara kerja bakuchiol menyerupai retinol, senyawa yang merupakan golden standard yang paling banyak diuji secara klinis. Bakuchiol dianggap mampu membantu mencegah tanda-tanda penuaan, mengurangi pertumbuhan jerawat, dan mempercepat regenerasi sel kulit baru. Meski begitu, retinol sendiri memiliki banyak potensi iritasi seperti kulit kering, mengelupas, kemerahan, hingga terasa perih. No wonder, bakuchiol mulai banyak digunakan di produk skincare terutama untuk menargetkan jerawat dan anti aging.

Yuk, kita lihat 5 manfaat bakuchiol untuk kulitmu! 

1. Membantu Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Bakuchiol digadang memiliki kemampuan mengatur produksi kolagen dan gene-modifying properties seperti retinol sehingga mampu memperbaiki dan mencegah garis-garis halus dan kerutan, memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit. Hal ini dilakukan pada sebuah studi di tahun 2014 pada International Journal of Cosmetic Science, bahwa bakuchiol dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Sejak saat itulah, bakuchiol dianggap sebagai alternatif retinol yang baik, terutama bagi vegetarian, vegan, remaja, dan ibu hamil yang tidak dapat menggunakan retinol. 

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Di riset yang sama, bakuchiol ditemukan mampu meningkatkan kadar aquaporin 3, sebuah protein yang membawa air pada lapisan kulit. Hal ini membuat bakuchiol sebagai salah satu bahan yang mampu menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga bisa mengatasi masalah kulit kering dan dehidrasi. Tidak hanya lembap, tapi juga menjaga lapisan pelindung terluar atau disebut sebagai skin barrier. 

3. Mengurangi Noda Hitam pada Kulit 

Selain mencegah tanda-tanda penuaan dan menjaga kelembapan, bakuchiol juga mampu mengurangi noda hitam pada kulit. Sama seperti retinol, bakuchiol ternyata mampu menghambat hormon dan enzim yang membentuk melanin dan pigmen di kulit. Penggunaan bakuchiol secara rutin akan membantu mengurangi tampilan kulit yang kusam, noda hitam, serta membuat warna kulit tampak lebih merata. 

4. Mengurangi Tampilan Jerawat 

Penggunaan retinol untuk penderita jerawat di usia muda di bawah 17 tahun akan membuat kulit menjadi kering dan terasa perih sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Sedangkan retinol memiliki sifat teratogenik yang dapat menyebabkan cacat pada janin. Oleh karena itu, bakuchiol dapat menjadi alternatif yang sangat baik untuk penderita jerawat di usia muda dan ibu hamil. Memang hasil dari bakuchiol tidak akan secepat retinol dan turunannya, tetapi cukup ampuh jika digunakan setidaknya 6 minggu. Biasanya bakuchiol akan dikombinasikan dengan penggunaan salicylic acid atau turunan AHA lain yang lebih lembut. 

5. Menenangkan Kulit 

Berbeda dengan retinol, bakuchiol memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat memberikan rasa nyaman pada kulit. Bakuchiol juga bekerja sebagai senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan radikal bebas pada kulit. 

Nah, sambil menggunakan skincare dengan kandungan bakuchiol, yuk konsumsi skincare dari dalam juga seperti Realfood Flawless Jelly! Diperkaya dengan sarang burung walet yang kaya akan Epidermal Growth Factor untuk membantu produksi kolagen dan asam sialat yang membantu mencerahkan kulit, kolagen  untuk mengencangkan kulit, elderberry untuk meningkatkan imunitas tubuh, pomegranate sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, dan retinol dengan kadar yang aman dikonsumsi oleh remaja, ibu hamil, maupun menyusui. Jadi cantik luar dalam deh!

Baca Juga Artikel Lainnya: